Servis Berkala: Manfaatnya Untuk Mobil Anda

Ketika Anda memiliki mobil, maka Anda juga harus siap dengan biaya perawatan yang harus dikeluarkan. Salah satu perawatan yang dapat Anda lakukan adalah melakukan servis berkala. Sebab, banyak sekali manfaat servis berkala yang dapat Anda rasakan.

Melakuakn servis mobil secara rutin memang tidak menjamin mobil akan bebas dari kerusakan. Namun, setidaknya hal itu dapat mengurangi intensitas komponen-komponen yang rusak. Selain itu, servis berkala juga akan membantu menjaga performa mobil.

Yang namanya benda buatan manusia pasti akan mengalami masalah bakan kerusakan, bukan? Nah, melakukan servis rutin merupakan salah satu cara agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Servis kendaraan membantu Anda memastikan bahwa kendaraan memang layak untuk dikemudikan di jalan raya dan tidak mengganggu keselamatan pengguna jalan lainnya.

Manfaat Servis Berkala

Akan ada banyak manfaat servis secara berkala yang dapat Anda rasakan terutama dalam wkatu jangka panjang. Servis berkala biasanya dianjurkan setiap 6 bulan sekali. Ada banyak sekali dari manfaat servis berkala bagi mobil Anda.

Kami akan mengulasnya secara lengkap mengenai apa saja manfaat srvies berkala. Yuk, simak ulasan berikut, selamat membaca!

Tindakan Meminimalisir Risiko

Manfaat servis secara berkala yang paling pertama Anda rasakan adalah meminimalisir risko- risko yang dapat terjadi. Tidak hanya risiko keruskan komponen yang lebi parah dimasa yang akan datang. Namun, juga risiko kecelakaan misalnya.

Dengan melakukan servis berkala, maka kondisi mobil akan dipantau secara rutin. Jika terdapat perubahan atau gangguan pada mesin mobil, teknisi dapat dengan mudah mendeteksinya. Kerusakan dapat segera ditangani tanpa harus menunggu menjadi kerusakan yang lebih besar dan merugikan.

Baca Juga: Mengganti Karet Wiper, Begini Cara Mudahnya!

Dengan selalu memastikan kondisi mobil layak untuk dikendarai, maka hal ini akan menciptakan keselamatan Anda, keluarga, dan siapapun yang naik di dalam mobil tersebut. Saat terjadi kecelakaan tak jarang diakibatkan oleh mobil yang juga tak rutin melakukan servis.

Sistem pengereman, kurangnya oli mesin, karet wiper kaca yang sudah rusak, mungkin terdengar sepele. Padahal hal-hal kecil tersebut mungkin saja menjadi penyebab utama kecelakaan yang serius.

Servis Berkala
Servis Berkala (Sumber Gambar: Google)

Fungsi servis berkala juga membantu Anda untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti mobil mogok tiba-tiba hingga kecelakaan lalu lintas. Beberapa jenis kerusakan pada kendaraan memang bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Anda bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut dengan melakukan servis secara rutin. Servis kendaraan membantu Anda memastikan bahwa kendaraan memang layak untuk dikemudikan di jalan raya dan tidak mengganggu keselamatan pengguna jalan lainnya.

Jadi, dengan melakukan servis mobil secara berkala, Anda dapat mengetahui jika ada yang tidak beres pada mobil dan bisa segera diperbaiki. Selain itu, servis berkala juga mencegah Anda mengeluarkan biaya yang lebih karena kerusakan komponen yang sudah snagat parah.

Apabila Anda jarang atau tidak pernah melakukans servis berkala, maka kemungkinan biaya yang akan Anda keluarkan akan lebih banyak.

Performa Mobil Tetap Prima

Manfaat servis secara berakal tentu saja adalah mobil tetap memiliki performa yang prima meskipun usia mobil semakin tua. Setiap mesin yang digunakan tentu akan mengalami perubahan. Mobil yang baru digunakan tentu akan berbeda performanya dari mobil yang sudah digunakan selama lima tahun.

Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa menjaga performa mobil agar tetap prima layaknya sebuah mobil baru. Jawabannya adalah dengan melakukan servis secara berkala. Melakukan servis berkala dapat membantu menjaga performa mobil agar kondisi selalu seperti baru.

Mobil yang rutin dirawat akan lebih responsif, halus ketika dikendarai, dan juga nyaman untuk pengendara. Selain itu dnegan servis berkala, Anda sudah merawat komponen-komponen di dalam mobil.

Servis Berkala
Servis Berkala (Sumber Gambar: Google)

Teknisi akan membantu Anda untuk mendeteksi kerusakan dan mengatasinya. Performa mobil pun tetap terjaga karena kondisi mesin selalu dipantau dan dirawat.

Memperpanjang Umur Kendaraan

Memperpanjang umur kendaraan juga merupakan slaah satu manfaat servis secara berkala yang dapat Anda rasakan. Fungsi servis berkala adalah membantu kendaraan Anda bertahan lebih lama.

Perawatan mobil secara berkala akan menjaga kondisi mobil, terlebih jika servis yang Anda lakukan adalah servis menyeluruh yang mencakup keseluruhan mesin mobil. Servis berkala akan membuat mesin mobil selalu dalam kondisi terbaik.

Teknisi yang melakukan servis biasanya melakukan penyetelan ulang dan kalibrasi sehingga mesin mobil kembali bertenaga. Untuk itu, jangan lupa servis mobil Anda secara berkala.

Melakukan servis berkala dapat mencegah malfungsi komponen mobil, meningkatkan performa, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan juga membuat mobil lebih panjang umur. Servis rutin ini juga memastikan kondisi kendaraan Anda sangat baik. Kondisi mobil yang baik juga turut berpengaruh terhadap seberapa panjang usia mobil tersebut.

Servis Berkala
Servis Berkala (Sumber Gambar: Google)

Menjaga Harga Jual Mobil

Manfaat servis berkala yang selanjutnya adalah mampu menjaga harga jual mobil. Ya, apabila nantinya mobil Anda dijual karena kebutuhan mendesak atu ingin ganti dengan tipe yang lain, maka harganya tidak akan terlalu jatuh.

Mobil yang dirawat dengan baik bisa menjadi pembeda untuk mobil bekas lainnya. Saat berhasil menjaga dan melakukan servis berkala pada kendaraan, dan kondisi mobil dalam keadaan baik, Anda dapat menjual dengan harga berapapun. Mobil Anda yang terawat memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi.

Baca Juga: 5 Tanda Transmisi Mobil Matic Bermasalah!

Sebab saat berbicara mengenai harga mobil saat ini, penting juga untuk memperhatikan nilai jual mobilnya juga. Jika Anda ingin menjual mobil, setiap pembeli pasti ingin melihat catatan perawatan sebelum mempertimbangkan kendaraan tersebut.

Itulah beberapa manfaat servis berkala. Jadi amsih mau melewatkan servis secara berkala? Lebih baik mulai sekarang jangan sampai melewatkan servis berkala. Sebab, sangat banyak manfaatnya untuk mobil Anda.

Sama seperti tubuh yang harus dijaga daya tahan ubuhnya agar sehat, nah servis secara berkala juga seperti itu gambarannya, yaitu untuk kebaikan mobil Anda. Jangan lupa untuk melakukan servis secara berkala di bengek resmi ya.

Sehingga, mobil dapat mendapatkan perawatan yang aps dan sesuai dengan pabrikannya.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.