Sepeda motor mendadak jadi boros bensin tentu menyebalkan, bukan? Memiliki motor yang boros bensi menjadi hal yang lumayan menguras keuangan. Kita tidak hanya memikirkan biaya perawatan dan servis kendaraan, namun kita juga harus menganggarkan biaya rutin untuk bensin. Oleh sebab itu, para produsen motor juga berlomba untuk menciptakan sepeda motor yang hemat bensin.

Tapi apakah Anda pernah merasa ada yang aneh dengan sepeda motor Anda, dimana awalnya motor terasa irit namun setelah semakin lama pengeluaran bensi menjadi boros? Apabila hal ini terjadi pada Anda, maka Anda perlu mewaspadai adanya kerusakan pada sepeda motor Anda tersebut.

Tidak ada salahnya bila Anda memahami apa saja penyebab motor boros bahan bakar. Karena saat ini kebanyakan motor sudah bersistem injeksi yang seharunys konsumsi bahan bakar (BBM) menjadi lebih irit. Namun, jika masih saja boros maka ada kendala yang harus kita kenali dan pahami apa yang terjadi pada motor kita yang mulai boros bahan bakar. Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab sepeda motor menjadi boros.

Sepeda Motor Mendadak Jadi Boros Bensin

Apabila sepeda motor Anda mendadak jadi boros bensin dapat dipastikan bahwa ada yang salah dnegan kendaraan Anda. Hal ini tentu disebabkan karena kurangnya perawatan yang dilakukan. Untuk itu Anda perlu sedikit paham mengenai hal ini. Sehingga, Anda dapat melakukan antisipasi agar tidak mengalaminya, namun jika sudah terlanjur bensin menjadi boro maka Anda kan tahu langkah awal apa yang Anda dapat lakukan agar kondisinya tidak semakin parah. Berikut adalah penyebab sepeda motor mendadak jadi boros bensin.

Sepeda Motor Mendadak Jadi Boros Bensin
Sepeda Motor Mendadak Jadi Boros Bensin (Sumber Gambar: Google)

Filter Udara Mulai Kotor

Filer udara yang kotor ternyata juga dapat menjadi pemicu bensi pada sepeda motor Anda menjadi boros. Seperti yang kita ketahui bahwa filer udara memiliki fungs yang penting. Dimana fungsinya adalah sebagai penyaring udara yang masuk ke mesin supaya terhindar dari debu dengan cara memblokir udara yang akan masuk. Namun, lama- kelamaan akan banyak kotoran yang menumpuk di bagian permukaan filter dan berdampak pada aliran udara yang kurang lancar.

Bila kondisi seperti ini dibiarkan maka akan membuat ruang setelah piston akan mengalami kevakuman. Sehingga, memicu bensin ikut terisap yang membuat bahan bakar jadi lebih cepat habis.

Padahal piston tetap menyedot dengan kekuatan yang tetap. Akibatnya, ruang setelah piston akan mengalami kevakuman yang menyebabkan bensin ikut terisap sehingga jadi lebih cepat habis. Sehingga, Anda harus memastikan kebersihan filter udara milik Anda.

Sistem Pengapian Terganggu

Penyebab selanjutnya apabila sepeda motor Anda tiba – tiba menjadi boros bensin adalah adanya masalah pada sistemn pengapian. Sistem pengapian memiliki pengaruh yang kuat pada proses pembakaran pada busi. Apabila api yang dihasilkan busi kecil karena pengapian bermasalah maka pembakaran akan ikut terganggu. Ini akan menyebabkan mesin kurang bertenaga.

Efeknya apabila mesin yang kurang bertenaga Anda paksakan untuk melaju lebih kencang atau cepat, maka tarikan gas yang Anda lakukan akan mengganggu proses pembakaran. Sehingga akan akan berpengaruh pada konsumsi BBM menjadi lebih boros.

Baca Juga: Dampak Pengharum Mobil Pada AC: Perhatikan Sebelum Memilih!

Tutup Tangki Bermasalah

Tutup tangki bensi yang kurang rapat saat menutupnya atau tutup tangki bensi yang sudah tidak layak ternyata juga memjadi penyebab bensin menjadi boros, loh. Hal ini disebabkan karena bensin merupakan zat yang mudah menguap, bahkan pada temperatur ruang sekalipun. Hal ini yang menjad alasan mengapa bensin perlu ditaruh di tempat yang tertutup rapat.

Hal ini juga berlaku ketika bensin berada di tangki motor. Apabila penutup tangki rusak atau tidak layak lagi, ini memberikan ruang bagi udara masuk ke tangki bahan bakar. Kondisi seperti ini akan memicu penguapan BBM lebih cepat karena mekanisme katup ventilasi yang sudah rusak.

Bensin pada tangki motor bisa merembes keluar karena tutup tidak dipasang dengan benar atau karena mekanisme katup ventilasi yang sudah rusak. Kalau kamu sering mendapati adanya rembesan bensin di bagian ini, artinya perlu memasang tutup tangki dengan lebih rapat atau bahkan membeli tutup yang baru. Sebaiknya selalu cek kondisi penutup tangki bahan bakar. Ini merupakan cara sederhana dan sepele untuk mengatasi boros bensin pada sepeda motor yang Anda miliki.

Setelan Rem Cakram Terlalu Seret

Ternyata rem cakaram yang terlalu seret juga menjadi salah satu penyebab mengapa speda motor Anda menjadi boros bensin. Sebab setelah rem dibagian belakang yang seret akan berdampak pada putaran roda yang tertahan. Sehingga, akan memberatkan kinerja mesin motor saat melaju. Sebab, mesin motor dituntut harus mampu melajukan motor dengan tenaga yang lebih kuat karena sedikit tertahan oleh pengapit cakram yang membuat jalannya motor terhambat. Untuk itu, pastikan setelan rem bagian belakang sudah pas.

Baca Juga: AC Mobil Rusak: Hal Yang Dapat Menyebabkan AC Mobil Rusak

Rantai Montor Kendur

Penyebab selanjutnya adalah rantai sepeda motor kendur. Tanpa kita sadari hal seperti ini ternyata dapat mengakibatkan bensi menjadi boros. Hal ini disebabkan karena kondisi tarikan roda yang lebih berat. Sehingga, kondisi seperti ini akan memicu mesin lebih membutuhkan tenaga yang besar agar sepeda motor dapat melaju. Kebutuhan tenaga dari mesin untuk melajukan motor seperti itu tentu akan membakar lebih banyak BBM daripada biasanya. Sehingga, konsumsi bensin pun menjadi lebih boros.

Jadi, apabila Anda telah mengetahui bahwa rantai motor telah kendur maka segera kencangkan. Namun, apabila mengalami aus maka sebaiknya segera ganti yang baru agar motor bisa melaju dengan kcepatan normal tanpa terbebani sehingga konsumsi BBM-nya pun menjadi lebih efisien.

Kerak yang Menumpuk Pada Karbon

Penyebab terakhir yang akan dibahas adalah adanya kerak yang menumpuk pada karbon. Kerak muncul akibat adanya sisa hasil pembakaran pada mesin. Dimana, kerak akan timbul umumnya dipicu atau disebabkan karena oktan bensin yang tidak sesuai dengan mesin motor. Sehingga, akan menghambat performa mesin. Hal ini yang menyebabkan bensin mudah habis.

Itulah enam penyebab sepeda motor mendadak jadi boros bensin. Hal- hal diatas tentu tanpa kita sadari pernah kita abaikan. Padahal jika kita biarkan akan berpengaruh pada bensin sepeda motor yang akan cepat habis. Selain beberapa faktor di atas, penyebab motor boros bensin juga bisa dipicu karena cara berkendara yang kurang tepat.

Misalnya tarikan gas yang tidak stabil dan terlalu sering menarik gas secara mendadak pun akan menjadi pemicu borosnya bensin. Hal- hal tersebut terkadang sering tidak disadari oleh para pemilik kendaraan bermotor. Padahal dapat menjadi penyebab bensin motor menjadi boros.

Baca Juga: AC Mobil : 5 Komponen AC Yang Memerlukan Servis Rutin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *