Sebelum Membeli Kenali Dulu Jenis Mobilnya

jenis mobil

Jenis mobil yang beragam memang banyak mendatangkan keuntungan terutama bagi anda yang masih bingung untuk menentukan pilihan dalam hal memiliki kendaraan roda 4 tersebut.

Dengan terus berkembangnya dunia industri otomotif di Indonesia maka akan selalu munculnya mobil terbaru disetiap tahunnya.

Pengenalan Tipe & Jenis Mobil Perlu diketahui.

Indonesia yang tergolong negara berkembang ternyata daya beli masyarakatnya tergolong sangat besar.

Rata rata mereka tidak akan merasa ragu untuk mengganti jenis mobil lamanya yang sudah tertinggal teknologinya dengan tipe dan jenis yang terbaru.

Setiap tahun akan muncul edisi terbaru yang akan mengusung teknologi lebih canggih dan lebih lengkap fiturnya dengan mengedepankan kenyamanan, keselamatan, dan keamanan.

Akan ada banyak sekali mobil terbaru yang telah siap untuk dipasarkan di Indonesia.

Para pecinta otomotif akan bisa menjumpai kendaraan roda empat yang berasal dari Jepang, Eropa, ataupun Amerika.

Kesemua jenis mobil itu menawarkan teknologi yang baru sehingga akan optimalnya performa mesin dan pada saat berkendara akan nyaman.

Terlebih beberapa keluaran terbaru tahun ini mengusung teknologi mesin Hybid dengan menggabungkan mesin yang konvensional dan motor listrik.

Seperti layaknya kita sebagai manusia ternyata tipe
kendaraan roda empat terdiri dari beragam tipe fisik dan karakter kepribadian.

Untuk urusan minat dari bentuk fisik jenis mobil anda mungkin memiliki selera masing masing.

Tapi tidak ada salahnya jika mengenali karakter dan kelebihan dari masing-masing tipe mobil dengan tujuan agar anda tidak salah dalam menentukan tipe dan jenis mobil yang akan anda pilih.

Karena, pada akhirnya yang anda butuhkan adalah kendaraan yang mampu menunjang kebutuhan.

Pada dasarnya tiap tiap jenis
kendaraan roda empat berkembang seiring dengan perubahan daya minat konsumen.

Di tahun 80-an kita hanya mengenal kendaraan penumpang dan kendaraan niaga.

Pada era tersebut jenis mobil penumpang terbagi menjadi sedan 4 pintu dan sedan 5 pintu seperti hatchback atau station wagon, sementara kendaraan niaga adalah pick-up.

Tapi seiring geliat dunia otomotif yang semakin pesat sekarang kita bisa mengenal lebih banyak jenis
kendaraan roda empat antara lain sedan, hatchback, MPV, SUV, dan coupe.

Sebenarnya sebuah mobil dapat saja masuk ke dalam lebih dari satu kategori kendaraan.

Untuk itu, lebih baik cek klasifikasi berikut, seperti bentuk, kabin penumpang, dan volume bagasi, lalu cocokkan dengan kebutuhan anda

1. Jenis Mobil Sedan

Tipe Mobil ini berkapasitas 5 penumpang, 2 di depan dan 3 di belakang.

Mobil yang juga biasa disebut mobil saloon ini memiliki 5 pintu, 4 pintu untuk akses penumpang dan 1 pintu khusus bagasi.

Pada jenis mobil sedan, ruang kabin penumpang dengan bagasi memang dipisah. Sedan memiliki tingkat kenyamanan yang cukup baik.

Orang biasanya lebih memilih sedan untuk prestige, elagan, dan kemewahannya.

Jenis mobil sedan sendiri ternyata memiliki beberapa tipe mobil turunan, yaitu:

– Sedan tipe coupe

biasanya merupakan variasi sport dari mobil sedan yang hanya berisi dua kursi atau empat kursi, dua di bagian depan dan dua di bagian belakang.

Meski umumnya memiliki dua pintu, ada beberapa pabrikan otomotif yang menciptakan klasifikasi sedan tipe coupe baru dengan empat pintu.

– Sedan tipe Station Wagon

Adalah kendaraan roda empat dengan bentuk dasar sedan yang atap bagian belakangnya dipanjangkan sampai ke atas bagasi.

Pemanjangan atap bagian belakang ini membuat ruang bagasi station wagon yang menyatu dengan penumpang.

Contoh jenis mobil sedan: Honda (All New City dan Civic), Toyota (New Corolla Altis, Camry, dan Vios), BMW (3 dan 5 series), dan Mazda 6

2. Jenis Mobil Hatchback

Mobil yang dikenal dengan city car ini punya semua fitur yang dibutuhkan pengendara yang tinggal di kawasan perkotaan.

Bentuk relatif kecil dan stylish dengan kemampuan yang dapat diandalkan untuk berkendara di kawasan perkotaan.

Ciri serta karakter utama kendaraan roda empat tipe hatchback adalah pada penerapan ruang kabin yang menyatu dengan kabin penumpang, sehingga lebih fleksibel untuk memasukkan barang bawaan.

Prinsipnya sama nyamannya dengan sedan tetapi lebih lincah karena dimensi mobil yang lebih terlihat compact dan praktis.

Ini cocok untuk anda yang sering berkendara ke kampus, ke kantor, atau antar jemput anak sekolah.

Untuk anda yang sering melalukan perjalanan ke luar kota tidak semua jenis hatchback yang beredar di pasaran cukup nyaman untuk dikendarai jarak jauh.

Bentuknya yang mungil dengan jarak antara dasar mobil dengan tanah yang tidak terlalu tinggi membuat kendaraan roda empat jenis hatchback ini kurang nyaman jika dikendarai melalui jalanan yang tidak mulus dan berlubang.

Tapi, hatchback dengan kapasitas mesin cukup besar (>1.300 cc) biasanya bisa diandalkan untuk perjalanan jarak jauh dengan jalanan mulus dan menanjak.

Hanya saja, kapasitas penumpang dan bagasinya terbatas.

Contoh Kendaraan Roda 4 Jenis Hatcback: Honda (Jazz dan Brio), Toyota (Yaris, Etios, dan Agya), Daihatsu (Sirion dan Ayla), Suzuki Swift, Mazda 2, dan Hyundai Grand Avega.

3. Jenis Mobil MPV

Kini MPV (Multi Purpose Vehicle) mungkin tipe & jenis mobil yang paling sering anda lihat berlalu lalang di jalanan.

Karena budaya orang Indonesia yang kekeluargaan dan gemar berkumpul serta pergi beramai ramai sedikit banyak berpengaruh pada pilihan kendaraan.

Dengan dimensi bentuk yang lebih besar sehingga mampu menampung tujuh hingga delapan penumpang termasuk supir, jenis mobil MPV ini memang pilihan tepat.

Kelebihan dan karakteristik MPV adalah penumpang di baris ketiga pun masih dapat duduk nyaman.

Bagian bagasi dapat diperluas dengan melipat kursi penumpang baris ketiga, hingga MPV dapat membawa barang banyak, namun tetap nyaman untuk menampung seluruh anggota keluarga.

Kapasitas MPV cukup beragam, dari 1.000cc hingga 1.500cc, tinggal pilih yang sesuai. Apakah hanya untuk dipakai berkendara di dalam kota atau luar kota.

Jarak antara dasar mobil dengan tanah (Ground clearance) biasanya lebih tinggi dari sedan atau hatchback, karenanya MPV berkapasitas minimal 1.300 cc lebih nyaman andal untuk perjalanan ke luar kota.

Kalau Anda senang bepergian dengan mengajak seluruh anggota keluarga berarti kendaraan roda empat jenis MPV bisa dipertimbangkan untuk anda miliki.

Contoh jenis mobil MPV: Toyota (Avanza, Innova, dan Sienta), Honda (B-RV dan Mobilio), Chevrolet Orlando, Mazda Biante dan VX-1, dan Nissan (Grand Livina, Evalia, dan Serena).

4. Jenis Mobil SUV

Mobil tipe Sport Utility Vehicle ini atau biasa disingkat SUV cocok digunakan di berbagai medan, di jalan raya dan medan off road.

Kondisi geografis dan jalanan di Indonesia yang tak selalu mulus dan lurus, membuat jenis SUV ini digemari pria maupun wanita.

Bagi anda pengendara di kota besar yang setiap hari harus berhadapan dengan kendaraan-kendaraan besar seperti truk dan trailer di jalan tol,

SUV jadi pilihat tepat, karena performa mesin dan penampilannya yang tangguh.

Jenis SUV juga dapat mengangkut penumpang dengan jumlah bawaan yang cukup banyak.

Karena itu, jenis SUV biasanya berbadan cukup besar, nah kekurangan dari SUV ini sayangnya kurang lincah untuk berkendara di kawasan perkotaan dengan level kepadatan lalu lintas yang tinggi.

Ada beragam pilihan SUV, dari yang hanya berkapasitas lima penumpang hingga delapan penumpang dengan ukuran badan mobil yang juga beragam.

Sehingga, dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Untuk performa, SUV ada yang menggunakan penggerak empat roda atau four-wheel drive (4WD) yang artinya memiliki tenaga penggerak pada keempat rodanya.

Kendaraan roda empat jenis SUV 4WD tepat untuk menghadapi medan-medan berat, seperti tanjakan terjal maupun jalanan licin dan berlumpur.

Selain itu, ada juga SUV all-wheel drive (AWD). Berbeda dari sistem 4WD yang perlu diaktifkan secara manual untuk berfungsi, AWD menyala setiap waktu tanpa perlu diaktifkan secara manual. AWD juga memanfaatkan bahan bakar dengan lebih efisien dibandingkan 4WD.

Contoh kendaraan roda empat jenis SUV: Chevrolet Captiva, Toyota Rush dan Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Honda CR-V, Daihatsu Terios, Ford Everest, Nissan X-Trail, dan Mazda CX-5.

5. Jenis Crossover dan compact SUV

Menggabungkan karakteristik dan kelebihan dari beberapa tipe mobil ke dalam suatu tipe mobil merupakan salah satu upaya manufaktur mobil memenuhi kebutuhan konsumen.

Salah satu contohnya adalah mobil tipe crossover atau juga disebut compact SUV yang menggabungkan postur SUV dengan kenyamanan mobil sedan atau hatchback.

Namun, berbeda dengan SUV yang memiliki konstruksi body on frame, konstruksi crossover mirip dengan mobil-mobil sedan, hatchback, maupun MPV yang umumnya bersifat built-in dengan nama unibody.

Karena itu, crossover pun tidak setangguh SUV ketika menghadapi medan berat seperti off-road. Tapi, performanya pada pemakaian di dalam kota dapat diandalkan.

Dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan SUV dan bentuk yang menyerupai hatchback atau station wagon, crossover juga dapat bergerak cukup lincah di jalanan yang padat.

Contoh jenis Crossover dan compact SUV : Chevrolet TRAX, Toyota C-HR, Honda H-RV, Nissan Juke, dan Mitsubishi Outlander Sport

Setiap jenis kendaraan roda 4 memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Itulah yang menjadikan masing-masing kendaraan roda empat memiliki tipe yang unik dan berkarakter sesuai dengan target pasarnya.

Baca Juga : “Cara Simple Merawat Car Seat Anak, Berikut 6 langkahnya!

Yang penting adalah anda mengetahui dan memahami spesifikasi serta fitur yang dimiliki sebuah mobil. Apakah kendaraan roda empat tersebut sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak.

Demikian tadi beberapa informasi seputar tipe dan jenis mobil yang sudah banyak beredar di Indonesia.

Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan bagi anda yang masih awam atau punya keinginan untuk memiliki kendaraan roda empat tapi belum tahu jenis mobil apa yang cocok bagi anda & keluarga. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.