Roof Rack Mobil: Fungsi & Cara Penggunaanya

  • by
  • 6 min read

Roof rack mobil adalah dek tambahan di atas atap mobil sebagai penyangga sehingga barang bawaan bisa diletakkan di atap kendaraan Anda. Roof rack sangat berguna ketika Anda berpergian jauh melalui jalur darat dan membawa barang cukup banyak.

Roof rack mobil dipasang sebagai tambahan bagasi sebab kapasitas bagasi mobil yang kurang besar. Aksesoris yang satu ini akan sangat membantu Anda ketika bagasi mobil kecil dan Anda harus berpergian jauh dan membawa banyak barang.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan saat Anda memutuskan akan memasang roof rack mobil. Sebab, roof rack ini tidak bisa sembarangan dalam memasangnya. Memang tidak berhubungan dengan mesin mobil, namun jika salah dalam memasang tetap saja akan berdampak pada performa mobil.

Dimana penggunaan roof rack harus tetap dijaga volume dan beratnya agar mobil yang dipakai untuk berkendara tetap stabil selama melaju di jalanan. Jika barang yang disimpan di atas mobil terlalu banyak, konsumsi bahan bakar akan menjadi kurang efisien.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan roof rack saat benar-benar membutuhkan fungsinya untuk membawa barang. Sehingga, mobil tetap stabil saat digunakan dan tidak merusak atap mobil.

Baca Juga: Lampu LED Untuk Mobil: Apa Keunggulannya?

Fungsi Roof Rack

Meskipun sebelumnya sudah dikatakan bahwa roof rack berfungsi menjadi bagasi tambahan, namun ada yang perlu Anda perhatikan mengenai fungsi roof rack mobil. Sehingga Anda tidak salah mengerti dan menggunakannya.

Terkait:  Lampu LED Untuk Mobil: Apa Keunggulannya?

Berikut adalah pembahasan lengkap mengenai fungsi roof rack yang perlu Anda ketahui.

Roof Rack Mobil
Roof Rack Mobil (Sumber Gambar: Google)

Bagasi Ekstra Mobil

Fungsi ini mungkin sudah kita bahas dari tadi. Ya, roof rack mobil merupakan bagasi tambahan yang dapat Anda gunakan. Sehingga, Anda tidak perlu membagi tempat duduk dengan barang bawaan ketika berpergian.

Fungsi utama roof rack memang didesain untuk dapat menampung kelebihan barang bawaan saat sahabat bepergian jauh. Dengan begitu, sahabat bisa duduk dengan lebih nyaman dengan space yang cukup besar.

Namun, pastikan bahwa sahabat memang butuh fungsinya secara regular, bukan hanya untuk 1 – 2 kali pemakaian. Selain itu, tetap perhatikan beban barang bawaan. Jangan sampai merusak atap atau menjadikan mobil tidak stabil.

Bukan Aksesoris Mobil

Selanjutnya perlu diingat bahwa roof rack mobil bukanlah aksesoris untuk mobil. Sebab, roof rack mobil dipasang sesuai dengan kebutuhan. Ya, meskipun roof rack mungkin juga memberikan fungsi dekoratif untuk sebagian orang.

Namun, ketahuilah bahwa roof rack bukan untuk aksesori mobil, ya. Hal ini disebabkan oleh adanya kekurangan dari penggunaan roof rack yang bobotnya cukup berat sehingga mengurangi efisiensi penggunaan bahan bakar.

Roof Rack Mobil
Roof Rack Mobil (Sumber Gambar: Google)

Tips Menggunakan Roof Rack Mobil

Dikarenakan roof rack bukan aksesoris dan perlu diperhatikan cara penggunaannya, berikut adalah tips menggunakan roof rack mobil. Sehingga Anda tetap ama dalam berkendara dan nyaman tanpa berbagi tempat duduk dengan barang bawaan.

Perhatikan Beban Maksimal Mobil

Sebelum memasang roof rack maka Anda perlu memastikan berapa berat atau daya maksimal tampung mobil. Seperti yang sudah diberitahukan diawal, jangan sampai mobil membawa beban yang berlebihan dan mengakibatkan mobil tidak seimbang. Atau bahkan merusak atap mobil.

Perlu diketahui bahwa ketika ada bobot yang terlalu besar di atap, mobil dapat mudah terpental saat menikung tajam. Akibatnya, mobil mudah terbalik.

Terkait:  Apa itu V Belt Mobil? Kenali Fungsi dan Cara Merawatnya

Selain itu, Roof rack mobil punya kapasitas yang cukup besar dapat berpengaruh terhadap kondisi struktur atap mobil. Roof rack yang terlalu berat dapat membuat atap mobil penyok. Jadi, jangan sampai melakukan keslahan dengan mengabaikan hal ini.

Bagimana cara untuk mengetahui beban maksimal mobil? Caranya adalah dengan mengurangi gross weight dengan curb weight, kemudian kurangi dengan perkiraan total beban penumpang. Angka itulah yang dapat Anda manfaatkan untuk memilih ukuran roof rack.

Gunakan Roof Rack Dengan Material Terbaik

Saat Anda akan memasang roof rack, pastikan jika roof rack mobil yang Anda pilih memiliki material terbaik. Sebab, nantinya kualitas material akan menentukan usia roof rack itu sendiri. Roof rack akan dipasang di atap mobil. Dimana bagian tersebut akan terkenan paparan sinar matahari dan air hujan secara langsung.

Maka apabila terbuat dari material yang kurang bagus, Roof rack akan mudah pecah. Ada dua ragam bahan roof rack yang bisa Anda pilih di pasaran. Yaitu baja dan aluminium. Pemilihan ini berhubungan erat dengan kualitas dan kekuatannya dalam menahan beban yang Anda bawa.

Roof Rack Mobil
Roof Rack Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jika hanya perlu membawa barang yang sedikit dan tidak terlalu berat seperti pakaian atau benda-benda berbahan plastik seperti ember, atau styrofoam keras seperti papan surfing, maka Anda masih bisa menggunakan rak atap mobil yang berbahan aluminium.

Namun, jika barang yang Anda bawa lebih banyak maka sebaiknya Anda menggunakan rak yang berbahan baja, agar tidak malah patah karena terlalu berat. Pastikan barang anda tidak melebihi kapasitas yang semestinya.

Satu lagi yang wajib Anda perhatikan, usahakan roof rack yang Anda pilih sudah dilapisi pelindung sinar ultraviolet. Roof rack dengan lapisan ini akan lebih awet meskipun terkena panas secara terus-menerus.

Terkait:  Jenis Servis Mobil Berkala Yang Perlu Kamu Lakukan!

Memperhatikan Bentuk Roof Rack

Selain menyesuaikan beban yang mmapu ditampung, Anda juga perlu memperhatikan bentuk roof rack. Ya, sesuaikan juga bentuk roof rack dengan bentuk bodi mobil Anda. Sebab, lagi- lagi bentuk yang tidak sesuai akan mempengaruhi kemanan saat berkendara. Dimana mobil jadi mudah goyang dan membahayakan pengendara.

Selain itu, perlu kebijaksaan dalam penggunaan roof rack. Roof rack yang semakin rendah maka akan semakin tinggi dukungan aerodinamikanya. Dimana hal itu juga mempengaruhi kapasitas barang. Jadi, pertimbangkan dengan baik sebelum mengenai penggunaan roof rack mobil.

Baca Juga: Tips & Trik: 4 Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet

Dilengkapi dengan Roof Rail

Roof rail berfungsi untuk menyanggah Roof rack mobil. Jadi, pastikan sudah tersedia roof rail diatas mobil Anda. Beberapa tipe mobil sudah memiliki roof rail bawaan dari pabriknya. Jika sudah ada, pastikan juga bahwa roof rail sudah terpasang dengan baik. Pasalnya, celah sekecil apapun dapat membuat air masuk ke dalam kabin. Hal ini tentu membuat interior jadi mudah rusak.

Itulah Fungsi dan caea menggunakan Roof rack mobil. Pastikan bahwa Anda tetap bijak menggunakannya termasuk bijak juga dengan alasan memasangnya. Sehingga, mobil tidak kelebihan beban dan juga atap mobil tidak cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *