Skip to content

Penyebab Remote Mobil Rusak, Jangan Langsung Ganti!

Bagi Anda yang mengunci mobilnya sudah menggunakan remote, tentu akan sangat pusing ketika remote mobil rusak. Ya, mengingat seiring berkembangnya teknologi saat ini remote mobil semakin banyak yang menggunakan.

Sehingga, mengunci mobil secara manual mulai ditinggalkan. Nah, salah satu masalah ketika menggunakan remote mobil adalah remote mobil rusak. Sehingga, mau tidak mau kita harus mengganti remote mobil rusak tersebut.

Eitz, namun tidak usah buru- buru untuk ganti ketika remote mobil rusak. Anda dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan penyebab remote mobil rusak. Ada beberapa penyebab yang membuat remote mobil rusak.

Jadi, kali ini kita akan membahas secara lengkap mengenai penyebab remote mobil rusak. Sehingga Anda dapat menghindarinya agar tidak terjadi kerusakan ataupun jika remote mobil sudah rusak, maka Anda dapat mengentahui penyebabnya sebelum memastikan benar- benar harus ganti.

Penyebab Remote Mobil Rusak

Pada umumnya penyebab remote kendaraan roda empat tidak dapat berfungsi dikarenakan beberapa aspek. Tetapi anda tidak usah khawatir karena terdapat banyak solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya.

Sebab seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, remote mobil juga dilengkapi berbagai macam fitur untuk bisa membantu anda mengatasinya.

Baca Juga: Aplikasi Traveling: Yuk, Instal Untuk Mempermudah Saat Liburan!

Remote yang memiliki fitur standar keluaran kendaraan roda empat teranyar sangat membantu sesuai dengan keinginan pemilik mobil. Sayangnya seringkali remote mobil kehilangan kendali bahkan mengalami kerusakan lainnya dan tidak bisa membuka pintu kendaraan anda.

Maka dari itu, langkah awal yang harus anda lakukan adalah mengatasinya dengan kepala dingin dan mencari tahu penyebabnya.

Jadi, itu sebabnya remote control mobil harus mendapatkan perhatian. Meski seolah remeh, tapi jika remote mobil rusak bisa menjadi masalah, misalnya pintu mobil tidak bisa dibuka. Ada beberapa penyebab remote mobi rusak. Berikut adalah beberapa penyebab remote mobil rusak.

Baterai Yang Sudah Habis

Penyebab remote mobil rusak yang pertama mungkin saja baterainya. Jadi, cek baterai remote mungkin saja suadh habis dan perlu diganti dengan yang baru. Sebab, baterai remote mobil yang habis juga dapat menyebabkan pintu mobil tidak bisa dikunci dengan remote.

Penyebab Remote Mobil Rusak
Penyebab Remote Mobil Rusak (Sumber Gambar: Google)

Salah satu ciri baterai remote habis adalah lampu remote yang tidak menyala ketika tombol ditekan. Baterai merupakan sumber daya tenaga dari remote mobil. Maka dari itu, ketika baterai remote mobil habis, Anda harus segera mengganti baterai tersebut agar fungsi remote mobil bisa digunakan kembali.

Nah apabila baterai remote lemah ataupun remote yang tidak berfungsi biasanya terjadi karena terdapat gangguan pada frekuensi. Untuk solusinya, cara yang bisa dilakukan. Caranya yaitu yang pertama, buka pintu secara manual dari lubang kunci yang ada di pintu driver dengan cara diputar ke kiri atau berlawanan arah jarum jam.

Setelah central lock berbunyi tanda pintu sudah tidak terkunci, buka pintu tersebut. Saat pintu dibuka, maka alarm mobil akan bunyi secara terus-menerus. Untuk menghadapi saat seperti ini usahakan jangan panik.

Langkah kedua, masukkan anak kunci kontak ke lubang kunci kontak dan putar ke posisi “ON” (lampu indikator dashboard akan menyala) dan saat sudah On maka bunyi alarm akan mati dan mobil bisa langsung distarter.

Frekuensi Remote Mobil Terganggu

Penyebab remote mobil rusak yang selanjutnya adalah gelombang elektromagnetik yang tinggi. Ya, apabila frekuensi remote mobil yang terganggu tentu saja akan mengganggu kinerja mobil. Misalnya saja remote mobil membuat pintu mobil tidak bisa dikunci dengan remote.

Daerah dengan gelombang elektromagnetik tinggi dapat mempengaruhi kinerja remote mobil. Daerah tersebut adalah disekitaran tower radio, TV, SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi), ataupun BTS proivider telepon seluler.

Gangguan tersebut hanya bersifat sekunder. Yakni tidak akan mempengaruhi kinerja remote mobil di tempat lain selain daerah dengan gelombang elektromagnetik tinggi yang dapat mengacaukan frekuensi remote mobil.

Jadi tenang saja, gangguan tersebut biasanya hanya bersifat sementara dan tidak akan memengaruhi performa remote mobil ketika Anda berada di daerah lain. Agar remote mobil tetap bekerja dengan normal, hindari area dengan gelombang elektromagnetik tinggi yang dapat mengganggu frekuensi remote mobil.

Penyebab Remote Mobil Rusak
Penyebab Remote Mobil Rusak (Sumber Gambar: Google)

Receiver Remote Mobil Rusak

Penyebab remote mobil rusak yang selanjutnya adalah komponen remote mobil tersebut. Jadi, ada beberapa komponen remote mobil yang tertanam langsung di dalam mobil, salah satunya adalah receiver dari remote mobil tersebut.

Fungsi dari receiver remote mobil adalah untuk menerima gelombang yang diberikan oleh remote mobil ketika salah satu tombolnya ditekan. Receiver dari remote mobil akan menginterpretasikan perintah yang diberikan seperti Receiver kemudian akan menerjemahkan perintah tersebut, dan akan membuka kunci pintu mobil.

Jadi, jika receiver remote mobil mengalami kerusakan, perintah yang diberikan tidak akan bisa dijalankan. Oleh karena itu, jika hal ini terjadi, Anda harus segera memperbaikinya. Dimana untuk hal ini Anda dapat langsung membawanya ke bengkel untuk memeriksa remote mobil.

Remote Dalam Keadaan Rusak

Penyebab Remote Mobil Rusak
Penyebab Remote Mobil Rusak (Sumber Gambar: Google)

Salah satu penyebab yang membuat pintu mobil tidak bisa dikunci dengan remote adalah kerusakan pada remote mobil itu sendiri. Salah satu ciri remote mobil yang rusak adalah lampu indikator dari remote tidak menyala atau tombol-tombol yang ada pada remote mengalami kerusakan seperti tidak dapat ditekan.

Baca Juga: Kenapa Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi? Yuk Cek Mobil!

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan remote mobil rusak, antara lain: remote mobil sering terjatuh, remote mobil sering tertekan, dan bahkan remote mobil sering ketumpahan air. Oleh karena itu, perhatikan di mana Anda meletakkan remote mobil, jangan sampai disimpan di tempat sembarangan agar tidak rusak.

Itulah beberapa penyebab remote mobil rusak. Nah, meskipun terlihat kecil, namun jika rusak tenntu Anda akan mengalami masalah dalam mengunci mobil. Jadi, saat meletakan, jangan asal dibanting atau dilempar saat meletakan remote mobil, ya.

Nah, apabila remote mobil rusak jangan panik. Sekarang sudah banyak bengkel resmi yang menyediakan nomor layanan servis. Jadi, Anda dapat segera menghubungi mereke untuk mendapatkan sousinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.