Mobil merupakan benda yang sangat kompleks. Dimana satu komponen dengan komponen lainnya saling bekerja sama agar dapat melaju. Selain itu, mobil juga terdiri dari sistem kelistrikan yang akan membuat kita pusing ketika salah satunya saja mengalami masalah.

Komponen mobil semuanya penting. Salah satu komponen yang epnting terdapat di dalam kelistrikan mobil. Komponen tersebut adalah relay mobil. Lah, apa lagi itu relay untuk mobil?

Relay mobil merupakan komponen listrik yang mempunyai 2 bagian yaitu, kumparan dan poin.. Fungsi relay mobil adalah jembatan penghubung antara arus listrik dengan baterai yang bermuara di beban.

Artinya, relay membuat aliran arus listrik menjadi lebih ringkas. Hal ini membuat hambatan yang terjadi pada kelistrikan mobil menjadi lebih kecil sehingga penggunaannya lebih hemat.

Namun, pada faktanya masih ada beberapa fungsi dari relay mobil yang harus Anda katahui. Berikut adalah ringkasan mengenai fungsi dari relay mobil.

Fungsi Relay Dalam Mobil

Secara garis besar relay berfungsi untuk mengendalikan dan mengalirkan listrik Penggunaan relay akan memotong alur arus listrik yang melewati rangkaian ketika akan mencapai beban.

Namun, ada beberapa fungsi lain dari Relay mobil yang perlu Ada ketahui. Berikut fungsi lainnya mengenai Relay mobil.

Baca Juga: Apa itu V Belt Mobil? Kenali Fungsi dan Cara Merawatnya

Memperpanjang Umur Saklar

Relay Mobil
Relay Mobil (Sumber Gambar: Google)

Fungsi relay untuk mobil yang lain adalah untuk memperpanjang umur saklar. Jadi, cara kerja relay mobl adalah membutuhkan arus listrik yang besar. Sehingga dapat bekerja dengan baik. Arus listrik yang ada setelah pemasangan relay tersebut akan mengalir melewati saklar.

Nah, kegunaan saklar pada relay sebagai sarana pembangkit arus listrik. Nantinya. Arus listrik ini kemudian dialirkan ke kompresor AC, lampu mobil, dan komponen elektromagnetik lainnya. Dalam hal ini relay berfungsi untuk menjaga agar saklar tetap awet dan bisa berfungsi dalam jangka waktu yang lama.

Meminimalisir Hambatan Pada Arus

Jadi, dalam listrik mobil terkadang dapat terjadi hambatan. Efek dari hambatan arus litrik akan mempengaruhi kinerja komponen elektromagnetik. Dimana hal ini akan mengakibatkan lampu mobil tidak bisa menyala dengan terang. Di samping itu, hambatan arus listrik akan menyebabkan bunyi klakson menjadi tidak nyaring.

Komponen tambahan berupa relay dapat digunakan untuk meminimalisir adanya hambatan arus. Pemasangan relay akan memperpendek rangkaian dan membuat arus listrik tidak banyak berkurang. Arus listrik tersebut akan disalurkan secara maksimal pada komponen seperti klakson dan lampu mobil.

Dengan penambahan relay yang dapat memperkuat arus listrik dan disalurkan secara maksimal maka akan menjadiklan lampu mobil menyala degan lebih terang dan bunyi klakson ebih nyaring.

Relay Mobil
Relay Mobil (Sumber Gambar: Google)

Pengunci Mobil

Jika Anda ingin menambahkan kunci pengaman pada mobil untuk menjaga keamanannya, relay bisa berfungsi sebagai saklar.

Penguncian ini bertujuan untuk mengamankan arus listrik yang ada di mobil. Hal ini karena relay bisa berperan menghubungkan dan memutus arus listrik secara otomatis.

Pengunci tambahan menggunakan relay akan membuat mobil menjadi lebih aman. Arus listrik di dalam mobil akan mengalir dengan baik dan tidak terhambat. Aliran arus listrik yang berjalan dengan baik akan membuat aktivitas elektromagnetik di dalam mobil menjadi lebih aman.

Prinsip kerjanya sama, yaitu sebagai pemutus serta penghubung saklar dengan arus listrik.

Melindungi Saklar Kombinasi

Fungsi relay mobil selanjutnya adalah melindungi saklar kombinasi. Mungkin beberapa dari Anda pernah melihat saklar lampu yang melelh. Nah, hal ini biasanya terjadi karena adanya panas yang berlebihan terhadap saklar.

Untuk itu, diperlukan adanya relay untuk melindungi saklar kombinasi atau switch dari suhu panas yang dihasilkan mobil. Dalam perlindungan ini, relay akan membuat saklar kombinasi di dalam mobil tidak mudah panas.

Jadi, fungsi relay mobil juga dapat membuat kerja saklar lebih mudah karena arus listrik tersebut tidak berputar-putar melewati saklar setelah pemasangan relay. Dampak dari perlindungan relay ini adalah saklar lampu mobil tidak akan meleleh karena panas tersebut.

Sebab, relay akan langsung menghubungkan arus listrik dari baterai ke beban kelistrikan.

Relay Mobil
Relay Mobil (Sumber Gambar: Google)

Saklar Switch Elektromagnetik

Fungsi selanjutnya dari relay mobil adalah sebagai switch elektromagnetik. Kegunaan dari switch elektromagnetik atau yang biasa disebut dengan saklar adalah untuk mengendalikan magnet listrik. Relay mobil bisa menghasilkan gaya magnet melalui kumparan yang sudah dilalui oleh arus listrik.

Gaya magnet yang dihasilkan kumparan relay akan membuat terminal 30 dan 87 terhubung. Hal ini karena gaya magnet pada kumparan relay akan menarik kontak poin. Tarikan ini akan membuat kedua terminal tersebut terhubung secara otomatis.

Kelebihan Relay Mobil

Kenapa sih harus memasang relay mobil? Pemasangan relay mobil membawa keuntungan atau kelebihan tersendiri pada kendaraan tersebut. Fungsi relay pada mobil akan membuat lampu utama atau headlamp bisa menyala dengan lebih terang. Hal ini karena relay mampu mengalirkan arus listrik dengan tekanan lebih besar.

Relay akan membuat saklar kombinasi menjadi lebih hemat, sehingga tidak cepat rusak saat terdapat aliran listrik yang besar. Aliran listrik ini akan membuat lampu besar mobil menyala lebih terang. Relay juga berperan meminimalisir hambatan arus listrik pada lampu mobil.

Penambahan relay pada mobil akan membawa banyak manfaat pada kendaraan tersebut. Arus listrik yang berfungsi secara maksimal akan membuat komponen dalam mobil tidak mudah rusak, Di samping itu, relay mobil juga akan membuat komponen kendaraan terhindar dari keausan.

Baca Juga: Mengetahui Macam- Macam Komponen AC Mobil, Penting!

Itulah fungsi relay mobil dan kelebihannya. Relay merupakan komponen listrik yang mempunyai 2 bagian yaitu, kumparan dan poin. Fungsi relay adalah untuk mengendalikan dan mengalirkan listrik.

Ada beberapa jenis relay mobil. Jadi, pemilihan relay di mobil harus dilakukan dengan tepat. Ada beberapa jenis relay mobil yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Jenis relay yang akan dipasang ini harus disesuaikan dengan jenis mobil, sehingga tidak membebani.

Pemasangan relay mobil tidak bisa dilakukan secara sembarang. Anda sebaiknya bertanya terlebih dahulu ke bengkel resmi agar bisa mengetahui relay yang tepat untuk mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *