Rekomendasi spion motor berikut ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memodifikasi namun tetap sesuai dengan peraturan. Ya, spion merupakan salah satu komponen keamanan yang harus ada. Namun, spion juga tidak jarang menjai bagian yang dimodifikasi agar motor kelihat semakin keren.

Dikarenakan fungsinya yang sangat penting, maka Anda tidak disarankan untuk semabrangan menganti spion motor. Meskipun niatnya agar motor semakin kece, namun Anda dapat kena tilang loh apabila spion yang dimodifiasi tidak sesuai dengan ketentuan.

Kebanyakan modifikator hanya mengutamakan aspek tampilan dari pada fungsi dan manfaatnya. Sebaiknya anda menggunakan spion motor yang berstandar nasional dan juga pas untuk motor anda, selain penting untuk keselamatan berkendara, kendaraan bermotor tanpa dilengkapi spion dapat dikenai sangsi atau denda sebesar Rp 250.000 karena melanggar UU No.22 tahun 2009.

Jadi, pilihlah spion untuk sepeda motor harus dilakukan dengan baik dan aman. Karena pemilihan spion tidak hanya melihat pada penampilannya yang keren tetapi juga harus mempertimbangkan keamanan yang memadai.

Rekomendasi Spion Motor

Selain karena peraturan pemasangan spion pada motor membuat Anda semakin aman saat berkendara. Sebelum Anda memasangnya, kami akan menjelaskan cara memilih spion motor terbaik sesuai dengan jenis dan desainnya. Sehingga, motor kelihatan kece namun tetap sesuai dengan peraturan.

Spion Dengan Cermin Cembung

Rekomendasi spion motor yang pertama adalah memastikan bahwa spion yang Anda pilih memiliki cermin cembung. Hal ini agar tampilan belakang terlihat lebih luas. Jadi, hal yang paling utama ketika akan mengganti spion motor pastikan bahwa cermin pada spion tersebut cembung.

Rekomendasi Spion Motor
Rekomendasi Spion Motor (Sumber Gambar: Google)

Sebab, masih banyak orang yang menggunakan spion dengan kaca yang kurang tepat. Padahal alasan mengapa harus kaca cembung karena jenis cermin ini dapat memaksimalkan fungsi spion. Jadi, jangan memilih spion dengan cermin yang datar. Sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin ini adalah maya, tegak, dan sama besar. Hal ini akan membuat Anda tidak bisa leluasa melihat kondisi di belakang motor.

Cermin cembung dapat membantu Anda untuk melihat keadaan di belakang Anda lebih baik dan jangkauan pandangannya lebih luas. Terutama saat Anda akan menyeberang atau menyalip kendaraan di depan Anda, penggunaan spion dengan kaca cembung akan sangat membantu. Sebab, cermin ini memiliki sifat membentuk bayangan yang tegak, tidak terbalik, dan memberikan tampilan belakang yang lebih luas.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Ciri- Ciri Mobil Yang Pernah Mengalami Kecelakaan!

Memperhatikan Panjang Tangkai dan Material

Rekomendasi spion motor yang selanjutnya adalah memilih material yang berkwalitas dan panjang tangkai spion yang sesuai. Tangkai pada spion tersedia dalam berbagai bentuk, ada yang panjang, pendek dan sedang. Pilih spion dengan tangkai yang tidak terlalu panjang sehingga tidak akan menghalangi pengendara lainnya.

Pemasangan spion motor dengan tangkai yang teapat berguna untuk memaksimalkan fungsi dari spion itu sendiri. Selain itu, spion dengan tangkai yang panjang dapat menjadi patokan saat Anda mengendarai sepeda motor. Jika motor Anda menyenggol kendaraan lain, bagian motor yang pertama kali terkena adalah spion.

Rekomendasi Spion Motor
Rekomendasi Spion Motor (Sumber Gambar: Google)

Jangan pula memilih spion dengan tangkai yang terlalu pendek karena fungsi spion tidak dapat maksimal. Selain itu pemilihan spion dengan tangkai yang terlalu pendek akan tertutupi tangan ketika sedang berkendara sulit melihat ke belakang.

Selain itu rekomendasi spion motor yang baik juga dilihat dari material spion itu sendiri. Pilihlah spion yang terbuat dari material yang berkualitas. Agar spion tahan lama, sebaiknya pilih spion dengan kualitas kaca, frame dan tangkai yang bagus. Lebih baik mengeluarkan biaya lebih untuk memperoleh spion yang berkualitas daripada murah tetapi barangnya tidak awet.

Rekomendasi spion motor yang selanjutnya adalah dengan menyesuaikan spion dengan desain motor. Ya, meskipun ketika desain tidak sesuai dengan jenis motor Anda dan spion telah memnuhi fungsinya Anda tidak akan ditilang, namun jangan sampai salah dalam memilih spion motor.

Setelah Anda memastikan bahwa cermn dan material spion berkwalitas bagus, Anda dapat memperhatikan desain spion yang sesuai. Dipasaran sendiri, ada beberapa desain spion yang dijual. Hal ini juga menyesuaikan dengan jenis motor yang ada di pasaran.

Anda dapat memilih sesuai tipe dan warna yang disukai. Pilih spion sesuai selera dan sesuai dengan motor yang dimiliki. Bukan hanya memilih dengan sekehendak hati saja tetapi tetap disesuaikan dengan tipe dan warna motor. Dengan demikian tampilan motor akan semakin keren dengan spion yang sesuai. Misalnya sesuaikan dengan warna motor dan stylenya.

Misalnya untuk Anda yang memiliki motor bergaya antik. Untuk model atau desain spionnya Anda dapat memilih spion yang memiliki gaya retro. Sebab spion yang satu ini memiliki bentuk yang bulat dan ergonomis sehingga memberi kesan jadul pada motor Anda. Jenis spion retro juga menjadi jeis yang paling banyak di incar untuk modifiaksi. Namun, sekali lagi sesuaikan dengan jenis motor Anda. Jangan paksakan untuk menggunakan model ini jika tidak sesuai dengan motor Anda.

Rekomendasi Spion Motor
Rekomendasi Spion Motor (Sumber Gambar: Google)

Spion model tomok juga dapat menjadi pilihan Anda. Jika, Anda ingin spion yang ringkas saat menyalip jenis yang satu ini dapat Anda pilih. Dengan spion ini, para pengguna motor lebih mudah saat melewati lalu lintas yang padat.
Selain itu ada spion model feklsibel, yaitu spion lipat. Biasanya spion ini digunakan pada motor matic yang mempunyai bodi besar. Selain ukurannya yang besar mengikuti bodi motor, spion lipat sangat mudah ditekuk dan diatur ketepatannya. Menariknya lagi, beberapa produk spion lipat sudah terintegrasi dengan lampu sein LED. Dengan begitu, spion jenis ini dapat memberikan kesan yang gagah pada motor Anda.

Baca Juga: Mobil Bekas Banjir, Yuk.. Teliti Sebelum Membeli Mobil Bekas!

Itulah rekomendasi spion motor yang dapat Anda pilih. Untuk kendaraan bermotor, spion wajib dipasang di sisi kanan dan kiri. Pemasangan spion pun memiliki aturan tersendiri. Tips tersebut merupakan saran atau pedoman yang dapat anda gunakan dalam memilih spion motor anda agar mendapatkan rasa aman dan nyaman selama berkendara tanpa merasa was-was selama berkendara karena anda salah pilih spion yang dimaksudkan sebagai salah satu komponen penunjang keselamatan tapi malah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *