Rekomendasi Oli Motor Matic – Oli merupakan pelumas yang sangat penting. Apalagi untuk motor matic, oli mempunyai banyak fungsi. Untuk itu jangan sampai salah memilih oli motor matic. Apa saja sih fungsi oli untuk motor matic?

Oli motor matic berguna diantarannya untuk pelumas mesin motor, selain itu oli juga akan menjaga mesin menjadi normal. Jika oli rutin diganti maka dapat berdampak pada memperpanjang usia mesin motor dan menghemat biaya.

Oli motor matic dapat menekan biaya pengeluaran apabila pergantiannya bisa kamu lakukan secara berkala. Dengan begitu, efek yang didapatkan dari penggantian oli secara berkala adalah mesin dan komponen lainnya menjadi lebih sehat. Sehingga, meminimalkan perbaikan.

Artikel kali ini akan membahas mengenai rekomendasi oli motor matic yang bagus untuk motor kesayangan Anda. Ya, jangan sampai salah memilih oli motor matic. Sebab, oli sangat mempengaruhi mesin motor.

Lalu apa saja rekomendasi oli motor matic yang bagus? Berikut adalah ulasannya.

Rekomendasi Oli Motor Matic : Top 1 Action Matic

Rekomendasi oli motor matic yang pertama adalah Top 1 Action Matic. Ya, jika sedang mencari oli motor matic, maka Anda dapat menjatuhkan pilihannya pada oli yang satu ini. Di mana merek ini telah teruji kualitasnya sejak lama sebagai produsen motor dan mobil dengan kualitas internasional.

Rekomendasi Oli Motor Matic
Rekomendasi Oli Motor Matic (Sumber Gambar: Google)

Oli ini dirancang untuk pabrikan motor matic Jepang (Honda dan Yamaha) keluaran terbaru. Top 1 Action Matic menggunakan teknologi smooth riding additive dan kadar sintetik yang tinggi sehingga mampu menghadirkan sensasi berkendara yang halus dan nyaman.

Top 1 Action ini sangat direkomendasikan untuk mesin dengan kopling kering seperti motor skuter matic. Oli ini tersedia dalam ukuran botol 800 ml hingga 1 liter dengan viskositas SAE 10W-30, 10W-40 dan 20W-40.

Baca Juga: Jenis Pelanggaran Rambu Lalu Lintas Yang Sering Dilakukan

Kandungan sintetik yang lebih tinggi, sehingga membuat usia pakainya lebih lama dibandingkan produk sejenis. Pelumas ini juga telah memiliki standar JASO dan API yang telah disesuaikan untuk motor-motor terbaru. Terkait harga, biasanya pelumas ini ditawarkan dengan banderol mulai Rp 45 ribuan.

Rekomendasi Oli Motor Matic : Castrol Activ Matic

Rekomendasi oli motor matic yang selanjutnya adalah castrol activ matic. Castrol Active Matic merupakan oli motor yang sangat berkualitas dari pabrikan British Petroleum, Inggris. Oli ini memiliki standar API SN yang terbuat dari bahan dasar semi sintetik dengan kekentalan atau SAE oli motor matic 10W-3- dan 20W-40 dan kapasitas 1 liter.

Harga di pasaran dibanderol dengan harga kisaran Rp50 ribu. Berlanjut membahas oli yang bagus untuk motor matic, pilihannya jatuh kepada Castrol Activ Matic yang dilengkapi dengan ZipBoosters. Pelumas ini diklaim memiliki teknologi tinggi dengan gesekan yang rendah.

Rekomendasi Oli Motor Matic
Rekomendasi Oli Motor Matic (Sumber Gambar: Google)

Castrol Activ Matic didesain khusus untuk motor matik 4-tak modern seperti yang beredar saat ini dipasaran. Mesin motor matik biasanya harus bekerja ekstra menghadapi jalan perkotaan yang padat.
Mesin yang tertutup dan desain transmisi yang berkesinambungan menyebabkan mesin menjadi sangat panas. Pelumas Castrol Activ Matic diklaim mampu menjawab kebutuhan mesin kendaraan.

Rekomendasi Oli Motor Matic : Motul Scooter LE 10w30

Rekomendasi oli motor matic selanjutnya adalah Motul Scooter LE 10w30. Ya, meskipun namanya tidak sering didengar oleh non- pencinta otomotif, namun soal urusan kualitas tentu jangan diragukan. Ya, oli ini tidak kalah dengan oli yang lainnya.

Bagi pencinta otomotif, tentu oli ini sangat populer. Pasalnya oil Motul begitu populer di kancah balap dunia hingga Indonesia seperti, roadrace, dragbike, grasstrack, dan motocross. Motul Scooter LE 10W-30 diklaim cocok untuk motor matic terbaru maupun lawas.

Rekomendasi Oli Motor Matic
Rekomendasi Oli Motor Matic (Sumber Gambar: Google)

Produk ini biasanya ditawarkan dalam ukuran 0,8 liter dengan banderol sekitar Rp 70 ribuan. Kabar baiknya, oli motor matic berkualitas ini dapat digunakan pada motor matic baru maupun lawas.

Rekomendasi Oli Motor Matic : Yamalube Super Matic

Rekomendasi oli motor matic yang terakhir adalah Yamalube Super Matic. Tak kalah baik dengan produk-produk selanjutnya, kalian yang cari oli bagus untuk motor matic bisa menggunakan Yamalube Super Matic.

Rekomendasi Oli Motor Matic
Rekomendasi Oli Motor Matic (Sumber Gambar: Google)

Bukan tanpa alasan, karena produk ini menawarkan kelebihan yang diklaim membuat temperatur mesin tetap stabil alias dingin. Oli Yamalube Super Matic mampu membuat temperatur mesin tetap stabil atau dingin sehingga performa motor lebih optimal. Berstandar JASO MB, oli ini cocok digunakan pada semua motor matic dari Yamaha.

Oli motor matic ini dibuat dengan viscosity 10W-40 serta API SL, dengan ukuran 1 liter. Harga yang ditawarkan berada di kisaran Rp54 ribu. Oli yang satu ini dibadrol dengan harga Rp 50 ribuan.

Itulah rekomendasi oli motor matic yang dapat Anda plih. Apabila Anda sangat asing denga dunia per-olian maka jangan sungkan untuk bertanya kepada teknisi. Mintalah saran oli yang sesuai dengan motor Anda.

Baca: Baterai Laptop Cepat Bocor? Berikut 5 Tips Merawatnya Agar Awet

Mengganti oli motor matic atau lainnya secara rutin sangat penting dilakukan agar performa dan kinerja motor tetap terjaga. Namun, kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli tentu harus diperhatikan. Jangan sampai lupa tidak mengganti sehingga menimbulkan masalah pada motor matik kamu.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli? Umumnya, ganti oli dilakukan setiap 1 atau 2 bulan sekali setiap menempuh jarak 2000-300 km. Namun apabila kamu bukan tipe orang yang suka bepergian atau keluar rumah dan hanya memakai motor sekitar 20 hingga 50 kilometer saja, kamu tetap harus menggantinya setiap 2 bulan sekali. Meskipun jarang dipakai, oli dalam motor harus tetap diganti agar tidak merusak komponen kendaraan.

Selain itu, kamu harus mengganti oli 2 setiap 2 minggu sekali jika jarak tempuh harian mencapai 200 km. Hal itu untuk menjaga motor matic dalam keadaan prima dan berfungsi baik, sehingga motor tidak akan mati tiba-tiba. Harga oli motor matic Yamaha maupun Honda dan lainnya tentu tidak seberapa jika dibanding dengan biaya perbaikan.

Jadi, jangan lupa untuk mengganti oli secara teratur. Sehingga, performa mesin tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *