Skip to content

5 Rekomendasi Mobil Irit Bahan Bakar

Saat ini bayak sekali yang memberikan keunggulan eco driving pada mobil mereka. Sehingga tidak heran jika sat ini banyak yang menawarkan mobil irit bahan bakar. Ya, sebab hal ini tentu banyak keunggulannya.

Dimana tidak hanya baik untuk lingkungan, namun juga dapat membuat Anda lebih hemat dalm penggunaannya bukan? Tentu hal ini sangat menguntungkan. Sebab seperti yang kita ketahui bahwa biaya terbesar memiliki sebuah mobil adalah biaya bahan bakar.

Dimana biaya untuk bahan bakar dapat mencapai 18 – 25% dari total pengeluaran untuk mobil. Sehingga, dengan adanya pilihan mobil irit bahan bakar menjadi sangat menarik pasar mobil. Namun meskipun begitu, realita mencari mobil irit bahan bakar susah susah gampang.

Ya, hal ini dikarenakan hampir semua pabrikan berlomba-lomba dalam memproduksi mobil yang irit bahan bakar. Tak hanya itu saja, banyak pabrikan mobil yang menyematkan fitur dan mode canggih seperti eco mode untuk lebih mengefisiensikan bahan bakar.

Ya, meskipun menghemat bahan bakar juga tergantung cara kita mengemudi, namun mobil hemat bahan bakar tentu menjadi daya tarik sendiri ketika akan memilih mobil. Jadi, berikut telah kami rangkum mengenai mobil irit bahan bakar yang dapat menjadi pilihan Anda.

Mobil Irit Bahan Bakar: Honda Brio

Rekomendasi pertama untuk mobil irit bahan bakar datang dari jenis mobil city car. Yups, Honda Brio dapat menjadi pilihan Anda untuk mobil yang irit bahan bakar. Bahkan mobil ini juga mendapatkan julukan sebagai mobil city car paling irit, loh.

Bermodal teknologi i-VTEC andalan Honda, mobil ini sangat efisien dari segi penggunaan bahan bakarnya. Sehingga untuk penggunaan bahan bakar mencapai 1:17 atau 17 kilometer per liter untuk penggunaan dalam kota.

Rekomendasi Mobil Irit Bahan Bakar
Rekomendasi Mobil Irit Bahan Bakar (Sumber Gambar: Google)

Dan bahkan mencapai 1:22 saat menelusuri rute tol. Selain itu, mobil city car yang satu ini menawarkan Transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) merupakan inovasi mobil transmisi automatic yang mampu menjaga RPM tetap rendah sehingga efisiensi BBM terjaga.

Selain hemat bahan bakar, mobil ini juga dapat Anda miliki dengan harga kisaran Rp 130-197 jutaan. Bagimana apa Anda tertarik dengan mobil city car yang satu ini?

Mobil Irit Bahan Bakar: Toyota Avanza

Rekomendasi selanjutnya mobil irit bahan bakar jatuh keada Toyota Avanza. Jika tadi adalah mobil city car yang cocok untuk keluraga kecil, kali ini kita akan bahas mengenai mobil keluarga yang hemat bahan bakar juga.

Toyota Avanza memang sudah terkenal sebagai mobil keluarga. Namun, mobil ini juga terkenal dengan hemat bahan bakar juga, loh. Sehingga, sangat disesuaikan dengan kondisi keluarga di Indonesia.

Rekomendasi Mobil Irit Bahan Bakar
Rekomendasi Mobil Irit Bahan Bakar (Sumber Gambar: Google)

Mobil sejuta ini telah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i bisa mencatatkan angka konsumsi bensin sebesar 12,5 km/liter di jalur bebas hambatan. Toyota Avanza juga salah satu mobil dengan harga jual yang baik. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu perlu menjual kembali mobil Anda.

Mobil Irit Bahan Bakar: Mitsubishi New Mirage

Rekomendasi mobil irot bahan bakar selanjutnya yaitu Mitsubishi New Mirage. Pabrikan asal Jepang ini memiliki sejumlah unit mobil yang memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Bahkan versi Mitsubishi New Mirage lebih irit jika dibandigkan dengan versi sebelumnya.

Mobil mungil dan memiliki desain yang lucu ini memiliki konsumsi bahan bakar mencapai 24,2km /liter. performa yang dihasilkan dari mesin berteknologi MIVEC 3 silinder dengan kapasitas 1.193cc, serta didukung transmisi CVT membuat Mirage mampu mengonsumsi bahan bakar lebih efisien. Tidak hanya irit mobil ini memiliki harga yang terjangkau mulai dari Rp180 jutaan.

Rekomendasi Mobil Irit Bahan Bakar
Rekomendasi Mobil Irit Bahan Bakar (Sumber Gambar: Google)

Mobil Irit Bahan Bakar: Honda CR-V

Rekomendasi mobil irit selanjutnya datang dari Honda, yaitu Honda CR-V. Apabila Anda sering melewati medan yang sulit seperti jalan berbatu ataupun bajir, mobil ini bisa jadi pilihan. Selain itu, mobil ini tidak hanya sporty dan gagah, namun juga hemat bahan bakar.

Konsumsi bahan bakar Honda CR-V cukup efisien. Performa dalam kota mencapai 11,3 kpl (kilometer per liter) sedangkan perjalanan luar kota mencapai 15,1 kpl.

Rekomendasi Mobil Irit Bahan Bakar
Rekomendasi Mobil Irit Bahan Bakar (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, mengusung mesin yang sama dengan versi sebelumnya, Honda CR-V facelift 1.5L Turbo Prestige, memberikan sensasi performa yang tak jauh berbeda. Begitu juga dari handling serta kenyamanan yang dihadirkan.

Namun demikian, tetap ada kenikmatan baru saat mengendarainya, apalagi CR-V kini sudah ditunjang dengan fitur keselamatan pintar dalam rangkaian teknologi Honda Sensing. Hal ini dibuktikan saat pengujian redaksi beberapa waktu lalu. Fitur-fitur layaknya asisten pribadi tersebut, berkerja untuk memudahkan pengendara.

Mobil Irit Bahan Bakar: Suzuki Ertiga

Soal keiritan bahan bakar, sudah bukan rahasia lagi Suzuki Ertiga dikenal memiliki konsumsi bahan bakar yang hemat. Pabrikan mobil asal Jepang ini diklaim memiliki keiritan bahan bakar yang baik. Gambarannya, mobil ini punya konsumsi bahan bakar dalam kota sekitar 14,5 km/liter dan untuk rute luar kota 18,6 km/liter.

Rekomendasi Mobil Irit Bahan Bakar
Rekomendasi Mobil Irit Bahan Bakar (Sumber Gambar: Google)

Mobil ini mendapatkan konsumsi bahan bakar 1liter :25 Kilometer. Tidak hanya irit mobil ini juga memiliki harga terjangkau dengan fitur-fitur yang menarik. Small MPV ini dibandrol dengan harga Rp 210-260 jutaan.

Itulah rekomendasi mobil irit bahan bakar yang dapat menjadi pilihan Anda. Konsumsi bahan bakar yang irit dari suatu mobil tidak ditentukan dari mesin saja. Melainkan juga dari gaya mengemudi dan rute yang dilaluinya.

Baca Juga: Bingung Cari Mobil MVP Rp 100 Jutaan? Berikut 5 Rekomendasi Terbaik

Apabila memiliki gaya mengemudi yang agresif, tentu saja tidak akan mendapatkan konsumsi bahan bakar yang irit. Sehingga Anda harus tetap memperhatikan gaya mengemudi Anda. Hal yang harus diperhatikan, seperti menghindari akselerasi dan deselerasi mendadak yang terus menerus, berkendara dengan sering berhenti dan berangkat lagi atau stop and go akan membuat bahan bakar boros.

Hal ini juga berlaku untuk rute jalanan yang macet. Dimana jalanan yang macet pasti konsumsinya lebih boros dibandingkan dengan jalanan lancar. Jadi, selain mobil sudah dilengkapi mesin dan fitur yang mendukung eco driving, Anda juga tetap perlu memeprhatikan faktor eksteral agar bahan bakar tetap irit.

Namun, dari rekomendasi mobil diatas, mana yang jadi pilihan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published.