Rekomendasi Fitur Kaca Film Mobil Terbaik dan Bikin Adem

  • by
  • 6 min read

Kaca film mobil memiliki berbagai fungsi. Ya, aksesoris yang satu ini mempunyai fungsi sebagai kemanan, pelindung dari sinar matahari, dan juga dapat membuat mobil Anda terlihat keren. Tidak hanya fungsinya yang banyak, namun juga fitur kaca film mobil sendiri sangat beragam.

Sehingga, Anda dapat memilih kaca film mobil sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja kaca film mobil yang berkualitas. Sehingga, tidak hanya fungsi yang didapatkan maksimal namun juga awet digunakan dalam waktu yang lama.

Rekomendasi Fitur Kaca Film Mobil

Ada beberapa rekomendasi fitur kaca film mobil yang dapa Anda pilih. Sehingga Anda dapat memutuskan untuk menggunakan pelapis sebagai aksesoris penolak panas. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai rekomendasi fitur kaca film mobil.

Baca Juga: Jenis- Jenis Kaca Mobil Yang Perlu Kamu Ketahui!

Kaca Film VLT

Rekomendasi fitur kaca film yang pertama adalah VLT. VLT adalah Visible Light Transmittance. Apa keunggulan dari fitur kaca fim mobil yang satu ini? Kaca film yang satu ini mampu meneruskan cahaya ke dalam kabin mobil.

Sehingga, selama berada di kabin mobil, Anda dapat melihat jelas keadaan di luar. Namun orang yang berada di luar tidak akan bisa melihat ke dalam.

Bisa dikatakan bahwa keunggulan kaca film ini adalah kemampuan kaca film untuk membuat pengendara untuk melihat keadaan luar. Umumnya, kaca film VLT ditawarkan dalam berbagai tingkat kegelapan.

Semakin kecil nilai persentasenya, maka tingkat kegelapannya semakin besar. Misalnya jika kaca film memiliki VLT 70%, maka kegelapan kaca film hanya 10-15% (kaca mobil umumnya memiliki VLR 5%). Sementara itu jika VLT 5%, maka kegelapan kaca film bisa mencapai 80%.

Rekomendasi Fitur Kaca Film Mobil
Rekomendasi Fitur Kaca Film Mobil (Sumber Gambar: Google)

Kaca Film UVR

Rekomendasi fitur kaca film yang selanjutnya adalah UVR. UVR adalah singkatan dari Ultraviolet Rejection. Keunggulan dari kaca film UVR adalah mampu menyaring sinar ultraviolet agar tidak sampai masuk kabin mobil.

Terkait:  Roof Rack Mobil: Fungsi & Cara Penggunaanya

Ya, kaca jenis ini mampu menepis sinar ultraviolet agar tidak memenuhi kabin mobil. Kaca UVR dijual dalam berbagai tingkat persentase sehingga Anda dapat memilih sesuai kebutuhan. Umumnya diukur dalam bentuk persen.

Semakin tinggi persentasenya, maka semakin besar pula sinar ultraviolet yang ditepis. Jadi, semakin tinggi persentasenya, maka semakin besar pula sinar ultraviolet yang dapat disaring. Sehingga kaca film ini mampu melindungi kulit agar tidak terbakar, kaca film UVR juga membantu jok dan dashboard tidak mudah pudar akibat paparan sinar ultraviolet.

Sehingga kulit Anda semakin aman, dashboard dan jok Anda pun tidak gampang pudar karenanya.

Kaca Film IRR

Rekomendasi fitur kaca film yang selanjutnya adalah kaca film IRR. Infrared Reflectance merupakan kepanjangan dari IRR itu sendiri. Kaca film IRR berfungsi menyaring sinar inframerah dari cahaya matahari agar tidak masuk ke kabin mobil. Konsepnya pun serupa dengan kaca film UVR.

Rekomendasi Fitur Kaca Film Mobil
Rekomendasi Fitur Kaca Film Mobil (Sumber Gambar: Google)

Semakin tinggi nilai persentase yang ditawarkan, maka semakin besar pula penolakan sinar inframerah yang diberikan. Dengan menekan paparan sinar inframerah ke kabin mobil, maka kondisi di dalam pun akan terasa lebih sejuk.

Spesifikasi kaca film yang juga perlu Anda perhatikan adalah IRR (Infrared Reflectance/Rejected). Parameter ini menjadi ukuran besarnya kemampuan kaca film menapis sinar inframerah. Jadi, semakin besar persentasenya, maka semakin bagus pula dalam menolak sinar inframerah, kabin menjadi lebih sejuk.

Kaca Film TSER

Rekomendasi fitur kaca film mobil yang terakhir adalah TSER. Kepanjangan dari TSER adalah Total Solar Energy Rejected. TSER akan mengukur total energi matahari yang bisa ditapis kaca film.

Jadi, kaca film TSER mengacu pada energi matahari yang ditolak atau ditangkis kaca film mobil. Hal ini sesuai dengan namanya, yaitu total solar energy rejected (TSER). Sama seperti UVR dan IRR, semakin tinggi nilai persentase yang ada pada kaca film TSER, maka akan semakin besar pula energi total yang dapat ditangkis kaca film.

Terkait:  Cara Membersihkan Karburator Kendaraan

Jadi ukurannya dalam persentase pula. Semakin besar angkanya, maka energi total yang ditapis juga akan semakin besar pula. Hasilnya tentu saja kabin yang semakin adem. Artinya, pemasangan kaca film TSER dalam persentase tinggi dapat membuat kabin mobil terasa lebih sejuk.

Cara Merawat Kaca Film Mobil

Agar kaca film mobil awet dlam penggunaannya maka perlu adanya perawatan. Eum, bagaimana cara merawat kaca film mobil? Tennag, dalam perawatan kaca film tidaklah sulit. Tinggal menyemprotkan formula khusus untuk membersihkan kaca dari kotoran dan lumpur yang menempel dan sulit dibersihkan.

Banyak produk pembersih kaca film yang tersedia dipasaran. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan perawatan maka kaca film mobil yang sudah Anda beli dengan harga mahal, dapat berfungsi secara maksimal dan juga usia guna yang lama.

Rekomendasi Fitur Kaca Film Mobil
Rekomendasi Fitur Kaca Film Mobil (Sumber Gambar: Google)

Harga Kaca Film Mobil

Berapa harga kaca film mobil sih? Ya, untuk harga kaca film mobil sendiri berbeda- beda. Bahkan masing- masing penjual mematok harga yang berbeda, loh. Semua sudah disesuaikan dengan manfaat yang ada.

Akan tetapi bagi Anda yang memiliki dana kurang. Tidak ada salahnya Anda menggunakan pelapis kaca murah yang beredar di pasaran. Harga yang ditawarkan sangat bervariasi. Anda bisa mendapatkan kaca film full tanpa merk mulai dari 300 ribu rupiah dengan kualitas yang biasa saja.

Apabila ingin memiliki pelapis kaca yang memiliki kualitas sama seperti 3m. Maka Anda dapat mendapatkan mulai dari harga 800 ribuan. Semua disesuaikan dengan budget yang Anda memiliki. Namun, harga tentu akan memberikan kualitas juga. Jadi, jika harganya semakin murah maka Anda jangan berharap lebih dengan performanya.

Baca Juga: Fungsi Kaca Film Mobil Yang Penting Untuk Diketahui

Terkait:  5 Penyebab Starter Mobil Berat

Karena semakin murah harga kaca film, tentu penolakan panasnya pun akan semakin rendah sehingga konsumsi AC semakin tinggi yang menyebabkan bbm pun semakin boros penggunaanya.

Ya, itulah ulasan mengenai fitur kaca film mobil. Setiap, fitur kaca film mobil mempunyai keunggulan masing- masing. Yang pasti mampu memaksimalkan fungsi dari kaca film yaitu kemanan, melindungi dari sinar matahari, dan juga memberikan kesan estetik pada mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *