Skip to content

Rawan Pencurian Motor: Tips Agar Motor Aman Dari Pencuri

Pencurian motor pasti sering terjadi di beberapa daerah. Bahkan, beberapa daerah di Indonesia juga mendapatkan cap sebagai tempat yang rawan pencurian motor. Apakah daerah Anda termasuk yang rawan pencurian motor?

Mungkin bebeberapa kita memiliki alasan mengapa tidak dapat langsung pindah atau malah pindah ke daerah yang rawan dengan penurian motor. Ya, meskipun pencurian motor sudah sering terjadi, namun hal tersebut tidak ingin dialami oleh kita, bukan?

Bagi Anda yang tinggal di daerah rawan pencurian motor, maka tingkat waspada Anda harus lebih. Nah, agar aman dan terhindar dari pencurian ada beberapa tips agar motor aman dari pencurian.

Rawan Pencurian Motor

Dikarenakan rawan pencurian motor, saat ini pabrik juga telah melengkapi motor buatan mereka dengan kemanaman yang lebih. Namun, hal tersebut masih saja menjadikan motor Anda seagai sasaran pencurian.

Nah, untuk itu Anda sebagi pemilik kendaraan harus memasang alat pengamanan ekstra pada motor Anda. Apalagi jika daerah Anda berada merupakan tempat yang rawan pencurian motor.

Jadi, lakukan pengamanan tambahan agar tidak terlalu mengandalkan sistem keamanan yang terpasang pada motor. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar sepeda motor aman dari tindak pencurian seperti dikutip dari beberapa sumber. Yuk simak sampai selesai, ya.

Baca Juga: Tips Aman Berkendara Melewati Jalan Berlubang: Waspada Saat Berkendara!

Pasang Pengaman Tambahan

Bagi Anda yang tinggal di daerah rawan pencurian motor maka wajib memasang pengaman tambahan pada motor Anda. Dengan menambahkan pengaman tambahan pada motor anda, resiko kehilangan motor dari para maling motor akan sedikit berkurang.

Hal ini bertujuan untuk membuat repot para maling motor yang sudah mengintai dan mengawasi motor anda. Saat ini sudah ada berbagai macam kunci pengaman tambahan untuk sepeda motor, yang paling sederhana yaitu kunci gembok.

Rawan Pencurian Motor
Rawan Pencurian Motor (Sumber Gambar: Google)

Kamu bisa memasang kunci gembok pada bagian cakram rem depan atau belakang. Jadi, Pengaman tambahan ini dapat berupa gembok yang dikaitkan pada lubang cakram depan dan rantai belakang apabila motor anda berjenis bukan matic.

Nah, dengan memasang kunci pada cakram makan akan menjadikan roda motor tidak dapat diputar. Hal ini akan menyulitkan pencuri motor untuk membawa motor curian meskipun kunci kontak telah berhasil dibobol.

Yang perlu Anda apastikadalahn ketika akan berkendara. Jangan lupa untuk kembali untuk melepas pengaman tersebut. Ya, meskipun jika Anda buru- buru tentu hal ini juga akan cukup memakan wkatu. Namun, bukankah yang penting motor Anda aman?

Selalu Kunci Stang

Selalu mengunci stang motor juga merupakan hal wajib yang harus dilakukan jika Anda tinggal di daerah rawan maling. Ya, meskipun kurang menjadi jaminan dapat menghindari tindak pencurian, namun cara ini bisa menjadi salah satu cara agar si pencuri berpikir ulang ketika akan melancarkan aksinya.

Jadi, mengunci stang perlu dilakukan meskipun kamu meninggalkan sepeda motor hanya sebentar, karena pelaku curanmor tidak memerlukan waktu lama untuk melancarkan aksinya. Agar lebih aman coba untuk selalu mengunci stang ke arah kanan. Kenapa ke arah kanan?

Alasannya karena dengan stang ke arah kanan akan mengakibatkan ruang untuk membobol kunci kontak jadi lebih sempit. Hal tersebut dapat sedikit menyulitkan pencuri ketika beraksi. Hal ini merupakan hal yang sangat mudah karena kita hanya perlu mengunci stang motor ke arah kanan.

Beberapa video di dunia maya juga memperlihatkan bahwa motor dengan posisi kunci stang ke arah kanan akan sulit untuk dibobol maling. Namun, sayangnya metode ini tidak bisa diterapkan pada setiap motor karena motor dari pabrikan selain Honda tidak dapat dikunci menghadap ke kanan.

Selain itu, cara tersebut juga tidak berlaku untuk sepeda motor yang memiliki posisi kunci kontak di tengah. Namun, bagi Anda yang motornya dapat dikunci stang ke kanan maka cobalah selalu kunci ke arah kanan.

Memasang Alarm pada Motor

Memasang alarm pada motor juga merupakan salah satu perlindungan untuk motor jika daerah Anda rawan pencurian motor. Alarm motor saat ini juga merupakan fitur kemanan yang telah disediakan pabrik untuk emnjaga kemanan motor.

Jadi, untuk motor keluaran terbaru biasaynya pabrikan sepeda motor telah melengkapi produk terbaru mereka dengan sistem alarm untuk menghindari tindak pencurian. Jadi, kalau motor Anda sudah memiliki fitur alarm tentunya anda tidak perlu lagi memasang alarm tambahan pada motor anda.

Tapi, jika motor milik kamu tidak dilengkapi sistem keamanan tersebut, kamu bisa memasangnya dengan sistem alarm aftermarket yang banyak tersedia. Alarm tambahan yang ada dipasaran saat ini cukup beragam jenis dan cara kerjanya, tapi secara garis besar fungsinya sama yaitu meningkatkan keamanan motor Anda.

Rawan Pencurian Motor
Rawan Pencurian Motor (Sumber Gambar: Google)

Memanfaatkan Teknologi Side Stand Switch

Daerah rawan pencurian motor juga wajib nih memanfaatkan teknologi side stand switch. Pencuri motor biasa melakukan aksinya dengan memilih motor yang paling cepat dan gampang dicuri.

Maka manfaatkan teknologi Side Stand Switch untuk membuat para pencuri sedikit repot karena harus menggabungkan Side Stand Switch dengan standar tengah motor. Side Stand
Switch merupakan teknologi yang membuat motor tidak bisa dinyalakan saat standar samping diturunkan.

Namun harus kembali disayangkan metode ini tidak bisa dipakai oleh semua jenis motor karena beberapa jenis motor tidak memiliki teknologi tersebut.

Rawan Pencurian Motor
Rawan Pencurian Motor (Sumber Gambar: Google)

Tempel Stiker Sebagai Tanda Pengenal

Nah, jika daerah Anda rawan pencurian motor maka Anda juga dapat memasang stiker sebagai tanda penegnal untuk motor Anda. Beberapa orang mungkin menganggap hal ini sepele. Tapi bisa berguna saat motor digondol maling.

Ada baiknya motor anda dipasang stiker pengenal yang berbeda dari motor yang lainnya. Selain itu, usahakan untuk memasang stiker di tempat yang mudah terlihat seperti pada batok lampu atau spakbor belakang.

Baca Juga: Cegah Kulit Jok Motor Pecah- Pecah: Yuk Simak Tipsnya!

Hal ini untuk memudahkan pencarian. Jadi, ketika seandainya sepeda motor anda hilang. Selain untuk memudahkan pencarian, tempelan stiker pengenal ini bisa membuat para maling berpikir ulang untuk mencurinya.

Jadi, itulah beberapa tips untuk menigkatkan kemanan ketika Anda berada di daerah yang rawan maling. Yang penting usahakan untuk tidak parkir sembarang juga. Sehingga, tidak memberikan peluang pencurian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.