Rantai dan gear sepeda motor merupakan satu kesatuan komponen motor yang tidak dapat dipisahkan dalam menjalankan fungsinya. Dua komponen ini tidak dapat dianggap sepele karena berperan penting membuat sepeda motor tetap berjalan. Oleh karena itu, jangan sampai gear dan rantai terkena masalah karena bisa membuat motor berhenti melaju.

Rantai motor mempunyai tugas sebagai pemindah daya dari putaran gear box ke roda, punya peranan penting pada tunggangan. Fungsi dari rantai motor sendiri adalah sebagai alat penggerak roda atau ban motor yang dibantu oleh gear. Dengan adanya fungsi ini tentu rantai memiliki peran yang sangat penting bukan dalam menggerakkan kendaraan kita. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita menjaga kualtias dari rantai motor kita dong, agar dapat bekerja dengan baik dan membuat kita juga merasa aman dan nyaman saat mengendarainya.

Untuk itu rantai dan gear tidak boelh luput dari perwatan motor lainnya. Kali ini kita akan membahas mengenai kapan rantai dan gear sepeda motor harus diganti. Sebab kedua komponen ini dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan saat Anda berkendara jika tidak diperhatikan waktu penggantiannya.

Rantai Dan Gear Sepeda Motor

Pasti kalian tidak ingin mengalami rantai puus saat mengendarai sepeda motor bukan? Untuk itu Anda harus memastikan bahwa rantai dan gear sepeda motor Anda dalam keadaan prima. Seperti apa ciri- ciri rantai dan gear moto yang sudah harus diganti? Berikut ulasannya untuk Anda.

Rantai Dan Gear Sepeda Motor
Rantai Dan Gear Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Rantai Motor Merenggang

Ciri yang pertama adalah ranati sepeda motor mulai merenggang. Dimana biasanya rantai bagian bawah nyaris menyentuh lengan ayunan. Rantai yang mulai renggang dapat dilihat secara langsung tanpa perlu susah payah. Atau untuk memastikannya Anda dapat memegang rantai sepeda motor Anda. Rantai yang mulai renggang ini megakibatkan rantai dan gear motor sudah mulai lemah untuk meneruskan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Di setiap lengan ayun motor terdapat ukuran pengencangan rantai. Biasanya ada empat guratan garis lurus pada ujung lengan ayun dan jika posisi penahan sudah pada garis paling ujung berarti rantai dan gear harus diganti. Sebagian dari kalain pasti memilih untuk memotongnya terlebih dahulu daripada langsung menggantinya bukan?

Rantai Susah Disetel

Menerusakan ciri sebelumnya mengenai penggantian rantai sepeda motor bahwa mungkin sebelum menganti dengan yang baru, selama rantai masih bisa dipotong mungkin Anda akan memilih untuk memotongnya terlebih dahulu. Biasanya tidak lama setelah disetel rantai akan kendur lagi.

Walaupun dipotong ruas rantai tidak akan memberikan manfaat lama, karena mata rantai sudah merenggang, tanda material haus dan minta diganti. Perlu kalian kerahui bahwa biasanya tidak lama setelah disetel rantai akan kendur lagi. Jadi, hal tersebut ternyata nggak berpengaruh banyak, karena jika mata rantai sudah merenggang artinya sudah habis usia pakainya.

Walaupun dipotong ruas rantai tidak akan memberikan manfaat lama, karena mata rantai sudah merenggang, tanda material haus dan minta diganti. Jadi, untuk keselamatan berekndara tidak ada salahnya untuk menganti rantai daripada terjadi hal yang kurang mengenakan.

Boros Gear Dan Rantai Atau Cepat Aus

Ciri selanjutnya dari rantai dan gear sepeda motor harus segera diganti adalah rantai dan gear sangat boros serta mudah aus. Memang benar jika rantai dan gear sering diberi pelumas pasti akan awet karena mengurangi gesekan yang memicu terjadinya keausan rantai dan gear. Namun, kita juga harus ingat bahwa dua komponen ini juga mempunyai umur pakai. Terkadang, meski sudah dirawat namun rantai tetap saja renggang dan nggak presisi, itu pertanda harus diganti untuk meminimalkan hal yang membahayakan.

Apabil mata gear sudah aus tapi mata rantai masih bagus, lebih baik segera ganti semuanya. Salah satu tujuannya, agar kalian selalu saat penggantian berikutnya. Pasalnya jika dibiarkan, bisa saja rantai dan gear mengalami selip akibat gear yang sudah aus, tapi sobat kelupaan untuk menggantinya.

Laju Sepeda Motor Tersedat

Ketika laju sepeda motor Anda tersedat itu juga menjadi tanda bahwa rantai dan gear motor Anda harus diganti. Anda dapat merasakannya ketika mengendarai speda motor Anda dimana akan terasa akan terguncang karena putaran rantai mengendor, lalu mengencang. Sehingga putaran roda kurang stabil, artinya kondisi rantai sudah nggak layak. Hal ini terjadi karena putaran rantai mengendor mengencang tidak stabil, sehingga mempengaruhi putaran roda.

Bisa juga masalah dikarenakan bagian dalam rantai sudah banyak yang aus, serta gear motor sudah lancip karena terkikis. Biasanya terjadi akibat penghubung mata rantai sudah mengeras haus karena pemakaian. gear motor yang sudah lancip karena terkikis, juga menimbulkan getaran tidak nyaman saat motor dikendarai pelan pada mesin putaran rendah.

Rantai Sepeda Motor Terdengar Berisik

Mungkin diantara semua komponen mengidentifikasi sudah harus diganti atau masih dapat digunakan bagian rantai dan gear paling mudah. Sebab Anda dapat mengetahui kedua komponen tersebut masih layak digunakan atau tidak hanya dari melihat, memegang, dan mendengarkan. Seperti ciri selanjutnya dimana Anda hanya menggunakan pendengaran Anda yaitu rantai sepeda motor terdengar berisik.

Biasanya suara yang keluar sangat kasar dan tidak biasa. Memang bisa sedikit mereda setelah dilumasi, tapi nggak lama suara kasar itu akan terdengar. Situasi ini terjadi karena sudah aus, bisa juga karena pemasangan rantai dan gear sepeda motor yang kurang tepat.

Itulah ciri- ciri bahwa rantai dan gear sepeda motor Anda harus segera diganti. Sebab kedua komponen ini mempunyai peranan dan fungsi yang tidak kalah penting dari mesin motor. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita menjaga kualtias dari rantai sepeda motor.

Baca Juga: Dampak Pengharum Mobil Pada AC: Perhatikan Sebelum Memilih!

Sehingga dapat bekerja dengan baik dan membuat kita juga merasa aman dan nyaman saat mengendarainya. Satu-satu cara yang bisa kalian lakukan agar gear dan rantai sepeda motor selalu dalam kondisi terbaik adalah merawatnya. Hanya saja memang, seiring waktu, rantai dan gear sepeda motor bisa mengalami keausan. Jika itu terjadi, mau tidak mau harus diganti dengan yang baru.

Baca Juga: 5 Perlengkapan Mobil Yang Harus Selalu Dibawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *