Jumlah spion pada mobil tentu lebih banyak dari sepeda motor. Mengatur posisi ideal spion mobil juga menjadi kesulitan tersendiri. Terutama bagi pengemudi pemula.

Padahal spion mobil harus diatur posisinya agar sesuai dengan pandangan pengendara. Jika tidak, pengendara akan kesulitan ketika ingin melihat objek atau kendaraan lainnya yang berada dekat dengan mobil.

Dalam mengatur jarak pandang spion memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, karena ada berbagai hal yang perlu diperhatikan. Setiap spion mobil juga memiliki posisi idel. Sehingga, spion mobil dapat berfungsi secara maksimal.

Mengatur Posisi Ideal Spion Mobil

Spion merupakan fitur kemanan yang sangat penting. Bahkan Anda dapt ditilang jika spion kendaraan tidak lengkap. Untuk kendaraan mobil sendiri, spion harus diatur sedemiakn rupa agar dapat optimal fungsinya.

Jika posisi spion mobil kurang pas, maka keselamatan akan sangat terancam dan Anda tidak bisa melihat mobil di bagian belakang dan meningkatkan risiko tabrakan. Untuk itu, sebelum Anda menjalankan mobil pastikan bahwa, spion mobil telah tepat. Sebab, psosisi spion yang tepat akan sangat membantu Anda dalam melihat kendaraan lain.

Untuk mengatur posisi idela spion mobil Anda harus duduk di kursi pengemudi. pastikan posisi jok mobil dengan setir dikendalikan dengan nyaman. Pastikan memiliki akses untuk menginjak rem, memindahkan gigi dan akselerator. Setelah itu, Anda dapat mengatur posisi dari setiap spion.

Lalu, bagaimana posisi idel sepion mobil? Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

Memperlihatkan Seperempat Bodi Mobil

Posisi ideal spion mobil salah satunya adalah memperlihatkan seperempat bodi mobil. Selain itu, posisi spion yang tepat juga memperlihatkan tiga perempat bagian lainnya. Seperti bagian kondisi jalan. Posisi ini bertujuan untuk meminimalisir blind spot yang sering terjadi pada pengendara. Untuk itu, ada baiknya jika tidak menggunakan kaca spion yang hanya memperlihatkan keseluruhan kondisi jalan.

Aturlah kaca spion mengarah ke belakang supaya objek di belakang mobil masih tampak. Untuk memastikan sudut kaca spion sesuai dengan posisi mengemudi adalah hal nomor satu yang harus dilakukan pengemudi saat ketika masuk ke dalam kendaraan.

Baca Juga: Nyetir Mobil Matik di Tanjakan? Simak 4 Tipsnya Agar Aman

Megarahkan Sedikit di Atas Garis Horizon

Posisi ideal spion mobil yang selanjutnya adalah mengarahkan posisi spion mobil sedikit di atas garis horizon. Garis horizon adalah garis yang terletak di antara kaca dengan bagian bawah pintu. Tujuannya sama, yaitu untuk memperlihatkan sedikit bodi mobil dan jalan.

Mengatur Posisi Ideal Spion Mobil
Mengatur Posisi Ideal Spion Mobil (Sumber Gambar: Google)

Mengatur Kaca Spion Tengah

Selanjutnya kita akan membahas mengenai posisi ideal spion tengah mobil. Pertama untuk menciptakan posisi ideal spion mobil yang satu inia, Anda harus mengatur posisi duduk Anda terlebih dahulu, karena posisi duduk akan menentukan arah kaca spion tengah.

Jika sudah menemukan posisi duduk yang ideal, baru atur kaca spion tengah dengan cara menggerakkannya ke arah yang diinginkan. Sesuaikan posisi kaca spion dengan penglihatan Anda dan pastikan Anda dapat melihat objek yang berada di belakang mobil.

Gerakan secara perlahan dan pastikan posisinya tegak agar Anda tidak perlu menggerakan kepala untuk melihat ke belakang. Dengan mengatur posisi spion tengah, maka Anda tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga untuk memutar tubuh untuk melihat arah belakang.

Selain alasan keamanan, kaca spion samping dan tengah juga berfungsi untuk membantu Anda ketika sedang memarkirkan mobil agar tidak menyenggol atau menabrak objek yang dekat dengan area parkir.

Mengatur Spion Samping

Selanjutnya adalah menentukan posisi idela spion mobil untuk bagian samping. Spion samping mobil terdapat pada dua sisi. Yaitu sisi dekat penumpang dan juga sisi dekat pengemudi.

Pertama Anda harus menyesuaikan spion di dekat spion pengemudi. Apabila Anda menggunakan mobil dengan model lama, maka Anda harus menyesuaikan posisi spion secara manual yaitu dengan memakai tuas atau menekan cermin secara langsung.

Mengatur Posisi Ideal Spion Mobil
Mengatur Posisi Ideal Spion Mobil (Sumber Gambar: Google)

Namun jika Anda menggunakan mobil jenis baru, maka biasanya sudah ada fitur yang ditambahkan untuk mepermudah Anda mengatur spion samping. Biasanya mobil jenis baru memiliki tuas kendali kecil di bagian pintu samping dan tuas tersebut bisa dipakai untuk menyesuaikan posisi kaca spion samping.

Tidak hanya spion samping pengemudi yang harus diatur, namun juga spion di samping penumpang juga harus diatur. Perma pastikan bahwa penumpang duduk dengan posisi yang benar. Pastikan jika penumpang telah menggunakan sabuk pengaman.

Apabila kaca spion di dekat pengemudi sudah sesuaikan, maka Anda harus juga sesuaikan kaca spion yang berada di pinggir penumpang. Jika menggunakan spion manual, maka Anda harus memindahkan posisi kaca spion dengan berpindah kursi ke bagian penumpang.

Memastikan Ulang Semua Posisi Spion

Mengatur Posisi Ideal Spion Mobil
Mengatur Posisi Ideal Spion Mobil (Sumber Gambar: Google)

Selanjutnya, jika sudah mengatur posisi ideal spion mobil maka selanjutnya Anda dapat memastikannya ulang. Untuk alasan keselamatan, pastikan semua spion mobil berada di posisi yang tepat sebelum berkendara. Jangan jalankan mobil terlebih dahulu sebelum kaca spion mengarah ke sudut yang tepat seperti yang telah dijelaskan di atas.

Bila perlu, masuk ke dalam mobil dan mintalah bantuan teman Anda untuk berjalan mengelilingi mobil. Pantau posisi teman Anda melalui kaca spion. Pastikan Anda dapat melihat teman yang mengelilingi mobil dari tiga kaca spion tersebut.

Selain pengaturan, pengendara juga perlu menyadari bahwa ukuran spion telah disesuaikan dengan ukuran mobil oleh pabrikan untuk meminimalisir area blind spot. Semakin besar ukuran mobil, semakin besar juga ukuran spion yang disematkan di mobil tersebut.

Pastikan bisa melihat bagian belakang dengan nyaman, sehingga Anda bisa menyalip kendaraan lain dengan aman dan Anda bisa lebih mudah saat memarkirkan mobil.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Bekas Secara Tepat dan Tidak Menguras Kantog

Itulah sedikit gambaran mengenai posisi ideal spion mobil. Jangan sampai mengalami kesulitan melihat posisi mobil di belakang saat sedang berkendara. Dengan mengatur posisi spion dengan benar, maka Anda akan lebih mudah berkendara sehari hari.

Jangan pernah menjalankan kendaraan jika kaca spion tidak mengarah ke sudut yang tepat. Arah spion yang paling tepat adalah kaca berada sedikit di atas garis horizon. Ini penting supaya pandangan cukup banyak di belakang dan juga samping kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *