Selain menonton film, mendengarkan musik juga dapat digunakan untuk hiburan. Untuk itu, sebagian orang juga berlangganan di platform streaming musik. Sehingga, mereka bisa menikmati lagu yang disukai.

Bahkan, saat ini platform streaming musik juga digunakan untuk menunjukan karya setiap orang. Ya, sehingga sekarang semua orang dapat mempublikasikan karya kalian.

Banyak sekali keunggulan dari platform streaming musik, loh. Kemudahan dan kepraktisan layanan streaming memungkinkan toko musik digital ini dikantongi siapapun yang memiliki ponsel.

Keunggulan lain layanan streaming adalah katalog luas, dari musisi dan band arus utama hingga album yang hanya didengarkan 1.000 kepala. Streaming kini jadi cara termutakhir menikmati rekaman musik.

Namun, tiap layanan streaming musik dan toko musik digital memiliki keunggulan berbeda dan spesialisasi. Beberapa nama yang tidak bisa ditemukan di Spotify akan kita temui di Apple Music. Sementara fitur lirik otomatis akan kita temui di Joox tapi tidak di kedua layanan tersebut.

Platform Streaming Musik Terbaik

Di Indonesia sendiri, banyak sekali platform lagu yang tersedia. Dari yang dapat Anda nikmati secara gratis, sampai berbayar untuk mendapatkan fitur keren lainnya pada platform tersebut. Bagi Anda para pecinta musik, berikut adalah beberapa pilihan platform streaming musik terbaik di Indonesia yang dapat Anda nikmati.

Spotify

Spotify, menjadi platform musik yang mungkin banyak sekali digunakan di Indonesia, bahkan Anda menjadii slaah satunya bukan?

Spotify merupakan platform streaming musik digital yang cenderung baru di Indoneia. Layanan streaming yang satu ini baru masuk ke Indonesia pada tahun 2016.

Spotify adalah salah satu platform streaming musik terbesar dan yang paling kuat saat ini. Banyak orang yang memilih Spotify sebagai teman mendengarkan musik sehari-hari baik secara gratis ataupun berlangganan.

Lagu-lagu yang tersedia juga sangat lengkap. Meski kualitas suaranya tak terbilang paling baik, Spotify memiliki keunggulan karena bisa memberikan akses gratis selama beberapa hari sebelum kamu memutuskan untuk berlangganan.

Platform Streaming Musik Terbaik
Platform Streaming Musik Terbaik (Sumber Gambar: Google)

Selain pengguna bisa mendengarkan langsung melalui halaman web, aplikasi Spotify bisa digunakan secara gratis dengan batasan tertentu dan selipan iklan.

Layanan Spotify versi premium bisa diakses menggunakan paket individu dan kelompok bulanan atau tahunan. Pada versi gratis, pengguna juga tidak bisa melewati lagu dalam daftar putar.

Pengguna juga tidak bisa memilih kualitas musik di 320. Pada layanan berbayar, pengguna bisa mendengarkan semua koleksi lagu yang ada. Aplikasi ini tersedia di platform Android, iOS, dan PlayStation, Windows (PC).

Sebagian besar orang menggunakannya untuk mendengarkan musik. Platform ini membuka pintunya lebar-lebar untuk para musisi baru. Mereka bisa mengunggah karya di sini. Jadi potensi untuk didengarkan jutaan orang ada dalam genggaman.

Baca Juga: Cara Paling Mudah Untuk Berlangganan HBO GO Indonesia

Musisi bisa bekerja sama music aggregator, perantara yang bermitra dengan platform-platform digital seperti Spotify. Nantinya, musisi akan diberi akses untuk mengetahui seberapa banyak pendengar musiknya dan hitungan royalti atas hal tersebut.

Joox

Platform streaming musik selanjutnya adalah joox. Pasti kalian juga tidak asingkan dengan layanan yang satu ini? Bahkan mungkin layanan yang satu ini telah Anda gunakan terlebih dahulu sebelum berlanggangan Spotify.

Dari segi kelengkapan lagu, mungkin Joox tidak lebih lengkap dari Spotify. Namun, layanan musik yang berasal dari tiongkok ini sangat tepat dipilih oleh Anda yang menyukai musik dalam negeri.

Platform Streaming Musik Terbaik
Platform Streaming Musik Terbaik (Sumber Gambar: Google)

Salah satu fitur khas Joox adalah ketersediaan lirik untuk setiap lagu, terutama karya musisi dan band lokal. Secara otomatis Joox akan mencari lirik lagu yang sedang diputar. Layanan premium Joox dimulai dari langganan per minggu, bulan hingga setahun penuh.

Joox menyediakan lagu secara gratis dan bisa diunduh secara offline melalui layanan VIP. Joox juga memiliki fitur “Joox Radio” untuk mengakses siaran-siaran radio yang sesuai selera.

Apple Music

Platform streaming musik selanjutnya adalah Apple Music. Ya, meskipun namanya Apple namun ternyata layanan ini tidak hanay digunakan oleh pengguna iOS saja, loh.

Sebab, layanan musik yang satu ini juga tersedia di PlayStore. Sehingga, pengguna Android juga dapat menikmatinya. Meskipun, bagi pengguna iOS akan lebih diuntunggkan.Sebab, akan terinytegrasi dengan iTunes, Siri, atau Apple Watch. Apple Music dapat digunakan berlangganan secara individu atau sama- sama.

Layanan Apple Music bisa dinikmati secara gratis selama tiga bulan pertama pemakaian. Lagu-lagu koleksi Apple Music bisa dimainkan dalam jaringan atau diunduh.

Apple Music juga menawarkan jutaan lagu yang menarik, bahkan lagu-lagu yang eksklusif. Selain itu, Apple Music juga menyuguhkan radio live yang dipandu oleh beberapa DJ dan musisi kenamaan, seperti Julie Adenuga dan James Blake.

Youtube Music

Platform streaming musik selanjutnya adalah Youtub Music. Bagi pengguna Android mungkin Anda akan lebih diuntungkan menggunakan layanan ini dibandingkan dengan menggunakan Apple Music.

Youtube Music langsung terintegrasi dengan berbagai layanan Google, salah satunya Google Assistant. Tetapi, Youtube Music juga bisa diakses oleh pengguna iOS dan web. Youtube Music pun menawarkan beberapa paket langganan yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

Baca Juga: Cara Berlangganan Disney Plus Telkomsel

Google Play Music

GooglePlay Music menjadi layanan platform streaming music selanjutnya. Sama dengan layanan streaming sebelumnya, Google Play Music dapat dinikmati dengan cara diunduh atau secara streaming.

Bahkan Google Play Music juga dapat dinikmati secara gratis. Namun, akan bagi Anda pengguna premium dapat mengakses lebih banyak lagu. Aplikasi ini hanya tersedia di platform Android. Google Play Music juga dikenal dengan memiliki salah satu musik terbesar.

Platform Streaming Musik Terbaik
Platform Streaming Musik Terbaik (Sumber Gambar: Google)

Pengguna juga bisa memilih berbagai stasiun radio berdasarkan genre, dekade, dll. Salah satu fitur unggulan Google Play Music premium adalah akses YouTube Red dan YouTube tanpa iklan.

Itulah beberapa layanan platform streaming musik gratis yang dapat Anda nikmati. Mengingat saat ini semuanya serba online, maka tidak heran jika saat ini para musisi juga memasarkannya secara online.

Meskipun bentuk fiisk karya seperti akset dan CD masih ada ada. Namun, penikmat musik juga lbih banyak yang menggunakan platform streaming musik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *