Skip to content

Pintu Mobil Terkunci Dari Dalam: Bagimana Cara Membukannya?

Jika hari sedang apes, maka ada saja hal- hal yang tidak terduga terjadi. Salah satunya mungkin terjadi pada kendaraan kita. Dimana, bisa saja pintu mobil terkunci dari dalam misalnya. Tentu, jika hal ini terjadi akan sangat meneybalkan bukan?

Apalagi jika kita sedang terburu- buru, maka dapat membuat seluruh hari kita menjadi badmood. Kejadian pintu mobil terkunci dari dalam mungkin akan kita sangat jarang kita alami, namun tetap saja hal ini bsia terjadi bukan?

Nah, apabila pintu mobil terkunci dari dalam, maka jangan panik. Sebab, ada beberapa cara loh untuk mengatasinya. Jadi, simak artikel ini sampai selsai ya. Berikut adalah tips mengenai apa yang harus dilakukan ketika pintu mobil terkunci dari dalam.

Cara Membuka Pintu Mobil Terkunci Dari Dalam

Jika pintu mobi terkunci dari dalam maka akibatnya, pintu mobil menjadi terkunci dari dalam sehingga mau tidak mau harus membobolnya sendiri. Ada beberapa cara yang dapat kita praktikkan untuk buka pintu mobil yang terkunci dari dalam.

Saat melakukan cara ini, kita harus ekstra sabar dan jangan panik. Tidak perlu buru-buru panggil tukang kunci, kita bisa kembali masuk ke dalam mobil. Saat pintu mobil terkunci, butuh trik khusus apabila seluruh jendela tertutup rapat tanpa celah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Terbaik Dalam Menghilangkan Debu!

Terlebih, teknologi central lock membuat kita tidak bisa lagi masuk lewat pintu tengah karena semuanya dikunci otomatis. Cara membuka pintu ini lebih mudah dilakukan pada sistem kunci konvensional daripada keyless.

Pintu Mobil Terkunci Dari Dalam
Pintu Mobil Terkunci Dari Dalam (Sumber Gambar: Google)

Menggunakan Penggaris

Cara membuka pintu mobil terkunci dari dalam yang pertama adalah dengan menggunakan penggaris. Ternyata dapat digunakan pula untuk membuka pintu mobil yang terkunci. Penggaris yang dipakai di sini menggunakan material besi karena jauh lebih kuat.

Karet pada kaca mobil sangat mudah sekali untuk dilepas dan dipasang kembali. Jadi, tidak perlu panik bila mengalami kerusakan. Pertama, masukkan penggaris ke bagian dalam celah kaca pintu kurang lebih 60 cm sampai 80 cm.

Cara penggunaannya dengan menyelipkan penggaris melalui karet pada kaca mobil. Karet ini sangat mudah untuk dilepas dan dipasang kembali, jadi Anda tidak perlu khawatir. Masukkan hingga cukup dalam sehingga terasa ada bagian panel kunci. Geser dan rasakan titik panel kunci dengan melihat pergerakannya di bagian tersebut.

Kemudian tekan handle pintu untuk mencari batang yang ketika ditekan penggaris akan naik turun layaknya pegas. Tekan bagian itu sambil menarik handle pintu mobil Anda. Terus lakukan cara ini berulang kali hingga berhasil.

Tangkai Besi

Cara membuka pintu mobil mobi terkunci dari dalam yang selanjutnya adalah menggunakan tangkai besi. Tangkai besi dengan ukuran panjang dapat digunakan untuk mendorong tombol kunci pada pintu mobil otomatis.

Cara penggunaannya hampir sama dengan penggaris. Untuk membuka kunci mobil otomatis, kamu dapat membuka sedikit celah pada bagian atas pintu kemudian menggunakan tangkai yang ukurannya panjang.

Anda dapat memasukkan tangkai ini di bagian celah pintu mobil di antara karet, lalu coba rasakan hingga Anda bisa menekan tombol kunci pintu otomatis. Tangkai atau besi ukuran panjang tersebut berfungsi untuk mendorong tombol kunci.

Buka sedikit pintu bagian atas supaya ada celah untuk memasukkan besi ke dalam. Setelah terbuka, ganjal dengan benda yang telah dipersiapkan, kemudian masukkan tongkat yang digunakan untuk menekan tombol.

Menggunakan Bola Tenis

Cara membuka pintu mobil mobi terkunci dari dalam yang selanjutnya adalah menggunajan bola tenis. Namun, jika dibandingkan dengan cara lain, cara yang satu ini lebih sulit. Dimana Anda perlu melubangi bola tersebut.

Pintu Mobil Terkunci Dari Dalam
Pintu Mobil Terkunci Dari Dalam (Sumber Gambar: Google)

Caranya dengan melubangi bola tenis terlebih dulu menggunakan obeng atau benda lain. Dimensi lubang tidak perlu terlalu besar, namun paling penting adalah cukup dalam. Setelah berlubang, arahkan untuk digunakan membuka kunci pintu.

Arahkan bagian bola tenis yang berlubang tadi tepat di depan lubang kunci yang ada di pintu. Tekan dengan sekuat tenaga bola tenis itu hingga gepeng memakai tangan. Pastikan udara dari dalam bola tenis menekan kuat ke lubang pintu.

Ulangi langkah tersebut lebih kuat jika masih gagal. Oh ya perlu diketahui bahwa cara kurang lazim ini hanya bisa dilakukan pada mobil dengan kunci konvensional. Artinya, masih ada lubang kunci di pintu mobil.

Bola tenis yang sudah dilubangi berfungsi sebagai pompa untuk mendorong udara di lubang kunci tadi.

Menggunakan Tali

Cara membuka pintu mobil terkunci dari dalam adalah menggunakan tali. Siapkan tali sepatu lalu buat simpul kecil yang ketat. Salah satu contohnya, Anda dapat menggunakan tali sepatu. Caranya adalah tali yang kuat dan tidak mudah putus saat diregangkan.

Anda dapat memasukkan tali melalui celah kecil di pinggir pintu. Terus geser hingga mencapai dalam mobil. Letakkan simpul itu ke kunci mobil, lalu tarik secara perlahan. Jangan sampai menariknya secara cepat karena dapat membuat tuasnya rusak.

Pintu Mobil Terkunci Dari Dalam
Pintu Mobil Terkunci Dari Dalam (Sumber Gambar: Google)

Menggunakan Obeng

Cara membuka pintu mobil terkunci dari dalam adalah dengan menggunakan obeng. Namun, Anda harus berhati-hati karena obeng dapat dengan mudah merusak interior dan eksterior mobil. Sebab cara ini sebenarnya ini sama saja seperti mencungkil pintu mobil Anda sendiri.

Sekarang Anda bisa membuka ruang di dalam kunci pintu mobil, lalu masukkan alat pencungkil. Caranya buat sedikit ruang dengan obeng untuk memasukkan pencungkil. Lalu, dorong pencungkil tersebut untuk menarik kunci dari dalam. Kemudian dorong pencungkil mobil tersebut agar kunci dapat tertarik dari dalam.

Baca Juga: Mobil Jarang Digunakan? Berikut 5 Tips Merawat Aki Agar Tetap Awet

Jadi itulah berbagai macam cara membuka pintu mobil terkunci dari dalam. Semoga Anda tidak perlu melakukan kesalahan menutup pintu mobil dengan kondisi kunci tertinggal di dalam agar tidak harus mencoba cara-cara di atas.

Lakukan ara tersebut dengan hati yang tenag ya, sehingga tidak akan merusak interior mobil. Namun, jika Anda takut berisiko merusak lebih baik panggil ahlinya untuk melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.