Persiapan Road Trip – Road trip atau perjalanan darat dapat menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan penat. Road trip sendiri identik dengan menggunakan kendaraan pribadi dan berpergian dengan orang terdekat serta tersayang. Sehingga, sebelum melakukan road trip perlu ada persiapan.

Sebab, road trp juga identik dengan meninggalkan zona nyaman. Sebab demi memperoleh pengalaman dan sensasi perjalanan yang berbeda dan anti mainstream, banyak orang yang rela meninggalkan kenyamanan naik pesawat atau kereta api untuk tiba di destinasi impian.

Sehingga, perlu sekali persiapan sebelum melakukan road trip. Sehingga, liburan dengan cara ini benar- benar membuat Anda senang. Tanpa persiapan mungkin road trip Anda akan menjadi boomerang. Dimana bukan senang yang di dapat, namun malah menyebalkan. Persiapan road trip tidak hanya mengenai fisik kalian. Namun, juga ada beberapa perlengkapan.

Persiapan Road Trip

Meskipun kebanyak orang melakuakan road trip untuk memperoleh pengalaman dan sensai perjalanan yang berbeda atau antimasinstream, kalian tidak boleh gegabah dan asal berangkat saja. Sama dengan liburan lainnya, road trip juga perlu persiapan dan perencanaa.

Sehingga, kalian dapat mengantisipasi hal- hal yang tidak diinginkan. Dimana dapat merusak mood kalian saat liburan. Selain pengalaman yang seru, alasan lain memilih untuk melakuakn road trip adalah mampu menghemat biaya.

Sehingga, perencanaan sangat diperlukan. Dengan perecanaan dan persiapan kalian juga dapat memastikan bahwa kalian tidak akan over biaya saat melakukan road trip. Jangan niat menghemat malah buyar, gagar- gara persiapan yang kurang matang. Jadi, berikut ulasan mengenai persiapan road trip yang perlu diketahui.

Persiapan Road Trip
Persiapan Road Trip (SumberGambar: Google)

Memilih Destinasi, Waktu, Dan Kegiatan

Persiapan road trip yang pertama akan kita bahas adalah mengenai tempat destinasi, waktunya kapan, dan juga kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Ya, tentu hal ini akan berhuungan dengan keuangan. Jadi, kalian harus benar- benar merencanakan.

Tidak hanya merencanakan temoatnya, namun pertimbangkan jarak destinasi juga. Sesuaikan jarak jauh dan dekatnya disesuaikan dengan kendaraan yang telah Anda tentukan. Pastikan, bahwa semua anggota yang mengikuti road trip telah menyetujui tempat destinasi yang akan dikunjungi.

Setelah itu, persiapan road trip yang lain adalah menentukan kegiatan apa saja yang akan kalian lakukan. Pastikan bahwa semua anggota road trip juga telah menyetujuinya. Sehingga, semuanya akan benar- benar menikmat road trip.

Baca Juga: Cara Mengganti Minyak Rem Motor: Waspadai Angin Palsu

Selain memilih destinasi, tips merencanakan road trip yang kamu juga harus perhatikan adalah menentukan tanggal perjalanan karena hal ini perlu disesuaikan dengan berbagai faktor seperti cuaca, atau hari-hari besar hingga libur nasional. Cuaca yang buruk bisa membahayakan perjalananmu. Sedangkan hari besar atau libur nasional akan membuat perjalanan dan tempat wisata lebih padat pengunjung.

Apabila Anda dan juga partner untuk road trip adalah seorang pekerja kantoran, perhatikan juga jadwal cuti dan peak season di kantormu. Road trip biasanya membutuhkan waktu yang lumayan panjang. Jangan sampai cutimu ditolak karena jadwal road trip yang berbenturan dengan deadline pekerjaan kantor.

Membuat Intinerary

Persiapan road trip yang selanjutnya adalah membuat intinerary. Ya, membuat intinerary atau gambaran kasar sebelum berangkat road trip sangatlah penting. Meskipun biasanya identik dengan backpaking namun tetap saja perlu ada perencanaan kasar.

Terlebih jika rute road trip yang akan kamu lakukan menempuh jarak yang gak dekat. Minimal, Anda harus membuat itinerary sederhana seperti jam berapa mulai perjalanan dari rumah, perkiraan waktu sampai ke destinasi akhir, kapan harus beristirahat, dan akan menginap dimana.

Tips persiapan road trip satu ini akan menjadi pedoman kamu agar road trip lebih terstruktur, dan tidak over budget. Jika perjalananmu cukup jauh, dan mengharuskan kamu untuk menginap terlebih dahulu, kamu bisa menggunakan Traveloka untuk mencari tempat penginapan terdekat. Sehingga waktumu tidak terbuang sia-sia hanya untuk mencari tempat penginapan untuk satu malam saja.

Persiapan Kendaraan

Persiapan road trip yang selanjutnya berhubungan dengan kendaraan yang akan kalian gunakan. Dimana, perlu dipastikan kondisi kendaraan yang akan digunakan. Pastikan bahwa kendaraan kalian siap untuk dibawa perjalanan jauh. Pastikan fungsi rem, oli, kopling, mesin, hingga aki kendaraan kamu berfungsi dengan baik. Jangan sampai ada kendala dalam perjalanan yang mengacaukan rencana road trip.

Persiapan Road Trip
Persiapan Road Trip (Sumber Gambar: Google)

Pastikan juga bahwa interior mobil juga nyaman untuk perjalanan jauh. Ac, kabin bersih, seatbelt berfungsi, dan lain sebagainya yang menunjang kenyamanan saat berkendara.

Surat-surat kendaraan pun juga sangat penting agar road trip tetap lancar. Siapkan surat-surat kendaraan di tempat yang mudah dijangkau sehingga dapat memudahkan jika ada pemeriksaan dan tidak akan bikin cemas saat melintasi pos polisi.

Mempersiapkan Obat- Obatan Dan Peralatan Liburan

Persiapan road trip yang tidak kalah penting adalah mepersiapakn obat- oabat. Sediakan obat- obatan di kotak P3K. Bawa obat- obat sebagi pertolongan pertama untuk hal- hal yang tidak dinginkan saat perjalanan.

Sebab, hal apapun yang tidak diinginkan dalam perjalanan dapat terjadi seperti sakit, pusing, mabuk di perjalanan, ataupun terluka. Kotak P3K dan obat-obatan wajib siap sedia di dalam kendaraan.

Persiapan Road Trip
Persiapan Road Trip (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, persiapan road trip yang alain adalah perlengkapan yang dibawa untuk liburan. Jangan sampai semuanya dibawa dan malah merepotakan. Misalnya kamera. Pilihlah kamera dan lensa yang paling tepat untuk digunakan. Sehingga, kalian tidak kerepotan membawanya dan pastikan perlatan yang kalian bawa memiliki nilai fungsi selama road trip.

Baca Juga: Tips Merawat Motor Harian Agar Motor Awet

Estimasi Biaya

Persiapan road trip yang terakhir adalah estimasi biaya atau budgeting. Ya, setelah membuat itinerary, kalian tentu juga harus mempunyai bayangan mengenai estimasi biaya yang nantinya akan kalian keluarkan selama road trip.

Mengingat, road trip dipilih dengan salah satunya untuk meghemat biaya, jangan sampai biaya yang kalian keluarkan malah membengakn dan tidak terkontrol.

Terlepas sebetulnya punya budget lebih, sebaiknya tetap punya perkiraan ongkos perjalanan ini agar dapat sekaligus belajar mengatur keuangan selama menempuh perjalanan.

Mislanya estimasikan dari biaya bensin, tol, akomodasi penginapan, destinasi wisata, dan yang lainnya. Perikan semua itu secara detail , ya. Persiap road trip diatas dapat dijadikan gambaran mengani hal- hal yang harus Anda rencanakan sebelum berangkat. Sehingga tujuan dari road trip tercapai. Yaitu membuat hati senang dengan biaya yang juga hemat dikantong.

Persiap road trip diatas dapat dijadikan gambaran mengani hal- hal yang harus Anda rencanakan sebelum berangkat. Sehingga tujuan dari road trip tercapai. Yaitu membuat hati senang dengan biaya yang juga hemat dikantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *