Selain untuk jarak dekat, mobil juga digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Bahkan mobil masih menjadi salah satu transportasi faforit untuk menempuh jarak jauh. Banyak alasan mengapa mobil masih menjadi pilihan untuk berkendara jarak jauh.

Namun, ada beberapa persiapan mobil sebelum perjalanan jauh. Hal ini wajib Anda lakukan sebagai usaha menciptakan kenyamanan dan kemanan berkendara jarak jauh. Jadi, tidak hanya fisik pengemudi maupun penumpang mobil yang harus dipersiapkan sebelum perjalanan jarak jauh.

Namun, mobil yang Anda gunakan juga perlu persiapan. Sehingga, saat perjalanan Anda akan merasa aaman dan nyaman. Selain itu, persiapan mobil sebelum perjalanan jauh juga untuk mencegah hal- hal yang tidak dinginkan dan menghambat perjalanan.

Persiapan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Persiapan mobil sebelum perjalanan jauh sangatlah penting. Ada beberapa yang harus dilakukan cek sebelum mobil berangkat. Hal ini digunakan untuk mencegah hal- hal yang kurang menyenagkan ditengah perjalanan yang menyenagkan.

Berikut adalah hal- hal yang harus dilakukan sebagai persiapan mobil sebelum perjalanan jauh.

Air Radiator

Persiapan mobil sebelum perjalanan jauh yang pertama adalah cek air radiator. Seperti yang kita ketahui bahwa radiator memiliki fungsi yang sangat penting. Pastikan bahwa air radiator telah terisi penuh sampai batas level sebelum berangkat.

Selain itu pastikan juga kondisi selang radiator. Apabila menemukan selang yang menggelembung atau retak ketika melakukan pengecekan mobil. Apabila menemukan selang radiator dengan kondisi tersebut maka segera ganti untuk menghindari selang pecah di tengah jalan. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Merk Mesin Steam Untuk Mencuci Motor & Mobil

Oli Mesin

Persiapan mobil sebelum perjalanan jauh yang selanjutnya adalah oli mesin. Pastikan bahwa volume oli cukup. Dimana oli yang kupu setidaknya berada di level garis antara tanda L dan F Bagaimana cara mengeceknya?

Persiapan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh
Persiapan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh (Sumber Gambar: Google)

Cara mengecek volume oli mesin adalah, dengan memeriksa level pada stik oli. Level oli harus berada di garis antara tanda L dan F, serta seharusnya sedikit di bawah garis level F. Jika kurang, tambahkan secukupnya. Pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli Auto Family masih cukup untuk jarak yang akan ditempuh.

Kondisi Filter dan Selang Bensin

Persiapan mobil sebelum perjalanan jauh yang ketiga adalah mastikan kondisi filter dan selang bensin. Anda harus memastikan bahwa selang bahan bakar tidak mengalami keretakan atau bahkan kebocoran. Selain memastikan selang bensin, pastikan juga filter dalam kondisi bersih. Mungkin, jika Anda melakukan servis penggantian filter secara rutin, maka bisa dipastikan bahwa filter dalam keadaan bersih.

Kipas Pendingin atau AC

Persiapan mobil sebelum perjalanan jauh yang selanjutnya adalah memastikan bahwa putaran kipas pendingin atau AC berjalan dengan baik. Hal, ini akan mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Untuk tahu apakah pendinginan mesin mobil oleh kipas mesin berjalan normal adalah, perhatikan jarum pointer penunjuk temperatur. Hal ini berlaku apabila kipas diputar motor listrik, kondisi motor listrik masih baik dan layak.
Jika melebihi garis tengah berarti mesin cukup panas namun masih aman. Tapi apabila melebihi dari setengah sebaiknya berhenti dan tunggu sampai mesin mobil dingin lalu periksa kondisi air pendingin dan kipas.

Namun, apabila kipas pendingin diputar oleh belt, maka Anda harus memeriksa kondisi fisik belt. Jika, Anda menemukan kondisi belt dalam keadaan retak-retak, maka Anda harus segera menggantinya. Cek juga ketegangan tension belt, agar putaran kipas dapat optimal.

Baterai Atau Aki Mobil

Persiapan mobil sebelum perjalanan jauh yang selanjutnya adalah baterai atau aki mobil. Pengecekan mobil di bagian ini bisa dengan memeriksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel.

Periksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel. Periksa pula level air aki. Jika kurang, tinggal tambahkan dengan air aki murni. Tapi ingat, hindari mengisi air aki dengan air zuur (H2S04) agar kualitas aki mobil tetap terjaga.

Persiapan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh
Persiapan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh (Sumber Gambar: Google)

Hal tersebut berguna untuk menghilangkan hambatan dan mencegah korsleting pada sistem kelistrikan mobil kamu. Periksa pula level air aki. Jika kurang, tinggal tambahkan dengan air aki murni. Tapi ingat, hindari mengisi air aki dengan air zuur (H2S04) agar kualitas aki mobil tetap terjaga.

Timing Belt

Persiapan mobil sebelum perjalanan jauh yang selanjutnya adalah timing belt. Penggantian timing belt berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer pada speedometer. Jika timing belt telah digunakan sejauh 50.000 km, sebaiknya segera ganti dengan yang baru meskipun belum terdapat kerusakan.

Rem Mobil

Persiapan mobil sebelum perjalanan jauh yang selanjutnya adalah rem. Rem merupakan bagian dari keselamatan. Sehingga, pastikan bahwa rem mobil dalam keadaan berfungsi dengan baik. Ya, rem merupakan alat keselamatan yang paling utama pada mobil.

Periksa level minyak rem. Jika berkurang dari batas level minimal, maka perlu dicurigai kemungkinan adanya kebocoran. Periksa sistem rem apakah terlihat ada kebocoran pada selang, dan master rem. Jangan lupakan juga untuk memeriksa apakah ada basah di bagian dalam velg, sebagai tanda kebocoran silinder roda. Pastikan sistem rem dapat bekerja dengan baik.

Saringan Udara

Persiapan mobil sebelum perjalanan jauh yang selanjutnya adalah saringan udara. Komponen ini berfungsi untuk memberikan udara yang bersih untuk disemprotkan di ruang pembakaran. Saringan udara sebaiknya dibersihkan sebelum menempuh perjalanan jauh. Pemakaian air filter berpatokan pada jarak tempuh yaitu sekitar 10.000 km.

Baca Juga: Baret Pada Pelek Motor dan Mobil: Tips & Trik Cara Menghilangkan

Ban Mobil

Persiapan mobil sebelum perjalanan jauh yang selanjutnya adalah ban mobil. Ban juga meempunyai perenan penting dalam menciptakan keamanan. Jadi, pastikan bahwa ban dalm kondisi baik untuk perjalanan jauh. Anda juga dapat membawa ban cadangan.

Cek kondisi fisik dan tekanan angin pada ban. Tekanan ban mobil normalnya sekitar 30-34 psi. Ban jika tidak dilakukan pengecekan dapat membahayakan Anda dan orang yang ada di dalam mobil

Lampu

Persiapan mobil sebelum perjalanan jauh yang selanjutnya adalah lampu. Komponen ini akan snagat penting terutama ketika melakukan perjalanan di malam hari. Namun, tidak berarti ketika Anda melakukan perjalanan di siang hari, mengecek kondisi lampu tidak lah penting.

Persiapan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh
Persiapan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh (Sumber Gambar: Google)

Lampu harus tetep dipastikan berfungsi dengan baik, baik ketika Anda akan berkendara pada malam maupun siang hari. Jadi pastikan semua lampu dapat berfungsi dan menyala dengan normal. Apabila ada lampu yang mati, sebaiknya segera diganti.

Wipper

Persiapan mobil sebelum perjalanan jauh yang selanjutnya adalah wipper. Sama dengan lampu, wipper juga tidak akan digunakan terus menurus selama perjalanan. Ini sangat berguna sekali bila berkendara di musim hujan. Pastikan wipper kaca mobil dapat berfungsi dengan normal.

Namun, meskipun bukan musim hujan pastikan pula bahwa wipper tetap berfungsi dengan baik dan normal.

Baca Juga: 4 Fakta dan Mitos Tentang Oli Mesin

Itulah sebelas persiapan mobil sebelum perjalanan jauh yang harus Anda cek dan memastikan bahwa komponen tersebut telah berfungsi dengan baik. Sebab hal itu akan berpengaruh pada kemanan dan keselamatan saat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *