Salah satu tradisi di Indonesia yang ada setiap tahunnya. Mobil menjadi alat transportasi yang masih banyak digunakan untuk mudik. Untuk itu, persiapan mobil sebelum mudik agar nyaman dan aman sangat diperlukan.

Selain fisik pengemudi mobil dan penumpang mobil, fisik mobil juga perlu dipersiapkan. Beberapa hari sebelum berangkat ada baiknya jika Anda telah memastikan perfoma mobil memungkinkan untuk di ajak untuk mudik. Terlebih jika harus menempuh perjalanan yang cukup panjang.

Anda harus tetap memeriksa mobil sebelum digunakan untuk mudik, meskipun mobil telah Anda gunakan untuk kegiatan sehari- hari. Sebab, mobil nantinya akan diajak untuk menempuh jarak jauh. Jadi, pastikan performanya dan kenyamanan serta keselamatan telah Anda pastikan.

Sehingga Anda dapat sampai ketempat tujuan mudik dengan aman. Lalu apa saja persiapan mobil sebelum mudik agar terasa nyaman dan aman? Berikut ulasan mengenai persiapan mobil sebelum mudik.

Persiapan Mobil Sebelum Mudik

Saat persiapan mobil sebelum mudik tidak hanya pada bagian mesin namun juga bagian interior mobil juga perlu diperhatikan. Sebab, Anda akan berada di dalam mobil dalam waktu yang cukup lama. Sehingga, bagian interior juga perlu diperhatikan. Jadi, apa saja yang yang harus di lakukan saat persiapan mobil sebelum mudik?

Mengecek Keseluruhan Mesin

Persiapan mobil sebelum mudik yang pertama adalah memastikan bahwa semua bagian mesin mobil siap untuk diajak menempuh perjalanan yang cukup jauh. Anda dapat membawanya ke mekanik untuk memastikannya. Bersikanlah bagian karburator, penyetelan klep, busi, serta mengganti oli.

Persiapan Mobil Sebelum Mudik
Persiapan Mobil Sebelum Mudik (Sumber Gambar: Google)

Apabila ingin meningkatkan tenaga motor maka Anda dapat meminta mekanik untuk melakukan penyetelan karburator. Selain itu, saluran bahan bakar ke ruang bakar juga harus diperiksa, terutama bila ring piston sudah ada gejala aus agar segera diganti. Selain itu busi jangan lupa diganti agar pengapian semakin sempurna.

Mengecek Ban Mobil

Persiapan mobil sebelum mudik yang selanjutnya adalah memastikan ban mobil dapat diajak untuk mudik. Ya, komponen ini berhubungan dengan keamanan saat Anda mudik. Ban yang kondisinya sudah tak layak pakai akan mengalami penurunan daya cengkeram terhadap jalan. Kondisi ban seperti ini sangat berbahaya apalagi jika berkendara dalam keadaan hujan.

Biasanya ban seperti ini cirinya adalah ban terlihat tipis dan sudag gundul. Jadi, lebih baik Anda menggangtinya terlebih dahulu sebelum mudik. Sehingga, Anda akan nyaman saat perjalanan.

Persiapan Mobil Sebelum Mudik
Persiapan Mobil Sebelum Mudik (Sumber Gambar: Google)

Kondisi ban seperti ini jika tetap dipaksakan berjalan berpotensi mengalami pecah ban. Segera beli ban baru jika kondisinya sudah seperti ini. Selain itu, pastikan ban tidak bocor halus. Sebab, ini akan menyusahkan Anda di jalan.
Patikan pula mobil tidak ada bagian yang mengelembung. Sebab ban ini dapat meletus di tengah jalan saat Anda mudik. Sama dengan kondisi ban yang halus, ada baiknya Anda ganti ban jika kondisinya sudah seperti ini.

Pastikan ban dalam dan ban luar dalam kondisi prima untuk mudik, yaa. Selanjutnya, jangan lupa untuk menambahkan angin pada ban. Sebab hal ini dapat mencegah ban pecah secara tiba-tiba di tengah perjalanan mudik Anda, membuat jarak pengereman yang lebih baik, menciptakan kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi ataupun tikungan, daya tahan ban yang lebih baik, dan juga dapat menghemat bahan bakar.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Merk Mesin Steam Untuk Mencuci Motor & Mobil

Rem dan Kaki- Kaki Mobil

Persiapan mobil sebelum mudik yang selanjutnya adalah memeriksa rem dan kaki- kaki mobil. Sma dengan ban, bagian ini juga merupakan bagian dari keamanan saat berkendara, apalagi untuk diajk mudik.

Jadi, pastikan bahwa kaki- kaki mobil dalam kondisi baik untuk menopang mobil untuk perjalanan jauh seperti mudik. Lakukan pemeriksaan komponen kaki-kaki, mulai dari pelek, rantai dan gir, ban, hingga bearing roda. Pastikan komponen tersebut dalam kondisi baik.

Persiapan Mobil Sebelum Mudik
Persiapan Mobil Sebelum Mudik (Sumber Gambar: Google)

Setelah itu periksalah bagian rem. Pastikan bahwa rem cukup pakem untuk memberhentikan mobil. Kampas rem biasanya tak harus selalu diganti dengan yang baru. Cukup dibersihkan dari kotoran dan pastikan ketebalannya masih layak pakai. Tapi jika dirasa sudah tidak nyaman sebaiknya segera ganti yang baru.

Selain itu periksa bagian kopling. Jadi, minyak kopling pun tidak oleh diabaikan dari pengecekan karena apabila minyak kopling bocor, mobil juga tidak akan memiliki tekanan yang cukup untuk mengaplikasikan kopling dan memindahkan gigi transmisi.

Periksa bagian kaki- kaki mobil dan rem jauh- jauh hari. Sehingga, jika ada masalah Anda masih memiliki waktu untuk memperbaikinnya.

Air Radiator Dan Kelistrikan

Persiapan mobil sebelum mudik yang selanjutnya adalah air radiator dan kelistrikan. Periksa kondisi air di radiator mobil. Jika perlu kuras radiator dan ganti dengan air yang baru, apabila hal ini perlu dilakukan untuk menambah cairan pendingin radiator untuk performa yang lebih maksimal.

Selanjutnya periksalah bagian kelistrikan. Sangat penting melakukan pengecekan kelistrikan sebelum melakukan perjalanan mudik. Sebab, kita dapat mengetahui besarnya arus yang masuk. Sehingga ada atau tidaknya kebocoran arus yang dapat membuat aki tidak dapat menyimpan listrik dalam waktu yang lama.

Maka air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan karena jika kering akan merusak komponen lain di dalam kendaraan dan pastinya akan mengganggu perjalanan mudik Anda.

Lampu dan Wiper Mobil

Persiapan mobil sebelum mudik yang selanjutnya adalah lampu dan wiper mobil. Pastikan bahwa komponen ini berfungsi. Lampu sangat penting ketika Anda melakukan perjalanan di malam hari. Dimana lampu digunakan untuk penerangan.

Persiapan Mobil Sebelum Mudik
Persiapan Mobil Sebelum Mudik (Sumber Gambar: Google)

Namun, meskipun mudik kalian di lakukan pada siang hari, Anda juga tidak dapat menyepelekan lampu mobil. Sebab, lampu mobil juga punya fungsi sebagai tanda selain sebagai penerangan. Periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlamnya.

Baca Juga: Baret Pada Pelek Motor dan Mobil: Tips & Trik Cara Menghilangkan

Selain itu pastikan wiper mobil juga berfungsi. Baik itu Anda mudik di musim penghujan atau buka, pastikan komponen yang satu ini berfungsi normal.

Itulah komponen mobil yang perlu Anda pastikan sebelum mudik. Ada bagian interior juga yang harus Anda pastikan kenyamanannya. Seperti jok mobil yang nyaman dan keadaan kabin mobil yang bersih. Lakukan pengecekan fisik mobil sebelum mudik. Hal ini juga sebagai bentuk menwujudkan keamanan saat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *