Perlengkapan Mobil – Mobil merupakan alat transportasi yang sering digunakan oleh orang Indonesia. Kendaraan ini digunakan baik untuk menempuh jarak dekat maupun jauh. Begitu seringnya digunakan, Anda perlu memperhatikan perlengkapan mobil yang perlu selalu dibawa. Hal ini digunakan ketika hal yang tidakAnda inginkan sewaktu- waktu terjadi. Perlengkapan tersebut tidak hanay berkaitan dengan mobil Anda namun juga berkaitan dengan Anda sebagai pengguna mobil tersebut.

Kira- kira apa saja perlengkapan mobil yang penting untuk sellau dibawa? Berikut 5 perlengkapan mobil yang hasrus selalu Anda bawa saat berkendara.

Baca Juga: Penyebab Mobil Terbakar Saat Dikemudikan: 5 Hal Yang Dapat Memicu

Perlengkapan Mobil Yang Harus Selalu Dibawa

Bagi Anda yang selalu menggunakan mobil dalam aktivitas harian, baik untuk aktivitas jarak dekat maupun untuk jarak jauh sangat penting untuk selalu membawa beberapa perlengkapan berikut agar dapat membantu Anda saat kendaraan mengalami masalah di jalan, seperti mogok, ban bocor, dan sebagainya.

Pentingnya perlengkapan yang harus ada disetiap mobil bahakna telah diatur dalam Undang- Undang. Peraturan mengenai peralatan darurat yang wajib dibawa di mobil tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) pasal 57 ayat 3. Dalam peraturan tersebut, tercantum bahwa kendaraan bermotor harus membawa adalah sabuk keselamatan, segitiga pengaman, pembuka roda, ban cadangan, dongkrak, peralatan pertolongan pertama kecelakaan lalu lintas, dan helm dan rompi pemantul cahaya bagi pengemudi kendaraan bermotor roda empat atau lebih

Dalam peraturan tersebut juga disebutkan sanksi bagi pelanggar. Hal tersebut tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) pasal 278. Dalam pasal tersebut, dijelaskan bahwa setiap orang yang mengemudi kendaraan roda empat atau lebih yang tidak dilengkapi dengan barang-barang yang telah disebutkan diatas akan dipidana kurrungan paling lama satu bulan atau denda Rp 250 ribu.

Selain perlengkapan yang sudah disebutkan dalam peraturan tersebut, masih ada beberapa perlengkapan yang perlu Anda simpan di dalam mobil Anda. Perlengkapan tersebut adalah sebagai berikut.

Ban Cadangan, Kunci Roda, dan Dongkrak

Perlengkapan lainnya yang perlu Anda simpan di dalam mobil Anda adalah ban cadangan. kunci roda, dan dongkrak. Hal ini merupakan satu paket. Dimana ketiga alat ini akan salaing dibutuhkan ketika Anda harus menganti ban Anda. Dahulu ada peraturan Undang- undang yang mengatur tentang wajib membawa ban cadangan. Namun saat ini dengan adanya teknologi Run Flat Tyre, pemerintah mengizinkan mobil tak lagi dibekali oleh ban serep.

Namun tidak ada salahnya Anda tetap menyediakan ban cadangan. kunci roda, dan dongkrak. Sehingga, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan Anda akan mampu mengatasinya. Hal ini juga termasuk bentuk antisipasi Anda untuk kejadian yang tidak diinginkan. Pastikan, roda cadangan ini dalam keadaan baik dan prima. Hal ini yang kerap luput dari pemilik kendaraan.

Kabel Jumper

Perlengkapan mobil selanjutnya yang bisa Anda selalu siapakan di mobil adalah kabel jumper. Kabel jumper sendiri berfungsi seperti powerbak untuk aki yang soak. Jadi, alat ini akan berguna saat mobil dalam kondisi mogok yang disebabkan aki mobil yang sudah soak. Dengan kabel jumper, Anda bisa menyalakan aki yang sudah mati agar mobil bisa kembali berjalan ke bengkel terdekat untuk mengganti aki baru.

Saat ini, kabel jumper sudah semakin modern. Dimana sudah tersedia dalam bentuk semacam poerbank. Sehingga Anda hanya membutuhkan kabelnya. Berbeda dengan zaman dahulu, dimana Anda membutuhkan bantuan dari mobil lain untuk membantu menyalakan aki mobil. Saat ini, Anda tidak perlu panik apabila aki mobil tiba-tiba mati di jalan dan tidak ada mobil lain yang lewat.

Baca Juga: Cara Mencuci Mobil di Rumah Dengan Hasil Seperti di Carwash

Alat Pemecah Kaca dan Alat Pemadam Api Ringan

Perlengkapan selanjutnya yang perlu Anda siman di dalam mobil adalah alat pemecah kaca. Alat pemecah kaca wajib ada di dalam mobil, dan harus ditempatkan di dalam mobil dan terjangkau. Apabila saat Anda mengemudikan mobil dan terjadi hal yang tidak diinginkan, pengemudi dapat memecahkan kaca mobil. Namun, perlu diperhatikan juga penyimpanannya harus diletakkan aman. Sebab jika tidak disimpan dengan benar dapat menjadi boomerang dan melukai penghuni kabin. Selain itu, pengemudi perlu membawa Alat Pemadam Api Ringan (APAR) saat bepergian untuk mengantisipasi korslet yang bisa menyebabkan mobil terbakar.

Peralatan P3K

Perlengkapan Mobil
Perlengkapan Mobil (Sumber Gambar: Google)

Perlengkapan selanjutnya adalah perlengkapan untuk pengemudi juga yaitu peralayan P3K. Perlengkapan yang satu ini juga telah diaturdalam peraturan Undang- Undang. Yaitu UU No. 22 Tahun 2009 yang menyebutkan bahwa P3K merupakan perlengkapan yang wajib ada dalam mobil. Sehingga perlengkapan P3K wajib ada dalam mobil Anda.

Jangan keluarkan peralatan P3K dari dalam mobil. Perlengkapan P3K yang dimaksud antara lain kapas, peniti, pinset, kasa gulung, kasa steril, cairan antiseptic, gunting, parasetamol, plester rolls, tissue antiseptic, sarung tangan, senter, selimut ringkas, dan kompres instan. Selain itu, usahakan isi kotak P3K dengan peralatan lengkap seperti lampu, peralatan serbaguna, korek api, lilin, makanan instan, air, pemotong seat belt, pemecah kaca, reflective triangle (segitiga penanda ada mobil berhenti), hingga selimut. Peralatan tersebut akan membantu Anda apabila mengalami keadaan darurat. Perlengkapan ini akan sangat berguna jika Anda atau penumpang dalam mobil merasa sakit atau menjadi pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan.

Perlengkapan Pelindung Diri

Bagi Anda yang wanita dan sering menyetir sendiri perlengkapan yang satu ini juga harus And simpan di mobil. Perlengkapan tersebut adalah alat kejut listrik dan pepper spray. Alat kejut listrik dan pepper spray dapat digunakan untuk membela diri saat ada ancaman dari orang lain. Hal ini perlu dibawa yang menggunakan kendaraan roda empat, untuk mobilitas sehari-hari. Bila perlu, kamu juga memasang dashcam di dashboard, yang bisa merekam setiap aktivitas di jalanan yang dilalui mobil.

Itulah perlengkapan mobil yang perlu selalu tersedia di mobil Anda. Tidak semuanya untuk keperluan ketika terjadi mesin mogok ataupun lainnya. Namun, ada juga perlengkapan yang perlu disediakn untuk keamanan pengemudi mobil. Selain deretan peralatan yang wajib tersebut, Anda juga bisa membekali mobil dengan peralatan tambahan seperti tisu, handuk, kertas, pensil, payung, uang cadangan, tas serbaguna, baju ganti, dan kabel-kabel USB. Namun, perlengkapan ini bersifat opsional atau tambahan.

Baca Juga: Alasan Knalpot Mobil Mengeluarkan Air dan Asap, Apakah Normal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *