Agar dapat percaya diri untuk mengemudi bagi pemula sangatlah sulit. Ya, tidak semudah untuk membalikan tangan jika kata pribahasa. Memang nyatanya dibutuhkan kebereanian dan percaya diri untuk melakukan itu. Apalagi untuk mengemudi jalan raya besar. Namun, dilain sisi kita juga perlu ingat bahwa segala sesuatu yang profesional dimulai dari amatiran. Termasuk dalam hal mengemudikan mobil.

Jadi, berikut adalah tips bagi Anda para pengemudi pemula untuk dapat percaya diri menyertir di jalan raya.

Tips Percaya Diri Untuk Mengemudi Bagi Pemula

Siapa yang sudah sering ikut les menyetir namun masih kurang percaya diri atau ragu saat harus mulai berkendara di jalan raya? Ya, itu adalah perasaan yang normal. Ketakutan terbesar yang dialami oleh pengemudi mobil pemula adalah jalan raya. Selain itu takut untuk melewati jalan tol karena rata-rata kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Ada juga yang takut dengan cuaca buruk serta saat parkir paralel.

Untuk itu lewat artikel ini kami akan mengulas mengenai tips agar percaya diri untuk mengemudi bagi pemula. Sehingga, pengemudi pemula dapat mencoba mengemudikan mobil tanpa ragu.

Menentukan Waktu

Tips yang pertama untuk percaya diri mengumudi bagi pemula adalah dengan mencari waktu yang tepat. Lalu, kapan waktu yang tepat itu? Waktu yang tepat adalah ketika jalanan sepi. Jangan melakukan latihan saat jalanan ramai seperti jam berangkat dan pulang kerja atau bahkan makan siang. Dengan sedikitnya jumlah volume kendaraan yang ada di jalan raya akan membantu sedikit mengurangi rasa deg- degan menabrak atau menghabat lalu lintas sekitar Anda mengemudi.

Anda dapat memulai menyetir di jalan raya saat ba’da shalat subuh hingga terbit matahari. Selain itu perhatikan kecepatan mobil Anda. Menyetirlah secara perlahan-lahan tingkat kepadatan terus bertambah, sehingga baik untuk latihan. Asal jangan sampai terjebak di jam-jam sibuk ya. Bisa musibah juga. hehe, kalau memang ragu-ragu banget menepi aja tunggu sepi lagi. Daripada daripada kan.

Mengemudi Di Pinggir Jalan

Agar timbul rasa aman, selain memilih waktu yang tepat, Anda juga perlu memilih jalur yang tepat. Gunakanlah jalan bagian tepi untuk melajukan mobil Anda. Jika bertujuan agar terbiasa di jalan raya, di sarankan coba aja di jalanan raya bawa di pinggir-pinggir aja. Insya Allah minim resiko, dan bisa nambah jam terbang Selain itu, pengemudi pemula belum dapat mengendalikan mobil dengan kecepatan normal, maka ada baiknya jika Anda melaju di tepi jalan.

Baca Juga: Tips & Trik: Mencegah Tangan Belang Setelah Naik Sepeda Motor

Sehingga, laju mobil Anda tidak akan mengganggu laju mobil disekitar Anda. Selain itu, Anda juga tidak akan panik karena diklakson oleh pengemudi lain karena menghalangi laju mereka. Hal ini juga digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri untuk mengemudi bagi pemula.

Percaya Diri Untuk Mengemudi Bagi Pemula
Percaya Diri Untuk Mengemudi Bagi Pemula (Sumber Gambar: Google)

Memberi Tanda “Masih Belajar”

Tanda ini tidak digunakan saat Anda benar- benar baru belajar. Untuk pengemudi pemula yang baru saja selesai pelatihan mengemudi juga dapat menggunakannnya. Tanda ini memberikan pengertian kepada pengemudi disekitar Anda. Sehingga akan ada kemakluman apabila ada kesalahan kecil. Jadi, jangan langsung lepas tulisan “Sedanag atau masih belajar” setelah kurus mobil Anda selesai. Sebab, hal ini masih Anda butuhkan ketika awal- awal benar benar terjun ke jalan raya setlah latihan. Selain dengan tulisan Anda juga dapat menggunakan hazard saat ada kejadian panik. Semoga dimaklumi sehingga tidak jadi perhatian atau celaan kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Ada 10 Fungsi Lampu Mobil Yang Berbeda Yang Perlu Di Ketahui!

Niat Dan Motivasi Yang Kuat

Hal selanjutnya yang dibutuhkan pemula agar percaya diri untuk mengemudi bagi pemula adalah niat dan motivasi yang kuat. Teanagkan fikiran sebelum mengemudi mobil dan fikirkan apa tujuan Anda dapat mengemudikan mobil sendiri. Buang fikiran negatif dan tarik nafas. Hal itu juga akan membantu mengsugestikan diri Anda untuk mengemudikan dengan tenanng dan baik. Jangan gugup dan terburu- buru agar tidak kelepasan menarik pedal gas. Jadi, gunakan motivasi untuk memberanikan diri Anda berani mengemudikan mobil.

Jangan Menyetir Sendiri

Selanjutnya, Anda dapat meminta bantuan terhadap teman atau saudara Anda yang juga bis menyetir untuk menemani Anda. Hal ini juga kan menimbulkan rasa tenang ketika Anda mencoba untuk mengemudikan mobil di jalan raya untuk pertama kalinya. Jadi, coba ajak orang untuk membantu Anda menemenami saat menyetir.

Terus Berlatih

Teruslah berlatih, karena dengan berlatih kita dapat mengetahui letak keurangan kita. Sehingga kita dapat belajar dari kekurangan tersebut. Selain banyak berlatih pula maka, kita akan dapat merasakan cara pas dalam mengendalikan stir mobil dan komponen lainnya. Terusalh berlatih, sehingga seiring bertambahnya waktu mengemudi Anda pasti lama- lama kan semakin mahir dalam mengemudi.

Selain itu, terus tambah tantangan dalam setiap latiha. Misalnya rute jalan yang dilalui. Lakukan peningkatan pada jalan yang dilalui. Misalnya jalan berbelok, jalan menanjak dan semakin lama pada akhirnya dapat melaju di jalan tol. Sehingga, Anda juga perlu beraltih dalam hal kecepata. Ya, semakin banyak belajar, maka kemampuan akan semakin meningkat.

Mahir mengemudikan mobil menjadi impian banyak orang, terutama mereka yang akan atau baru saja membeli kendaraan. Namun terkadang rasa tidak percaya diri menghantui para pengemudi mobil pemula setelah mereka dinyatakan lulus dari sekolah mengemudi. Meski Surat Izin Mengemudi (SIM) sudah didapat, tetapi tetap saja ada rasa ragu untuk mengemudikan mobil sendirian. Banyak faktor yang membuat pengemudi mobil pemula kurang percaya diri menyetir sendirian di jalan raya. Mulai dari takut menabrak hingga belum bisa fokus.

Baca Juga: 6 Penyebab Utama Mengapa Sepeda Motor Mendadak Jadi Boros Bensin

Dalam hal ini, melakukan juga tidak semudah dalam bicara. Maka, Anda harus meluai dengan niat yang kuatdan baik agar dimudahkan dalam belajar mengemudi. Selain itu, utamakan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai mengemudi. Perhatikan kondisi cuaca juga, sehingga akan memudahkan Anda sebagai pengemudi pemula. Jangan cepat panik apabila ada hal yang diluar dugaan. Itulah sedikit tips bagi pengemudi pemula yang dapat dicoba. Teruslah berlatih dan tambah jam terbang belajar mengemudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *