Perawatan Motor Gede: Apa Bedanya dengan Perawatan Motor Lain?

Tidak jarang dimana memiliki sepeda motor bukan hanya digunakan untuk sehari- hari namun juga untuk hoby. Ya, salah satu yang biasanya untuk koleksi adalah motor gede. Biasanya orang membeli motor ini juga untuk dikoleksi, maka tidak heran jika memiliki banyak motor jenis ini dirumah.

Memiliki motor gede atau moge memang akan sangat membanggakan dan menyenangkan, terutama bagi yang menggemarinya. Untuk itu, jangan sampai lupa untuk melakukan perawatan motor gede miliki kalian ya, guys.

Sehingga, ketika motor akan digunakan performanya akan tetap maksimal meskipun jarang digunakan.

Perawatan Motor Gede

Agar motor gede yang kalian miliki selau memiliki performa yang maksimal dan juga memiliki usia pakai yang panjang, maka kalian tentu tidak boleh melupakan perawatan. Dimana, perawatan motor gede ternyata berbeda loh dengan merawat motor jenis lainnya seperti motor matik dan bebek.

Nah, bagi Anda yang memiliki motor gede, maka wajib tahu apa perbedaannya dengan motor biasa. Sehingga, Anda dapat memberikan perawatan yang sesuai untuk motor kesayangan Anda.

Berikut telah kami rangkumkan untuk Anda mengenai tips dalam melakukan perawatan motor gede. Sehingga, Anda dapat melakukannya secara maksimal.

Baca Juga: Tips Merawat Motor Injeksi: Wajib Untuk Diketahui!

Mengingat perawatan motor gede sangat berbeda dengan jenis roda dua lainnya. Agar kalian tidak salah dalam melakukan perawatan coba simak beberapa tips sederhana di bawah ini.

Jadi langsung saja, inilah perawatan motor gede untuk Anda selengkapnya. Selamat membaca!

Mengendarai Secara Berkala

Mengendarai secara berkala merupakan tips pertama dalam perawatan motor gede. Mengingat biasanya motor gede dimiliki untuk hobi dan biasanya lebih dari satu maka untuk intensitas penggunaannya juga tidak akan sesering motor harian.

Bahkan terkadang motor gede hanya digunakan pada moment tertentu, misalnya saat touring. Nah, karena motor akan jarang digunakan maka ada hal yang harus Anda perhatikan. Sebab, meskipun motor jarang digunakan, bukan berarti akan baik- baik saja ya.

Malah motor yang jarang digunakan akan rentan akan kerusakan. Untuk itu dalam perawatan motor gede Anda harus mengedarainya secara berkala.

Karena jarang sekali dikendarai di jalan raya, motor gede akan sering sekali terjadi masalah pada mesinnya. Apalagi kendaraan ini hanya dipakai seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali. Untuk menghindari adanya kerusakan atau kemacetan bagian tertentu, ada baiknya dipakai setiap hari.

Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh. Pakai saja kendaraan tersebut untuk melakukan perjalanan selama 5-10 menit. Selanjutnya Anda dapat kembali ke rumah untuk memarkir motor gede. Dengan melakukan ini risiko terjadi kerusakan akan kecil.

Perawatan Motor Gede
Perawatan Motor Gede (Sumber Gambar: Google)

Melakukan Pemanasan Mesin Setiap Hari

Perawatan motor gede yang selanjutnya adalah melakukan pemanasan mesin setiap hari. Masih saling berkaitan dengan tips perawatan motor gede yang sebelumnya, dimana tidak cukup menggunakanya secara berkala, Anda juga harus memanaskan motor setiap hari.

Pemanasan ini dilakukan agar kinerja dari kendaraan tetap terjaga dengan baik. Jadi, tidak akan ada bagian yang macet. Pemanasan ini harus dilakukan secara rutin paling tidak sehari sekali. Namun ada baiknya jika setiap hari, ya.

Jika Anda tidak dapat melakukannya , maka tidak ada salahnya untuk meminta bantuan pada orang yang ada di rumah. Pemanasan akan membuat seluruh sistem bekerja dan berjalan dengan baik jika sewaktu-waktu digunakan.

Dengan melakukan ini selama beberapa menit kamu sama saja mengendarainya di luar karena mesin dan seluruh komponennya bekerja.

Ganti Oli Secara Rutin

Tips perawatan motor gede yang selanjutnya adalah mengganti oli secara rutin. Seperti motor pada umumnya, oli juga merupakan komponen penting dalam sebuah motor gede. Untuk menjaga ketahanan serta kualitas motor gede, gantilah oli motor secara teratur.

Penggantian oli harus dilakukan setelah melakukan perjalanan sekitar 10.000 km. Selain itu, jika oli sudah digunakan selama 6 bulan Anda juga dapat menggantinya. Lakukan secara berkala tidak perlu buat semacam pengingat.

Jenis oli yang digunakan juga harus sesuai dengan jenis mesin yang terpakai. Kalau aki motor gede memiliki jenis mesin yang bervariasi. Pilih variasi oli yang sesuai dengan standar sehingga fungsi dari mesin bisa berjalan dengan baik. Perlindungan dari gesekan juga semakin maksimal.

Perawatan Motor Gede
Perawatan Motor Gede (Sumber Gambar: Google)

Periksa Bagian Kelistrikan

Perawatan motor gede yang selanjutnya adalah memeriksa bagian kelistrikan. Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan dalam merawat motor gede yaitu mengecek bagian kelistrikan motor terutama accu.

Accu memiliki peranan penting untuk mendukung performa motor gede. Accu yang baik akan memudahkan rider dalam memaksimalkan motor. Maka dari itu, jika Anda menemukan accu lemah, segera isi air accu. Isi ulang juga listrik motor selama kurang lebih 2,5 jam.

Apabila umur accu sudah tua, gantilah dengan yang baru. Selain itu perhatikan juga lampu pada kendaraan saat dinyalakan. Apabila terlihat agak redup berarti ada masalah yang terjadi.

Sakitnya cek bagian dari motor apakah ada yang tidak bisa menyala. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kerusakan pada jaringan listrik kendaraan. Apabila ada yang bermasalah Anda bisa langsung mencari tahu dan melakukan servis.

Perawatan Motor Gede
Perawatan Motor Gede (Sumber Gambar: Google)

Melakukan Pemeriksaan Rutin

Perawatan motor gede yang terakhir adalah rajin melakukan pemeriksaan rutin. Pemeriksaan rutin ini ada yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah, loh. Misalnya mengecek kondisi rantai, ban motor, dan juga kebersihan motor.

Pastika hal- hal tersebut secara berkala. Nah, selain itu Anda dapat membawa motor motor gede Anda ke bengkel resmi. Dengan melakukan hal tersebut, motor bisa langsung diperiksa dengan baik dan dicek bagian mana saja yang mengalami gangguan.

Baca Juga: Perawatan Motor Listrik: Tips Mudah Agar Kendaraan Tetap Prima

Dengan melakukannya, Anda dapat dengan mudah mencegah terjadinya kerusakan yang besar dan menyebabkan fungsi kendaraan jadi menurun.

Itulah tips perawatan motor gede yang perlu Anda perhatikan. Ingat, meskipun jarang digunakan namun tetap pastikan, ya. Jika Anda tetap melakukan cek rutin untuk memastikan komponen motor baik- baik saja.