Perawatan harian mobil mungkin sering dilewatkan oleh banyak orang. Ya, padahal perawatan harian mobil juga tidak kalah penting loh dengan perawatan lainnya. Jadi, meskipun terlihat simple tapi jangan sampai dilewatkan.

Apabila Anda rajin dalam melakuakan perawatan harian, hal ini dapat memeperkecil pengeluaran saat servis rutin. Perawatan harian mobil biasanya dilakuakn di pagi hari. Dimana mobil akan mulai digunakan untuk aktifitas yang mungkin seharian.

Dengan perawatan harian yang rutin merupakan langkah awal untuk Anda dalam menciptakan mengemudi secara aman. Mengingat sebuah mobil terdiri dari kumpulan komponen-komponen maka perawatan menjadi hal yang tak boleh Anda lupakan.

Sebenarnya kebanyakan pabrikan menganjurkan untuk melakukan perawatan berkala setiap 10.000 KM atau 6 bulan sekali, mana yang lebih dahulu tercapai. Namun selama belum mencapai jarak tempuh tersebut bukan berarti tidak ada yang namanya perawatan harian.

Justru perawatan harian harus tetap dilaksanakan. Lalu, apa saja perawatan harian yang dapat dilakukan oleh pemilik? Berikut ulasannya mengenai perawatan harian mobil yang dapat Anda lakukan.

Tips Perawatan Harian Mobil

Perawatan harian untuk mobil mau tidak mau harus dilakukan oleh pemilik mobil. Pemilik mobil harus menyempatkan waktu untuk melakukan perawatan harian. Sehingga mobil akan selalu prima dan siap digunakan setiap saat. Telebih mobil yang dipakai untuk rutinitas harian atau sarana transportasi sang pemilik.

Namun faktanya, kesibukan atau rutinitas harian terkadang membuat pemilik mobil lalai atau lupa melakukan perawatan rutin mobil. Berikut ulasan perawatan harian mobil, sehingga tunggangan kesayangan Anda tetap aman dan nyaman untuk mendukung raktivitas sehari-hari.

Perawatan Harian Mobil: Cek Air Radiator

Perawatan harian untuk mobil yang pertama adalah mengecek air radiator. Pastikan bahwa air radiator tidak habis atau sampai kering. Jadi, periksa secara rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin mobil overheat. Untuk itu Anda perlu mengceknya sesering mungkin agar air radator tidak kurang atau sampai kering. Apabila air radiator kurang, segera tambahkan dengan air bersih atau radiator coolant yang tersedia di pasaran.

Perawatan Harian Mobil: Cek Oli Mesin

Perawatan harian untuk mobil yang selanjutnya adalah mengecek kondisi oli. Sama dengan air radiator, Anda harus memastikan oli masih cukup banyak. Periksalah ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum melalui stik cek oli. Volume oli yang kurang dapat menyebabkan kerusakan mesin.

Tips Perawatan Harian Mobil
Tips Perawatan Harian Mobil (Sumber Gambar: Google)

Oli adalah darah mobil Anda, dan tanpanya, mobil tidak akan bisa pergi jauh dan senyap. Mintalah montir Anda menunjukkan bagaimana cara memeriksa oli Anda dengan benar, dan biarkan oli diganti setiap 3.000 – 3.500 mil.
Sementara produsen oli telah mengklaim bahwa oli mereka bisa bertahan 10.000 mil, umumnya lebih baik menggunakan oli yang sama tidak lebih dari 5.000 mil untuk memaksimalkan keandalan dan efisiensi mesin dalam jangka panjang. Periksa oli secara teratur, sekitar sekali seminggu, dan ganti olinya atau jika berubah sampai batas 4.000-4.500 mil (6.400-7.200 km).

Perawatan Harian Mobil: Cek Air Wiper

Perawatan harian untuk mobil yang selanjutnya adalah air wiper. Ya, mungkin hal ini jarang dilakukan oleh pemilik mobil. Padahal mengecek air wiper sangat diperlukan dan termasuk untuk perawatan mobil.

Hal ini untuk mencegah kerusakan pada kaca seperti baret, karena mengoperasikan wiper dalam kondisi kaca kering dan berdebu. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas aksimal dari tangki air wiper.

Perawatan Harian Mobil: Cek Minyak Power Steering

Perawatan harian untuk mobil adalah memastikan volume minyak power steering. Jadi, bagi Anya yang memiliki kendaraan dan menggunakan power steering bertipe hidrolik, maka Anda wajib melakukan pengecekan rutin minyak power steeting.

Baca Juga: Persiapan Mobil Sebelum Mudik Agar Nyaman Dan Aman

Cek volume minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungan minyak power steering. Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering yang telah direkomendasikan.

Perawatan Harian Mobil: Cek Minyak Rem

Perawatan harian untuk mobil selanjutnya masih berhubungan dengan pengecekan minyak, yaitu minyak rem. Untuk menjaga kinerja pengereman yang optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan selalu gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang dan lampu indikator rem menyala, segera lakukan pengecekan untuk mencegah kecelakaan di jalan.

Tips Perawatan Harian Mobil
Tips Perawatan Harian Mobil (Sumber Gambar: Google)

Sistem pengereman mobil modern dirancang untuk diganti secara berkala untuk menjaga efisiensi pengereman maksimal. Jika Anda melihat ada masalah dengan rem, bawalah mobil Anda agar rem segera diperiksa. Jika rem rusak, Anda bisa mengalami kecelakaan yang sangat serius.

Perawatan Harian Mobil: Cek Air Aki

Perawatan harian untuk mobil selanjutnya berhubungan dengan aki. Penggunaan aki basah pada mobil perlu mendapat perawatan rutin. Pastikan volume air aki selalu terjaga dan jangan sampai kurang. Isi air aki secara berkala agar kondisi aki tetap berfungsi secara optimal dan lebih awet.

Baca Juga: Persiapan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh: 11 Hal Yang Harus Dicek!

Perawatan Harian Mobil: Ban Mobil

Perawatan harian untuk mobil yang terakhir kita bahas adalah ban. Pastikan bahwa ban mobil Anda benar-benar diisi sampai tekanan yang ditentukan oleh pabrikan. Alat pengukur ban murah dan mudah digunakan. Ban harus diganti saat indikator keausan tapak terlihat di antara tapak.

Periksa ban Anda setiap hari untuk tekanan dan setiap minggu untuk keausan atau kerusakan. Mintalah agar ban diganti saat sudah mulai mengalami kehausan tapak. Belajarlah untuk mengenali bagaimana cara mengidentifikasi indikator keausan tapak.

Tips Perawatan Harian Mobil
Tips Perawatan Harian Mobil (Sumber Gambar: Google)

Itulah beberapa perawatan harian untuk mobil yang harus Anda luangkan waktunya untuk melakukannya. Hal tersebut kelihatan somple. Namun, dapat mempengaruhi performa dari mobil Anda. Bahkan beberapa hal juga menyagkut keselamatan berkendara Anda, seperti rem.

Lakukan di pagi hari sebelum mobil digunakan untuk beraktifitas seharian. Luangkan waktu sesibuk apapun Anda. Perawatan harian mobil diatas dapat Anda lakukan sendiri tanpa bantuan alat- alat. Sehingga, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *