Dinamo stater pada mobil mempunyai fungsi untuk memutar mesin pertama kali. Nantinya, dinamo stater akan mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Dimana pengubahan energi ini digunakan untuk memutar crankshaft mesin, atau poros mesin melalui fly wheel, atau disebut juga roda gila. Perawatan dinamo stater mobil perlu diperlakukan khusus.

Listrik yang digunakan untuk dinamo stater berasal dari aki mobil. Sehingga, jika dinamo stater mobil tidak berfungsi dengan baik, akan menimbulkan kesulitan bagi pemilik mobil. Sebab, mobil akan sulit untuk dihidupkan. Berbeda dengan motor yang biasanya dilengkapi dengan kick starter. Untuk mobil transmisi manual salah satu solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan mendorong mobil tersebut.

Pada kendaraan mobil dinamo starter merupakan komponen yang tidak kalah penting dan merupakan komponen vital bagi kendaraan. Ketika mesin mobil mulai dinyalakan, komponen yang satu ini berkerja sebagai penggerak untuk memutar roda gila dan menyalakan mesin. Sehingga dengan ditemukan nya stater maka Anda tidak perlu lagi menghidupkan mesin mobil anda dengan mengengkol atau dengan mendorong nya.

Ada tiga alasanan yang paling sering menjadi penyebab dinamo stater mengalami kerusakan. Pertama adalah memaksakan dinamo bekerja. Dinamo yang dipaksakan untuk bekerja akan dapat merusakan dinamo stater karena enenrgi panas yang ditimbulkan.

Perawatan Dinamo Stater Mobil
Tips perawatan dinamo stater mobil

Saat dipaksa untuk bekerja akan mengakibatkan dinamo panas. Dinamo yang panas akan berpotensi membakar komponen-komponen lain pada mesinnya. Berilah waktu dinamo sampai dingin beberapa menit, kemudian coba kembali.

Alasan kedua yang menjadi penyebab rusaknya dinamo stater adalah habisnya carbon brush pada bagian dinamo starter. Apabila Anda mulai mendengar suara aneh saat distarter, maka ada baiknya Anda melakukan cek dinamo stater mobil. Alasan yang ketiga adalah masalah pada bagian aki mobil anda.

Seperti yang kita ketahui, aki mobil adalah bagian penting yang menunjang kelistrikan pada mobil. Masalah pada aki mobil bisa menyebabkan starter pada dinamo mobil tidak berfungsi, hal tersebut disebabkan oleh lemahnya suplai listrik dari aki ke bagian dinamo mobil.

Perawatan Dinamo Stater Mobil

Rentanya terjadi kerusakan pada Dinamo stater mengharuskan kita untuk selalu melakukan perawatan dinamo stater mobil. Perawatan dinamo stater mobil tergolong sangat mudah. Berikut adalah ulasan mengenai perawatan dinamo stater mobil yang dapat Anda lakukan.

Tidak Memaksa Dinamo Bekerja

Perawatan Dinamo Stater Mobil
Perawatan Dinamo Stater Mobil (Sumber Gambar: Google)

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa salah satu penyebab rusaknya dinamo stater adalah adanya pemaksaan kerja pada dinamo. Untuk itu, perawatan yang paling dasar adalah dengan tidak memaksakan dinamo bekerja.

Memaksakan kerja dinamo yang dimaksud adalah memaksakan untuk men-stater dinamo secara terus menerus sampai mesin mobil mau menyala. Hal ini, sering dilakukan oleh pemilik kendaraan apabila mesin mobilnya tidak mau menyala saat dihidupkan.

Baca Juga: Merawat AC Mobil Agar Tetap Menghasilkan Suhu Dingin Maksimal

Tips apabaila Anda mengalami kejadian ini adalah memberikan waktu beberapa saat sebelum mencoba menstarter ulang dinamo mobil. Apabila sudah mencoba sekali, maka tunggulah sampai dinamo dingin, lalu coba ulang menstarter dinamo mobil tersebut.

Memaksa kerja starter dinamo tentu akan membuat dinamo menjadi panas dan dapat menyebabkan kerusakan. Jadi, jangan dipaksakan apabila tidak mau menyala. Sebab hal ini dapat memperceat kerusakan pada dinamo.

Melakukan Cek Rutin Carbon Brush

Perawatan sederhana selanjutnya adalah dengan rajin memeriksa carbon rush dinamo stater. Salah satu penyebab rusaknya dinamo stater yaitu habisnya bagian carbon brush. Untuk itu, pemilik kendaraan harus melakukan cek rutin pada bagian carbon brush. Pastikan bahwa carbon brush masih ada. Jangan sampai benar- benar kehabisan.

Sebab carbon brush yang habis akan membuat starter menjadi cepat rusak karena putaran pada dinamo menjadi melemah dan mengeluarkan suara-suara yang tidak enak didengar ketika starter dicoba. Ketika carbon brush habis dapat diketahui dari dinamo mengeluarkan suara yang aneh. Maka Anda harus segera memeriksa bagian Carbon Brush tersebut.

perawatan dinamo stater mobil
Perawatan dinamo stater mobil via indiamart.com

Perawatan Aki Mobil

Aki mobil yang bermasalah juga berdampak pada dinamo stater. Pastikan bahwa aki mobil tidak memiliki masalah. Ceklah bagian aki mobil secara rutin dan berkala supaya setidaknya dapat mengantisipasi dinamo starter mobil macet. Jangan sampai kerusakan tersebut datang secara tiba-tiba, karena hal tersebut akan merepotkan.

Permasalah pada aki akan menyebabkan dinamo starter mobil macet karena suplai listrik dari aki ke bagian dinamo lemah. Jika dipaksakan terus menerus tanpa mengganti aki, lama kelamaan komponen kelistrikan mobil Sahabat akan ikut rusak lho, termasuk dinamo starter. Biasanya aki mobil menjadi lemah akibat suplai listrik dari aki ke dinamo mobilnya. Sehingga pada saat memulai menstarter mobil, maka starter tersebut tidak menyala. Merawat Aki mobil juga merupakan perawatan dinamo stater mobil.

Baca Juga: Menghilangkan Bau Apek Pada Kabin Mobil: 3 Tips & Triks Sederhana

Selain itu, usia aki juga dapat mempengaruhinya. Jadi, aki yang sudah tua juga sangat berpengaruh. Gantilah aki secara rutin, jangan sampai usia aki terlalu lama dan tidak diganti.

Servis Dinamo Stater

Perawatan Dinamo Stater Mobil: 4 Tips Agar Awet 1
Perawatan dinamo stater mobil via servisdinamo.com

Perawatan selanjutnya adalah dengan melakukan servis dinamo stater. Servis ini dapat Anda lakukan sendiri, namun apbila Anda tidak memiliki pengalaman lebih baik serahkan pada tukang dinamo. Sebab, jika ada masalah Anda harus membongkarnya.

Saat melakukan servis pastikan terlebih dahulu aki dalam kondisi yang baik. Cara yang paling pas dan efektif dengan memakai alat pengukur alias volt meter. Kondisi aki yang baik ada di angka 12-13.7 volt (dalam kondisi mesin mati). Angka 12 Volt merupakan angka paling kritis apabila angka berada di bawah itu maka besar kemungkinan aki bermasalah. Jika voltmeter menunjukan range angka normal, biang keladi masalah ada di unit dinamo starter.

Setelah dilepas dari kendaraan, unit dinamo starter kemudian dibongkar untuk memastikan kondisi perangkat yang ada di dalamnya. Setelah dibongkar maka akan terlihat kondisi bagian peranti dalam dinamo starter tersebut, cuci dan bersihkan dengan bensin terutama pada motor armature dan bagian mekanikalnya. Jika Anda tidak bisa membongkarnya lebih baik serahkan pada ahlinya.

Empat perawatan dinamo stater mobil diatas dapat Anda lakukan secara mandiri. Anda harus rajin melakukannya. Sehingga dapat menjegah rusaknya dinamo stater. Sebab, Anda akan kesulitan sendiri apabila komponen yang satu ini rusak. Bahkan Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama setiap menghidupkan mobil.

Baca Juga: Merawat Kaki- Kaki Mobil, Inilah 4 Cara Paling Mudah

Sebab, berbeda dengan motor yang pada umumnya dilengkapi dengan kick starter, jika starter mobil macet sudah pasti mobil tidak bisa dinyalakan. Mungkin untuk mobil dengan transmisi manual, ada salah satu solusi paling mudah yaitu mendorong mobil tersebut untuk menyalakan mesin dengan menurunkan transmisi. Jadi, jangan sampai mengabaikan komponen yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *