Bukan hanya mesin yang harus dijaga performanya, namun juga komponen pendukung lainnya. Salah satunya adalah audio yang terpasang built in interior mobil. Perawatan audio mobil harus dipahami dengan benar agar tetap bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

Audio adalah salah satu perangkat hiburan yang ada di dalam mobil. Alat penghibur saat perjalanan jauh maupun macet saat ini semakin canggih. Audio mobil tersedia dalam beragam merek dan jenis. Selai itu, memiliki kisaran harga mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta. Hal ini tergantung pada apa yang ingin dibeli. Bahkan banyak yang melakukan modifikasi audio mobil mereka agar tidak hanya menghibur namun juga terlihat keren.

Karena audio merupakan salah satu perangkat yang selalu ada di setiap mobil, maka perawatannya tidak dapat di abaikan lagi. Maka komponen seperti head unit, speaker, dan power amplifier harus diperhatikan kondisinya dari ancaman debu atau kotoran kecil lainnya.Apabila kondisinya tidak baik maka suara yang dihasilkan akan tidak karuan.

Padahal tujuan utamanya adalah menghibur, namun dengan suara yang kurang bagus bisa menyebabkan kepala pusing. Oleh sebab itu jangan sampai lupa merawatnya. Yuk cek berbagai tips perawatan audio mobil ala orapada.com berikut ini.

Tips Perawatan Audio Mobil yang Benar

7 Tips Mudah Perawatan Audio Mobil 1
perawatan audio mobil (unsplash.com)

Berikut adalah tips dan trik dalam perawatan audio mobil.

1. Matikan Audio Sebelum Mesin Mati

Tips pertama dalam perawatan audio mobil adalah jangan pernah untuk mematikan mesin ketika audio masih menyala. Mematikan mesin mobil tanpa mematikan audio mobil ternyata dapat memperpendek usia audio.

Sebab ketika nantinya mesin dinyalakan kembali, maka secara otomatis audio juga akan ikut menyala. Padahal tegangan awal saat menghidupkan Mobil sangat tinggi. Sehingga sistem audio akan mendapatkan tegangan dari aki yang kurang stabil

Akibatnya kerusakan komponen audio tidak bisa dihindarkan. Jadi ketika Anda mematikan mesin Mobil Anda dengan memutar kunci kontak, sebaiknya periksa terlebih dahulu komponen lain sudah dimatikan atau belum. Baik itu audio ataupun fitur hiburan lain yang terdapat pada Mobil. dengan begitu kondisinya tetap terjaga dan mempunyai umur yang panjang.

2. Jangan Sembarangan Memodifikasi

Modifikasi komponen mobil memang banyak di lakukan pemilik kendaraan agar terlihat semakin keren dan nyaman. Audio merupakan salah satu bagian yang tak luput dari modifikasi. Namun, jangan asal memodifikasi audio. Sebab hal ini dapat merusak mobil, sehingga audio tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

Apabila anda ingin melakukan modifikasi audio mobil, lakukanlah dengan benar. Jangan asal – asalan. Jika prosesnya dilakukan asal – asalnya yang ada audio mobil anda akan mengalami kerusakan. Selain itu, pilihlah audio yang sesuai dengan kemampuan mobil milik Anda. Sehingga, Audio dapat berfungsi secara maksimal.

3. Bersihkan Debu di Head Unit

Perawatan audio mobil selanjutnya sangat membutuhkan kesadaran dan ketlatenan pemilik mobil yaitu membersihkan debu di head unit. Meski terdengan sangat mudah dilakukan, namun justru sebagian orang sangat jarang melakukannya. Bahkan, tidak sadar bahwa head unit perlu dibersihkan dari debu yang menempel. Akibat dari head unit yang tidak pernah dibersihkan adalah power audio mudah panas bahkan head unit mati.

Sehingga salah satu cara untuk menghindari hal tersebut yaitu dengan membersihkan debu yang banyak menempel di Head Unit. Bersihkan debu-debu yang menempel di celah-celah yang tak terlihat. Jangan sampai debu menumpuk dan menyebabkan kerusakan.

4. Gunakan CD Original

Siapa sangka bahwa penggunaan CD dapat mempengaruhi audio pada mobil. Ya, sangat disarankan untuk menggunakan CD original. Sebab, dengan menggunakan CD original akan memberikan efek kinerja optik yang ada di audio lebih baik. Dimana hal tersebut tidak akan terjadi apabila menggunakan CD bajakan. Dengan menggunakan CD bajakan, efek optik cenderung buruk karena kerja perangkat audio akan menjadi berat dan bekerja lebih keras yang dapat menyebabkan audio akan cepat rusak.

Selain itu, CD bajakan memang tidak memiliki kualitas audio sebagus CD yang asli. CD bajakan membuat perangkat menjadi bekerja lebih keras lagi sehingga audio menjadi cepat rusak. Nah, hal ini akan menjadi alasan kita agar selalu membeli CD yang asli. Untuk memaksimalkan perawatan audio mobil, sudah sewajarnya anda melakukan perawatan interior mobil yang lainnya ya sobat.

5. Perhatikan Pengaturan Volume

Tips perawatan audio mobil selanjutnya adalah dengan memprhatikan pengatuan volume saat audio dinyalakan. Jangan sampai volume sering melampui batas maksimal. Karena hal ini dapat mempengaruhi kwalitas suara audio tersebut.

Apabila audio digunakan dalam kondisi volume yang terlalu keras, sering kali mengalami kerusakan entah karena hantaman suara yang terlalu keras sehingga membuat audio menjadi tidak mampu lagi mengeluarkan suara terbaiknya. Jika sudah begitu maka speaker tidak akan mengeluarkan suara aslinya dengan maksimal.

Baca Juga: Merawat Aki Mobil: 6 Tips & Triks Agar Tidak Cepat Soak

Selain itu volume audio yang terlalu keras dapat mengganggu pengemudi Mobil ketika berkendara. Selain itu suara yang dihasilkan juga menjadi tidak karuan. Jadi sangat disarankan untuk memutar tombol volume sewajarnya saja. Supaya enak didengar dan membuat umur audio Mobil menjadi lebih lama. Selain itu, pengemudi juga masih bisa mendengar suara klakson dari pengendara lain.

6. Bersihkan Optik Dengan CD Cleaner

Perawatan audio mobil yang satu ini juga sangat mudah dilakukan, yaitu dengan membersihkan optik dengan CD cleaner. Lakukanlah pembersihan secara berkala pada optik. Anda dapat melakukannya setiap satu atau dua bulan sekali. Bukankah tidak terlalu sering?

Bersihkanlah menggunakan pembersih optik. Saat ini pembersih optik sangat mudah di dapatkan di toko elektronik. Pembersih ini dapat membanu memaksimalkan saat membersihkan. Biasanya pembersih optik berupa cairan yang dapat disemprotkan, bersihkan optik dengan cara menyemprotkan menggunakan CD cleaner, kemudian bersihkan. Hal ini dapat membantu merawat optik pada mobil Anda.

Baca juga: Membeli Mobil Matic Bekas: 7 Tips Membeli Mobil Matic Bekas Yang Berkwalitas

7. Atur Komposisi Bass, Trible, Midle Dengan Teratur

Tips perawatan audio mobil yang terakhir yang dapat dilakukan adalah mengatur keseimbangan komposisi untuk bass, tribel, dan midle. Dengan kombinasi suara bass, tribel dan midlle yang seimbang akan menghasilkan kualitas suara yang terbaik karena enak didengar dan dapat memperpanjang usia audio. Hal tersebut karena equalizer yang berfungsi untuk menyesuaikan suara diatur secara seimbang.

Hal ini akan memberikan dampak untuk memperpanjang usia audio mobil semuanya harus seimbang. Selain itu kombinasi yang seimbang dapat memberikan suara dengan kualitas terbaik, dan juga dapat mengeluarkan suara yang enak didengar.

Perawatan adodio mobil diatas dapat Anda lakukan dalam keseharian. Hanya beberapa yang memerlukan waktu rutin seperti membersihkan debu. Dengan merawat audio mobil secara rutin, diharapkan audio mobil akan memiliki umur yang lama. Selain itu fungsi dan kwalitasnya tidak menurun. Sehingga, dapat menjadi hiburan ketika Anda penat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *