Perawatan AC Mobil Rutin – Salah satu komponen mobil yang mempengaruhi kenyamanan saat berkendara adalah AC. Tentu Anda akan sangat terganggu bukan ketika AC mobil Anda mati? Untuk itu perawatan AC juag menjadi hal yang perlu Anda perhatikan. Perlu diketahui bahwa banyak komponen AC mobil yang perlu dirawat rutin. Sehingga AC tetap bisa mendinginkan udara dalam kendaraan anda.

Mungkin selama ini komponen AC mobil sering luput dari perhatian Anda. Apalagi banyak yang tak memperhatikan soal kebersihannya. Butuh kesadaran bahwa AC mobil yang kita gunakan memanglah butuh service atau perawatan rutin. Sebab jika diabaikan, seringkali muncul masalah seperti AC mobil tidak dingin, AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap dan lain sebagainya.

Perawatan AC Mobil Rutin: Komponen AC Yang Perlu Di Servis

Perawatan AC Rutin
Perawatan AC Rutin (Sumber Gambar: Google)

Untuk menjaga kinerja AC agartetap maksimal, maka perlu dilakukan servis pada komponen- komponen AC secara rutin. Apa saja komponen- komponen AC yang perlu di servis secara rutin?. Berikut ulasannya untuk Anda.

Kompresor

Komponen yang pertama adalah bagian kompresor. Kompresor merupakan salah satu komponen AC yang perlu mendapatkan servis rutin. Sebab kompresor merupakan komponen AC yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi refrigerant atau freon ke seluruh unit. Cara kerja kompresor adalah dengan menaikkan tekanan. Perawatan atu servis yang perlu dilakukan untuk komponen AC yang satu ini adalah pengecekan dan penggantian oli kompresor secara rutin. Hal ini dilakukan tentu untuk mencegah agar tidak terjadi kerusakan. Dalm melakukan servis untuk bagian kompresor dapat dilakuakn setiap 6 bulan sekali. Jika kompresor bermasalah maka tentu bisa membuat AC mobil tidak berfungsi maksimal.

Baca Juga: Alasan Knalpot Mobil Mengeluarkan Air dan Asap, Apakah Normal?

Magnetic Clucth

Komponen AC selanjutnya yang perlu mendapatkan servis secara rutin adalah magnetic clucth. Apa itu magnetic clucth? Magnetic Clutch merupakan salah satu komponen pendukung yang memiliki peran penting pada AC mobil. Magnetic Clutch yang juga disebut dengan kopling magnet ini terdapat pulley yang berputar terus-menerus mengikuti putaran mesin yang terhubung melalui fan belt.

Fungsi dari komponen ini adalah mengatur kapan waktu kompresor bisa bekerja dan berhenti meskipun pulley mesin tetaplah bisa berputar. Ketika kompresor bekerja maka tekanan freon yang keluar daari kompresor ini bisa terus meningkat. Terutama jika mesin di gas maka penambahan tekanan freon bisa menjadi lebih cepat. Tetapi ada resiko jika kompresor tersebut terus bekerja yaitu tekanan freon mencapai titik maksimum dan magnetic clutch bisa memutuskan hubungan dari pulley kompresor dengan porosnya.

Baca Juga: Cara Mencuci Mobil di Rumah Dengan Hasil Seperti di Carwash

Kondensor

Kondensor merupakan bagian kmponen AC yang perlu mendapatkan servis atau perawatan secara rutin. Kondensor sendiri memiliki fungsi untuk bisa memindahkan panas yang berasal dari dalam freon atau refrigerant ke udara bebas. Prinsip kerja dari kondensor seperti radiator yang mana kita bisa memindahkan panas semaksimal mungkin dan freon terlebih dahulu bisa dilewatkan dalam beberapa core. Diantara core ini ada sirip yang sifatnya konduktor. Sehingga ketika adanya aliran udara untuk melewati sirip, maka suhu sirip bisa lebih dingin. Suhu menjadi lebih tinggi pada freon yang bisa berpindah ke sirip ini. Jika komponen kondensor mengalami kerusakan, tentu saja AC di mobil menjadi tidak dingin.

Bocornya kondensor biasanya disebabkan oleh kebiasan buruk selama mengemudi. Misalnya, sering membuka tutup kaca mobil sewaktu AC dinyalakan. Selain itu, kondensor yang terkena debu juga dapat merusak kondensor AC mobil Anda. Sehingga, Debu yang menempel di kondensor ibaratkan noda hitam di wajah. Walaupun jumlahnya sedikit, namun dapat mempengaruhi penampilan kita. Kalau memang kondensor AC mobilmu tersumbat, bersihkan secepat mungkin. Jangan biarkan debu dan kotoran tersebut menempel terlalu lama. Yang ada ac mobilmu bakal cepat rusak.

Dryer

Komponen AC mobil yang perlu untuk dirawat rutin berikutnya adalah Dryer. Komponen tambahan pada sistem AC yang berfungsi sebagai filter. Fungsi utama dari dryer ini adalah mengeringkan freon dari air dan tidak menutup kemungkinan bahwa ada sedikit uap air yang bisa masuk dalam saluran AC. Uap ini masuk ketika adanya proses refill freon. Saat saluran AC mobil ini terbuka maka udara bisa masuk dalam sistem yang bersifat lembap serta menimbulkan adanya sedikit uap air yang masuk ke sistem.

Expansion Valve

Expansion valve merupakan salah satu komponen AC mobil yang perlu untuk dirawat rutin karena fungsinya untuk mengubah wujud freon cair agar menjadi ke bentuk gas. Prosesnya melalui spraying seperti kita menggunakan parfum spray, ada sensasi dingin saat disemprotkan di badan.

Perawatan AC Mobil Rutin: Jangka Waktu Perawatan

Perawatan AC Mobil
Perawatan AC Mobil (Sumber Gambar: Google)

Itulah komponen- komponen AC yang membutuhkan perawatn rutin. Perawat AC rutin dapat Anda lakukan dalam janga waktu tertentu. Biasanya AC mendapatkan servis berdasarkan kilometer waktu. Servis pertama AC biasanya dilakukan ketika AC telah menempuh pada 10.000 km ata dalam jangka waktu 6 bula. Srvis pertama biasanya meliputi pembersihan pada bagian blower. Kemudian, perlu juga penggantian filter AC pada kabin.

Baca Juga: Atap Mobil Bocor: Apa Penyebabnya?

Perawatan selanjutnya yaitu pada tahap 20.000 km atau dalam jangka waktu satu tahun. Pada tahap ini blower masih sama dengan tahap sebelumnya. Dimana dilakukan pembersihan pada blower AC dan penggantian filter pada kabin. Pada tahap perawatan kedua ini biasanya ada tambahan dengan membersihkan kondensor. Selain itu, perawatan pada AC juga ditambahankan penambahan oli kompresor berikut freon.

Perawatan di tahap ketiga atau yang ketiga dilakukan ketika jarak tempuh mencapai 40.000 km atau ketika waktu dua tahun. Saat mobil menempuh jarak 40 ribu kilometer atau setelah 2 tahun, servis yang dilakukan meliputi servis seperti saat mobil menempuh jarak 20 ribu kilometer, yaitu pembersihan blower dan penggantian filter pada kabin.

Baca Juga: Asuransi Mobil: Apakah Penting?

Perawatan AC mobil sebaiknya dilakukan secara rutin dan dalam pemakaina sehari- hari. Dalam pemakaina sehari-hari seperti tidak membuka jendela saat mobil dijalankan, tidak merokok, dan sellau menjaga kebersihan kabin. Sebab, hal kecil tersebut juga dapat membantu umur AC lebih panjang dan kinerjanya tetap maksimal. Jadi, tetap jaga perawatan AC mobil Anda sehingga kenyamanan berkendara tidak terganggu akibat AC yang rusak.

Baca Juga: 5 Jenis Pengharum Mobil: Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *