Apa Penyebab Tarikan Motor Terasa Berat?

Siapa yang merasa starter motornya terasa berat? Tarikan motor terasa berat merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada sepeda motor. Ada beberapa yang menjadikan penyebab tarikan motor terasa berat.

Ketika tarikan motor terasa berat, maka akan menimbulkan kenyamanan. Selain itu, jelas performa motor tidak maksimal. Laju motor juga akan lebih lambat dari seharusnya.

Penyebab tarikan motor terasa berat bukan hanya usia motor yang sudah tua saja, loh. Namun, motor baru pun dapat mengalaminya jika motor tidak dirawat dengan baik. Artikel kali ini akan mengupas tuntas mengenai penyebab tarikan motor terasa berat.

Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Penyebab Tarikan Motor Terasa Berat

Ada banyak peyebab tarikan motor terasa berat yang dapat dipicu karena adanya masalah pada beberapa komponen vital. Yang bila dibiarkan saja, ini akan memicu kerusakan yang lebih parah.

Karena, ada beberapa pemicu yang membuat masalah pada tarikan gas motor ini. Sehingga, tentu ada faktor yang perlu Anda ketahui sebagai upaya untuk jaga-jaga.

Apa saja komponen vital yang dapat menjadi penyebab tarikan motor terasa berat? Berikut adalah ulasannya.

Penyebab Tarikan Motor Terasa Berat
Penyebab Tarikan Motor Terasa Berat (Sumber Gambar: Google)

Oli Motor

Oli motor yang tidak diganti secara teratur dapat menjadi penyebab tarikan motor terasa berat. Apabila oli lama tidak diganti maka akan menyebabkan sistem pelumas pada mesin tidak sempurna.

Dengan begitu sudah barang tentu mesin akan mengalami gesekan yang keras sehingga memicu keausan antar komponen. Sehingga hal tersebut menyebabkan tarikan motor menjadi lebih berat dan bahkan mesin juga bisa menjadi lebih cepat panas meskipun kondisi motor dapat dibilang masih muda.

Sebab oli berperan penting sebagai pelumas mesin motor. Jika kondisi oli sudah menurun kualitasnya maka proses pelumasan tidak akan sempurna. Maka dari itu, teraturlah dalam mengganti oli mesin supaya kondisi motor Anda terasa lebih enteng dan ringan ketika digas. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan oli yang berkualitas.

Baca Juga: Bingung Memilih Ban Mobil Yang Tepat? Berikut Tips Memilihnya

Busi Motor

Ketika tarikan motor terasa berat, coba cek busi. Sebab busi yang rusak merupakan salah satu penyebab tarikan motor terasa berat. Busi yang sudah lama digunakan pasti akan mengalami kerusakan.

Dimana kerusakan yang terjadi pada busi akan menyebabkan pembakaran yang kurang sempurna. Sehingga, membuat pengapiannya pun tidak maksimal. Ketika pengapian tidak maksimal, maka gas motorpun akan terasa berat.

Maka penting sekali untuk melakukan cek busi secara teratur. Sehingga, Anda tidak akan melewatkan waktu penggantian busi. Selain itu pengecek dilakukan untuk membersihkan busi yang kotor. Bersihkan bagian kepalanya dari kotoran atau endapan oli yang menempel.

Sehingga tidak akan mengganggu fungsinya. Apabila busi memang sudah berumur maka ganti dengan busi baru yang berkualitas. Karena, kondisi busi yang sempurna sangat bermanfaat sekali dalam proses pengapian yang mana otomatis akan berpengaruh pada tarikan gas maksimal.

Penyebab Tarikan Motor Terasa Berat
Penyebab Tarikan Motor Terasa Berat (Sumber Gambar: Google)

Karburator Motor

Penyebab tarikan motor terasa berat yang selanjutnya adalah bagian karburator. Karburator yang bermasalah juga dapat menjadi salah satu penyebab tarikan gas motor terasa berat. Saat mencuci motor atau motor tergenang banjir, mungkin tanpa sengaja karburator kemasukan air.

Padahal karburator tidak boleh kemasukan air dan bagian spuyer-nya pun tidak boleh kotor. Hal ini lah yang dapat menimbulkan kerusakan pada karvurator. Salah satu dampaknya adalah tarikan gas motor terasa berat.

Karena karburator berfungsi sebagai pencampuran bahan bakar dan udara yang sangat dibutuhkan oleh mesin. Dengan begitu maka karburator ini tidak boleh terhalang saat terjadi proses pencampuran.Untukitu epntingnya melakukan service rutin.

Sebab saat servis rutin mekanik akan membersihkan bagian-bagian yang terkena air atau kotoran tersebut. Sehingga, hal ini dapat mencegah tarikan motor terasa berat.

Rantai atau V-belt

Kondisi rantai atu V-belt yang rusak atau aus juga dapat menjadi penyebab tarikan motor terasa berat. Daya mesin diteruskan dari roda belakang menggunakan rantai dan v-belt. Apabila kedua komponen ini tidak diganti saat sudah telalu lama atau rusak, tentu saja akan memberikan pengaruh pada tarikan motor.

Sekali lagi, intulah pentingnya perawatan atau servis rutin. Dimana sangat disarankan untuk selalu memastikan Anda mengganti rantai dan juga v-belt jika sudah waktunya. Cara ini juga sebagai langkah preventif untuk mencegah terjadinya mesin mogok atau terkunci.

Apalagi, rantainya yang sangat berpotensi mengalami patah atau retak dan kendor. Maka dari itu, pastikan bahwa rantai maupun v-belt masih dalam kondisi normal. Apabila sudah usang, sebaiknya diganti dengan yang baru.

Penyebab Tarikan Motor Terasa Berat
Penyebab Tarikan Motor Terasa Berat (Sumber Gambar: Google)

Kepala Silinder

Penyebab tarikan motor terasa berat yang selanjutnya adalah kepala silinder yang kotor. Kotoran pada kepala silinder disebabkan oleh adanya sisa kerak akibat proses pembakaran yang menyebabkan kepala silinder menjadi kotor.

Hal ini juga akan mempengaruhi tarikan gas sepeda motor yang akan menjadi berat. Selain itu hal ini juga akan mempengaruhi mesin menjadi lebih panas. Sehingga, Anda perlu untuk mengecek dan membersihkannya secara rutin.

Untuk mengatasi kepala silinder yang kotor, maka harus membongkar bagian head untuk membersihkan kotoran atau kerak yang menempel pada bagian tersebut dengan menggunakan amplas kasar ataupun sekrap. Biasanya pembersihan ini akan dilakukan ketika Anda melakukan servis rutin. Namun, membersihkan bagian ini juga dapat Anda lakukan sendiri, loh.

Bermain Dengan Gas

Penyebab tarikan motor terasa berat yang terakhir kita bahas adalah seringnya bermain dengan gas. Dimana, kebiasaan ini akan menyebabkan gas menjadi doll. Dimana kondisi gas dengan mesin mulai tidak sesuai.

Mengingat, sering dimainkan terutama saat melewati jalanan menanjak. Hal ini memang menjadi masalah bagi motor Anda, khususnya di sektor mesin yang tentu saja akan terasa sangat berat ketika gas ditarik.

Baca Juga: Kredit Mobil Baru atau Beli Cash Mobil Bekas. Lebih Baik Yang Mana?

Maka dari itu, untuk mencegahnya, hindari bermain gas atau menggeber gas. Apalagi sedang melewati tanjakan.

Itulah penyebab tarikan motor terasaberat.Berbagai komponen vital yang tidak terawat menjadi pemicu utama tarikan motor terasa berat. Sehingga, rajinlah mmebrsihkan motor. Tidak hanya bodi motornya saja, namun juga bersihkan bagian komponen penting. Sehingga menghindari kerusakan, termsuk menjadi penyebab tarikan motor terasa berat.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.