Masalah yang terjadi pada sepeda motor seringkali ditimbulkan akibat adanya masalah pada aki, busi atau komponen lainnya. Salah satunya adalah, tarikan motor kurang bertenaga yang timbul akibat kerusakan komponen- komponen sepeda motor yang lain. Tentunya tarikan sepeda mmotor yang kurang bertenaga menjadi masalah yang sering dialami pemilik kendaraan roda dua.

Tarikan yang dimaksud adalah tarikan awal atau yang sering disebut dengan akselerasi. Tarikan motor kurang bertenaga mengakibatkan kinerja motor menjadi kurang maksimal. Dilain sisi, hal ini meyebabkan waktu perjalanan juga lebih lama karena tidak dapat diajak melaju secara maksimal.

Padahal salah satu tujuannya dengan menggunakan sepeda motor sebagi kendaraan adalah untuk mempercepat sampai di tempat tujuan serta selamat. Namun, dengan kondisi tarikan motor yang kurang bertenaga menjadi kendala dalam hal kecepatan, sehingga untuk mencapai sebuah tujuanpun akan semakin lama, belum lagi adanya rasa was-was jika hal tersebut mengakibatkan motor menjadi mogok, bisa semakin memperparah keadaan saja.

Penyebab Tarikan Motor Kurang Bertenaga

Peneyabab tarikan motor menjadi kurang bertenaga sendiri beragam. Salah satunya juga semakin seringnya pemakaian sepeda motor itu sendiri. Selain itu, tarikan yang lemah terjadi karena lambatnya respon dari mesin saat tuas gas ditarik. Kondisi ini dapat terjadi pada semua jenis motor baik itu jenis matic, bebek, maupun sport. Namun, selain itu tentu ada penyebab lainnya yang mengakibatkan tarikan motor kurang bertenaga.

Berikut adalah ualsannya untuk Anda mengenai penyebab tarikan motor kurang bertenaga. Selamat membaca!

Kondisi Kampas Kopling Habis

Apabila Anda merasakan tarikan motor kurang bertenaga pada sepeda motor, ada baiknya Anda memeriksa kampas kopling. Sebab, kampas kopling yang habis menjadi salah satu penyebab tarikan motor menjadi kurang bertenaga. Bagin yang satu ini mempunyai fungsi untuk menghubungkan tenaga yang dihasilkan dari ruang bakar ke roda melalui gigi sekunder. Jadi, ketika kampas kopling habis akan menyebabkan tarikan menjadi berat padahal suara mesin sudah meraung keras. Jika hal ini terjadi maka segeralah periksa bagian kamps kopling.

Injektor atau Karburator Sepeda Motor Kotor

Periksalah bagian injektor atau arburator motor apabila Anda merasa tarikan motor kurang bertenaga. Sebab injektor ataupun karburator yang kotor dapat menjadi penyebab tarikan menjadi kurang bertenaga. Karburator adalah komponen utama dalam sepeda motor, jika komponen ini kurang baik maka kinerja motor juga akan kurang maksimal. Jadi, coba untuk membongkar karburator dan membersihkannya, sebab kemungkinan dalam karburator sudah kotor atau ada kotoran yang mengganjal. Jangan lupa pula untuk melakukan service Karburator secara bekala untuk selalu menjaga kebersihan dan setingan nya yang tepat.

Selain itu, kotoran pada injektor juga menjadi salah satu penyebab tarikan sepeda motor menjadi kurang bertenaga. Kotoran pada injektor muncul dari proses menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Dimana proses ini sangat rawan mengalami penyumbatan karena kotoran yang dibawa. Jadi perhatikan kwalitas bensi sepeda motor Anda. Jangan sampai bahan bakar yang digunakan sudah tercampur dengan komponen lain dan membawa kotoran.

Tangki bahan bakar yang kotor juga membawa kotoran dan menyebabkan injektor terganggu. Dimana kotoran ikut mengalir menuju karburator ataupun injektor pada motor yang sudah injeksi dan menyumbat injektor ataupun lubang-lubang yang ada di karburator. Akibatnya campuran bahan bakar tidak sempurna. Hal ini juga meruapakan slaah satu penyebab tarikan sepeda motor menjadi kurang bertenaga.

Kerak Di Ruang Bakar

Sama dengan bagian injektor atau karburator dimana kotoran menjadi penyebabnya. Pada ruang bakar yang kotor juga dapat menyebabkan tarikan pada sepeda motor kurang bertenaga. Seringnya pembakaran yang tak sempurna yang disebabkan beberapa faktor membuat penimbunan kerak di ruang bakar jadi subur. Hal itu mempengaruhi pergerakan piston atau seher mesin jadi agak berat karena terhalang kerak hitam sisa pembakaran. Apalagi jika kompresi di ruang sedikit bocor bisa ngos-ngosan saat motor kamu diajak jalan.

Masalah Pada Busi Sepeda Motor

Lagi- lagi maslah yang ditimbuulkan akibat adanya kesalhan pad busi sepeda motor. Dimana busi yang menyebabkan tarikan kurang bertenaga tidak hanya busi yang aus, namun juga busi yang tidak sesuai. Jadi, setiap kendaraan bermotor baik itu mobil maupun seped motor mempunyai ukuran yang spesifik. Jadi, ketika sepeda motor Anda dilengkapi dengan busi yang tidak sesuai tentu akan menyebabkan respon gas atau akselerasi yang lambat. Masalah ini juga bisa memicu kerusakan lain, misalnya kerusakan mesin dan komponen lain.

Penyebab Tarikan Motor Kurang Bertenaga
Penyebab Tarikan Motor Kurang Bertenaga (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, busi sepeda motor yang kotor juga dapat menjadi penyebab tarikan sepeda motor kurang bertenaga. Tidaka hanya itu bahkan sepeda motor juga dapat mengalami brebet. Dengan kondisi ini disarankan untuk membuka tutup busi dan keluarkan Busi dari tempatnya kemudian bersihkan. Bersihkan busi dengan kain kering dan gunakan sikat atau aplas halus untuk hasil yang lebih baik.

Perhatikan juga kerenggangan jarak pengapian busi, usahakan pada jarak yang standar yaitu antara 0.6 – 0 .8 mm. Jika diukur sudah melebihi jarak standar coba kamu kembalikan kembali ke ukuran standarnya dengan mengetuk secara perlahan ujung kepala busi. Apabila busi sudah terlampau kotor dan rusak sebaiknya ganti busi dengan yang baru dan sesuai dengan ukuran daya motor kamu.

Fiter Udara Yang Tersumbat

Penyebab selanjutnya adalah filetr udara yang tersumbat. Jadi, sepeda motor membutuhkan udara yang cukup untuk ruang pembakarannya. Jadi, saat tidak cukup udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran maka dapat menjadi penyebab lambatnya tarikan sepeda motor. Masalah ini mudah untuk diketahui, lihat saja pada filter udara yang kotor, tarikan gas yang tidak nyaman, dan mesin yang berisik. Bergantung pada kondisi filter udara, rutinlah untuk selalu membersihkannya. Bongkar filter udara dan siram kotorannya dengan air, gunakan sabun cuci motor yang sesuai, lalu bilas lagi dengan air.

Baca Juga: Tips & Trik: Mencegah Tangan Belang Setelah Naik Sepeda Motor

Itulah lima penyebab tarikan sepeda motor kurang bertenaga. Kebanyakan masalah timbul akibat adanya kotoran yang mengganggu kinerja suatu komponen pada motir. Jadi, bersihkan motor secara rutin. Hal itu juga berlaku untuk sepeda motor yang jarang digunakan. Sebab kotoran yang menumpuk pada komponenen sepeda motor dapat menimbulkan banyak masalah.

Baca Juga: Motor Susah Hidup: 4 Penyebab Yang Perlu Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *