Skip to content

Apa Penyebab Mobil Turun Mesin?

Turun mesin merupakan sesuatu hal yang akan terjadi pada kendaraan Anda, terutama jika sudah semakin tua dan tidak dirawat dengan baik. Namun, apakah Anda sudah mengetahui maksud dari turun mesin?

Turun mesin memiliki istilah lain yaitu overhaul. Turun mesin sendiri adalah proses membongkar mesin yang bermasalah agar dapat secara lebih teliti. Baik kendaraan sepeda motor maupun mobil dapat mengalaminya. Lalu, apa penyebab mobil turun mesin?

Ada beberapa tanda yang bisa menjadi penyebab mobil turun mesin. Penyebab tersebut tidak ada salahnya Anda ketahui. Sehingga, tidak akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Penyebab Mobil Turun Mesin

Turun mesin adalah service berat yang dilakukan pada mesin mobil Anda apabila mengalami kerusakan karena dipakai dalam jangka waktu cukup lama. Dari arti turun mesin tersebut dapat disimpulkan bahwa service berat ini perlu dilakukan apabila terdapat kerusakan pada bagian dalam mesin mobil.

Ada beberapa menjadi penyebab mobil turun mesin. Artikel kali ini akan membahs mengenai penyebab mobil turun mesin yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Baca Juga: Jangan Asal Memilih Spion Untuk Modifikasi! Simak Tipsnya!

Overheat Mesin

Penyebab mobil turun mesin yang paling sering adalah overheat mesin. Jadi, apabila mobil berkendara dengan laju yang pelan tapi suhu mesin selalu naik, saat itulah Anda harus menaruh curiga pada kondisi sini. Jangan paksakan kendaraan melaju, dan segera matikan mesin mobil.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika mesin overheat? Bawalah ke bengkel karena mungkin saja sistem pendingin mengalami masalah yang disebabkan karena kipas radiator yang mati, air pendingin yang habis, atau mengalami kebocoran.

Nantinya, pihak mekanik akan memperbaikinya dengan membongkar mesin kemudian silinder head dilepas dan dilakukan perataan. Pastikan yang melakukan perbaikan adalah orang yang handal di bidangnya ya, karena jika asal akan membahayakn mobil kamu dan diri kamu sendiri.

Apabila tidak segera diatasi maka overheat mesin dapat menyebabkan berbagai kerusakan lainnya seperti kepala silinder melengkung, bercampurnya oli dengan air dan berbagai gangguan pada mesin mobil lainnya.

Penyebab Mobil Turun Mesin
Penyebab Mobil Turun Mesin (Sumber Gambar: Google)

Oli dan Air yang Tercampur

Penyebab mobil turun mesin yang selanjutnya adalah oli dan air yang tercampur. Air yang masuk ke ruang bakar mobil menyebabkan oli dan air jadi tercampur. Hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah seperti merusak lapisan oli di bantalan, korosi, menimbulkan busa, merusak bahan pelumas, dan merusak sistem sirkulasi.

Ciri-ciri mobil yang mengalami hal ini adalah warna oli mesin yang berubah warna menjadi kecoklatan, layaknya susu coklat. Kondisi tersebut bisa menyebabkan terjadinya korosi pada silinder head, sistem sirkulasi menjadi kacau, hingga terbentuknya busa atau buih pada mesin.Solusinya bawa mobil ke bengkel agar oli bisa dikuras dan diganti dengan yang baru.

Pelumas yang Habis

Pelumas yang habis atau buruk kondisinya menjai penyebab mobil turun mesin selanjutnya. Proses pelumasan merupakan hal yang penting untuk sebuah sistem kendaraan. Dimana pelumasan mobil berperan melumasi bagian-bagian mesin untuk meminimalisir gesekan antara logam di dalam sehingga tidak terjadi pemanasan terlalu tinggi.

Apabila oli sebagai pelumas yang digunakan tidak sesuai dengan standar yang seharusnya atau cenderung kering, maka akan membuat komponen logam saling bergesekan. Baik itu pelumas kering maupun pelumas mempunyai kondisi yang buruk.

Akibatnya bila dibiarkan terlalu lama bisa mengakibatkan kerusakan komponen di dalamnya. Lalu bagimana cara mengetahuinya? Caranya adalah dengan melakukan cek berapa liter oli yang tersisa dengan bantuan deep stick oil secara rutin.

Selain itu perhatikan indikator oli pada dashboard mobil. Ada gambar cangkir tetesan di sana. Jika gambar itu menyala, berarti ada masalah pada pelumasannya. Bisa jadi karena kurang tekanan, sirkulasi oli yang buruk.

Dikhawatirkan saluran oli tersumbat atau pompa oli rusak. Jika oli mesin mobil tinggal sedikit segera bawa mobil ke bengkel untuk penggantian oli mesin agar terhindar dari turun mesin mobil.

Penyebab Mobil Turun Mesin
Penyebab Mobil Turun Mesin (Sumber Gambar: Google)

Timing Belt Putus

Penyebab mobil turun mesin yang selanjutnya adalah timing belt yang putus. Timing belt sendiri berguna untuk memindahkan tenaga dari poros engkol ke poros noken. Apabila timing belt putus, maka yang akan terjadi adalah piston dan katup-katupnya bertubrukan.

Tentu saja hal ini akan membuat kerusakan pada katup dan pistonnya. Salah satunya menyebabkan turun mesin dan Anda harus memperbaiknya segera dan mengganti timing belt yang putus tersebut.

Namun ada juga beberapa kasus yang sama namun tidak menyebabkan terjadinya gangguan pada mesin yang signifikan namun tetap bisa membuat mobil mogok dan tidak bisa dihidupkan.

Mesin Terendam Air

Penyebab mobil turun mesin yang akan kita bahas terakhir adalah mesin terendam air. Yups, hal ini juga dapat mengakibatkan mobil Anda trurun mesin, loh. Hal ini juga disebut dengan istilah water hammer. Biasanya hal ini terjadi pada mobil yang dikendarai menerjang banjir.

Air sendiri bisa masuk melalui filter dan mengalir secara terus menerus menuju ruang bakar. Akibatnya, piston dan connecting rod berlubang atau pecah, poros engkol rusak, dan membuat mobil mogok. Cara menghindarinya dengan tidak melewati jalan yang permukaan airnya tinggi atau sedang banjir dan bila mesin mobil kemasukan air, harus segera diperbaiki di bengkel.

Penyebab Mobil Turun Mesin
Penyebab Mobil Turun Mesin (Sumber Gambar: Google)

Air yang masuk ke mesin kemudian akan ikut berada di ruang bakar , sehingga hal ini tentu bisa menimbulkan sesuatu yang berbahaya. Hal ini bila terjadi tekanan dari piston, maka bisa menyebabkan piston menjadi berlubang atau bahkan bisa pecah.

Baca Juga: Cara Menguras Tangki Bahan Bakar dengan Mudah dan Aman

Gejala tersebut biasanyanya disebut water hammer dan sangat bisa menyebabkan turun mesin mobil jika tidak mendapatkan penanganan lebih lanjut. Oleh karena itu, jangan memaksakan mobil melaju melewati genangan air yang tinggi.

Itulah penyebab mesin mobil turun yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Jika, hal- hal diatas terjadi, maka segeralah membawa mobil kebengkel untuk dilakukan pemerikasaan. Sehingga, mencegah kerusakan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.