Saat mengisi bensi di SPBU, pasti kita sering melihat larangan yang tertera untuk menghindari kebakaran kendaraan. Namun, pada faktanya masih ada kejadian dimana sebuah mobil terbakar saat isi bensin. Padahal larangan yang tertera juga sudah banyak diketahui bahkan oleh orang yang awam.

Larangan yang tertera di SPBU seperti tidak dibolehkan merokok, menggunakan telepon seluler, mengabadikan atau mengambil gambar, dan lainnya. Demikian pula dengan kondisi tangki, seperti dimensinya harus standar atau tidak dimodifikasi, dan tidak diperkenankan memborong BBM dalam jumlah tertentu. Namun, terkadang kebakaran saat mengisi bensin tetap tidak dapat dihindarkan.

Apa sebenarnya penyebab mobil terbakar saat isi bensin? Artikel kali ini akan coba mengulas beberapa kemungkinan penyebab mobil terbakar saat isi bensin, dengan catatan semua larangan sudah dipatuhi oleh pengendara.

Penyebab Mobil Terbakar Saat Isi Bensin

Dilarang merokok, dilarang menggunakan HP, dilarang menggunakan kamera, dilarang menyalakan mesin kendaraan, pengguna motor wajib turun dari kendaraan, dilarang menggoyangkan tangki kendaraan, dan dilarang menggunakan knalpot racing adalah larangan yang tertera di SPBU. Pasti Anda juga sering membacanya bukan?

Diberlakukannya peraturan atau larangan saat isi bensin di SPBU ini bukan tanpa sebab. Pihak pemilik dan perusahaan pengelola SPBU ingin menghindari penyebab mobil terbakar saat isi bensin, dengan mempertimbangkan segala kemungkinan dan memahami sifat cairan bensin yang mudah terbakar.

Kebakaran saat mengisi bensi tidak hanya merugikan pemilik kendaraan, namun juga pemilik SPBU. Belum lagi kebakaran mobil saat mengisi bensi dapat menimbulkan korban jiwa.

Penyebab Mobil Terbakar Saat Isi Bensin
Penyebab Mobil Terbakar Saat Isi Bensin (Sumber: Google)

Namun, apakah berarti sudah pasti akan terhindar dari kebakaran mobil ketika sudah memtahui semua peraturan tersebut? Berikut adalah penyebab mobil terbakar saay isi bensin. Alasan yang akan kita ulas adalah hal yang paling sering menjadi penyebab terjadinya kebakaran mobil saat isi bensin.

Merokok di Area SPBU

Penyebab mobil terbakar saat isi bensin salah satunya adalah merokok di area SPBU. Tentu hal ini sudah banyak diketahui oleh orang. Pihak SPBU juga telah measang tanda larangan ini di area pengisian bensin. Kebakaan dapat terjadi dikarenakan bara api di ujung rokok maupun abu rokok yang terjatuh memiliki suhu panas yang berbahaya jika terkena uap gas bensin yang ada di area SPBU. Sehingga, merokok merupakan hal yang terlarang di lakukan di area SPBU.

Baca Juga: Kekurangan Motor Matic Vs Motor Manual: Lebih Baik Yang Mana?

Mengoperasikan Handphone dan Kamera

Penyebab selanjutnya juga sudah terpampang jelas di setiap SPBU. Ya, larangan untuk mengoperasikan handphone dan kamera saat mengisi bahan bakar kendaraan. Hal ini disebabkan uap gas BBM juga mudah terbakar jika ada gelombang elektromagnetik atau gelombang radio seperti yang dihasilkan HP. Tidak mengoperasikan handphone juga termasuk menerima telfon.

Menjauhlah dari area pengisian bahan bakar jika Anda harus menerima panggilan telfon penting. Sedangkan untuk kamera, sumber energi dari baterai yang terdapat di dalamnya juga rawan menimbulkan percikan api apabila terkena uap gas BBM yang ada di area SPBU.Jadi, jangan mengambil gambar, dan simpanlah kameramu dalam keadaan non-aktif.

Mesin Mobil Masih Menyala

Saat akan mengisi bensin pastikan mesin mobil dalam kondisi sudah dimatikan. Sebab, mesin mobil yang menyala merupakan penyebab terjadinya kebakaraan mobil saat isi bensin.

Mematikan mesin mobil merupakan prosedur standar yang selalui diingatkan oleh petugas SPBU tapi masih sering diabaikan oleh pengguna kendaraan. Hal ini dikarenakan mesin kendaraan juga memiliki suhu panas yang rawan menimbulkan kebakaran.

Selain itu, beberapa komponen mobil yang memiliki aliran listrik juga akan memicu terjadinya kebakaran.

Penyebab Mobil Terbakar Saat Isi Bensin 1
Penyebab Mobil Terbakar Saat Isi Bensin (Sumber: Google)

Disisi lain, mesin mobil yang menyala bisa memicu terjadinya percikan api saat bertemu uap bensin, terlebih bila ada masalah di sistem kelistrikan mobil seperti kabel busi bocor.Belum lagi adanya kemungkinan terjadinya mobil yang berjalan sendiri karena pedal gas yang terinjak secara tidak sengaja, atau kemungkinan lainnya. Mematikan mesin mobil adalah hal tepat untuk menghindari kecelakaan ini.

Pintu Mobil Terbuka

Penyebab mobil terbakar saat ini mobil selanjutnya adalah pintu mobil terbuka. Pasti Anda penasaran kenapa pintu mobil yang terbuka dapat menyebabkan kebakaran? Hal ini dikarenakan listrik statis yang dihasilkan dari gesekan ban dengan jalan bisa memicu percikan api untuk muncul jika terkena cairan BBM.

Tegangan listrik statis ini akan semakin besar apabila kita membuka pintu mobil namun tidak menapakkan kaki ke tanah. Sebab, tubuh manusia juga memiliki aliran listrik di dalamnya.

Selain itu, pintu mobil yang terbuka mempermudah akumulasi uap BBM masuk dan bersentuhan dengan salah satu sumber panas yang ada di dalam mobil, bisa dari HP yang berdering, rokok, atau mesin kendaraan yang masih menyala. Atau bisa juga dari perangkat dengan elektromagnetik yang ada di dalam mobil.

Penyebab Mobil Terbakar Saat Isi Bensin 2
Penyebab Mobil Terbakar Saat Isi Bensin (Sumber Gambar: Google)

Cara terbaik untuk menghindari penyebab mobil terbakar saat isi bensin ini adalah dengan mematikan mesin kendaraan, lalu turun dan berdiri agak jauh dari jarak mobil dan dispenser BBM. Untuk memastikan keamanan saat isi bensin, jangan masuk ke mobil jika selang BBM masih menyangkut di tangki mobil. Sebab tidak dapat dipungkiri juga kendaraan bermotor hubungannya sangat erat dengan listrik yang mengandung panas dan bahan bakar. Oleh karena itu sebaiknya segala sesuatu yang dapat memicu keduanya bertemu dihindari sebisa mungkin.

Menggoyangkan Tangki

Sebagian orang yakin bahwa dengan menggoyang-goyangkan tangki bensin pada mobilnya akan membuat bensin benar-benar terisi penuh. Padahal, hal ini tidak dibenarkan. Sebab, tangki kendaraan didesain dengan kapasitas yang sesuai. Tangki tidak akan mengalami penurunan kapasitas ruangan, meskipun kendaraan sudah dipakai bertahun-tahun.

Menggoyangkan tangki justru menjadi penyebab mobil terbakar saat isi bensin. Uap gas BBM malah akan lebih mudah menyebar dan memicu kebakaran jika terkena percikan api atau suhu panas. Tangki yang digoyangkan juga memperbesar kemungkinan cairan bensin keluar dari tangki dan tumpah ke area lain. Meskipun jumlah cairan yang keluar sedikit, tidak akan mengurangi sifatnya yang mudah terbakar.

Baca Juga: Penyebab Mobil Terbakar Saat Dikemudikan: 5 Hal Yang Dapat Memicu

Itulah hal- hal yang harus dihindari saat Anda mengisi bensin di SPBU. Sebab, hal- hal ditas merupakan penyebab mobil terbakar saat isi bensin. Tentu, kita tidak ingin ada kejadian tersebut terjadi. Jadi, jangan coba- coba untuk melakuka n hal diatas. Selain itu, peringatan yang ada di SPBU bukan hanya sekedar peringatan.

Jika terjadi kebakaran mobil saat isi bensin maka akan menimbulkan kerugian. Baik itu untuk pemilik kendaraan maupun SPBU. Selain itu, orang- orang disekitar kejadian juga dapat terkena dampak. Jadi, utamkan keselamtan baik saat berkendara maupun saat mengisi bensin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *