Penyebab Lampu Sein Motor Mati Sebelah, Apa Saja Ya?

Lampu sein merupakan komponen yang kita gunakan untuk berkomunikasi dengan pengendara lainnya. Maka, jangan sampai ada masalah dengan komponen yang satu ini, ya. Seperti yang kita ketahui, bahwa tidak jarang jika lampu sein mati.

Tidak hanya redup, namun sampai mati. Bahkan yang lebih mengesalkan lampu sein mati sebelah. Tentu jika hal ini terjadi, maka akan sangat membahayakan. Bahkan Anda dapat terkenal tilang. Untuk itu, jangan sampai lamu sein ada mengalami masalah, ya.

Ada beberapa penyebab lampu sein motor mati sebelah. Yuk, ketahui penyebabnya, sehingga Anda dapat menghindarinya. Simak artikel ini sampai selsai, ya.

Penyebab Lampu Sein Motor Mati Sebelah

Lampu sein motor merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan tersebut yang jika mati sebelah harus Anda perbaiki dan ketahui penyebabnya. Mengingat, masih banyak pengendara motor yang malah membiarkannya ketika menegtahui lampu sein mati sebelah.

Ya, mereka malah akan menggu sampai benar- benar mati semuanya, barulah akan dibetulkan. Wah, meskipun mati sebelah, tetap saja hal ini akan membahayakan ketika berkendara.

Baca Juga: Mengganti Lampu Motor: Cara dan Hal yang Harus Diperhatikan!

Jadi, segera perbaiki ya apabila lampu sein motor mati sebelah. Nah, sebelum itu mari kit mengetahui penyebab lampu sein motor mati sebelah. Apa saja ya penyebab lampu sein motor mati sebelah?
Berikut adalah ualsan lengkapnya untuk Anda. Selamat membaca!

Penyebab Lampu Sein Motor Mati Sebelah
Penyebab Lampu Sein Motor Mati Sebelah (Sumber Gambar: Google)

Saklar yang Kotor

Penyebab lampu sein motor mati sebelah salah satunya adalah saklar yang kotor. Untuk mengetahuinya maka Anda dapat memriksanya sendiri. Cobalah untuk menggerakan saklar tersebut.

Apabila ketika digerakkan saklar bergerak sesuai yang Anda arahkan, maka artinya masih berfungsi dengan baik. Jika saklar yang Anda gunakan tidak membuat sein menyala, artinya tidak ada aliran listrik yang mengalir pada saklar tersebut.

Aliran listrik pada saklar dapat tersendat karena kondisinya yang kotor atau rusak. Oleh sebab itu, saklar tidak dapat mengirimkan sinyal dan membuat sein mati sebelah. Jika sein motor Anda mati sebelah disebabkan oleh saklar yang kotor bagian dalamnya, cobalah untuk melepaskannya terlebih dahulu.

Sebelum dipasangkan kembali, Anda dapat menyemprotkan contact cleaner untuk membersihkan saklar tersebut. Apabila keadaan saklar mengalami kerusakan, sebaiknya Anda segera menggantinya dengan yang baru.

Harga yang perlu Anda keluarkan juga tidak terlalu besar, bahkan bisa lebih murah dari harga flasher sein.

Flasher Sein yang Rusak atau Kotor

Penyebab lampu sein motor mati sebelah yang selanjutnya adalah flasher sein yang rusak atau kotor. Sebelumnya, mari kita ketahui terlebih dahulu untuk fungsinya. Jadi, fungsi dari flasher sein adalah untuk membuat sein motor berkedip.

Sirkuit listrik yang ada dalam flasher lah yang mengatur arus agar membuat kedipan pada sein motor. Cara untuk mengetahui apakah flasher sein mengalami kerusakan atau tidak, Anda dapat memperhatikan dua ciri.

Penyebab Lampu Sein Motor Mati Sebelah
Penyebab Lampu Sein Motor Mati Sebelah (Sumber Gambar: Google)

Dimana ada dua ciri yang dapat dikenali. Ciri yang menunjukkan bahwa flasher rusak adalah sein motor terus menyala tanpa berkedip dan lampu sein tidak menyala atau mati sebelah. Sein motor yang terus menyala tanpa berkedip menjadi tanda bahwa flasher sein yang rusak terjadi pada sirkuit tengah ketika titik sentuh dalam posisi bertemu.

Sementara jika sein motor tidak menyala artinya titik sentuh yang berada di sirkuit tengah tersebut berpisah. Jadi, pastikan bahwa jalur output flasher sein tidak tersendat oleh debu maupun terjadi kerusakan di dalamnya.

Apabila tidak ada kotoran yang menyebabkan aliran listrik tersendat, maka kemungkinan flasher seinnya yang mengalami kerusakan, sehingga Anda harus segera mengganti dengan yang baru yaitu dengan part original yang bisa didapatkan di bengkel resmi terdekat.

Anda dapat memeriksa hal ini secara mandiri di rumah, namun jika Anda tidak yakin, maka ada baiknya jika membawnaya ke bengekl resmi untuk segera ditangani.

Bohlam dan Kabel Putus

Penyebab lampu sein motor mati sebelah yang selanjutnya adalah bohlam dan kabel putus. Jadi, bohlam dan kabel yang putus pada komponen motor juga dapat menjadi penyebab sein mati sebelah.

Apabila salah satu bohlam ada yang putus, maka akan berpengaruh pada bohlam lainnya. Satu bohlam yang putus dapat membuat sein tidak berkedip meskipun dalam keadaan menyala. Bohlam-bohlam pada sein saling mempengaruhi satu sama lain.

Dengan demikian, Anda harus memastikan bahwa seluruh bohlam pada sein tidak ada yang mengalami kerusakan atau putus. Jika salah satu bohlam putus, ini akan membuat sein motor Anda menjadi terganggu.

Penyebab Lampu Sein Motor Mati Sebelah
Penyebab Lampu Sein Motor Mati Sebelah (Sumber Gambar: Google)

Tegangan Aki Tidak Maksimal

Penyebab lampu sein motor mati sebelah yang selanjutnya adalah tegangan aki yang tidak maksimal. Apabila Anda telah memastikan bahwa seluruh komponen pada motor terpasang dengan baik dan tidak ada kerusakan, sementara sein tetap mati sebelah mungkin karena ada penyebab lainnya.

Diantara penyebab lain yang dapat membuat sein motor mati sebelah adalah tegangan aki yang tidak maksimal. Aki motor Anda harus memiliki voltase yang baik, yaitu diatas 12 volt. Apabila motor Anda memiliki voltase kurang dari 12 volt, maka akan percuma dan bisa menyebabkan sein motor mati sebelah.

Baca Juga: Berbagai Jenis Soket Lampu Mobil Yang Perlu Diketahui

Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa tegangan aki pada motor telah maksimal.

Itulah penyebab lampu sein motor mati sebelah. Per dingat dan diketahui bahwa dalam berkendara, penting sekali untuk memperhatikan keamanan. Untuk menciptakan kemanan tersebut, maka salah satu caranya adalah dnegan memastikan kondisi lampu sein dapat berfungsi sebagimana mestinya.

Sebab, lampu sein sangat penting untuk memberikan tanda ke pengendara lain ketika kita ingin menyeberang atau berbelok arah. Pastikan juga nyanya terang atau tidak redup. Jika ingin memodifikasinya, pastikan jika sesuai ketentuan yang berlaku, ya.

Mengingat lampu sein merupakan alat komunikasi dengan pengendara lain ketikda berkendara, maka ketika ada kerusakan segera atasi, ya. Jangan menggu sampai benar- benar rusak. Sebab, hal ini akan membahayakan, dimana bukan hanya Anda namun juga pengendara di sekitar Anda.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *