Penyebab Kerusakan Kompresor AC Mobil – Kompresor AC memiliki fungsi sebagai sirkulasi freon AC untuk memompa dari outdoor menuju indoor hingga balik lagi ke outdoor. Namun, sama dengan komponen AC yang lain, kompresor juga sering mengalami kerusakan. Apabila kompresor rusak maka AC tidak dapat menghasilkan udara yang dingin. Apabila hal ini terjadi, maka kenyamanan kabin mobil Anda tentu akan terganggu.

Kerusakan pada kompresor ada tingkatannya. Tingkatan tersebut dari yang paling ringan hingga rusak berat. Namun, kita tidak dapat menyepelekan kerusakan sekecil apapun pada komponen yang satu ini. Sebab akan mengganggu kenyamanan saat berkendara. Berikut adalah penyebab kerusakan kompresor AC mobil yang sering terjadi.

Penyebab Kerusakan Kompresor AC Mobil: Tegangan Listik

Penyebab pertama yang akan kita bahas adalah tegangan listrik. Tegangan listrik yang tidak setabil atau tidak sesuai dapat menjadi pemicu rusaknya kompresor AC mobil. Hal ini berlaku untuk tegangan listrik terlalu kecil atau bahkan terlalu besar tentu akan menyebabkan kerusakan pada kumparan motor kompresor. Pada dasarnya sudah ada standar tegangan listrik yang bisa ditangani oleh kompresor AC Kebutuhan suplai listrik untuk tiap tipe AC berbeda-beda.

Umunya, AC memiliki tegangan listrik sekitar 220/230 volt seperti yang tertera pada nameplat atau buku panduan. Tegangan listrik yang tidak seimbang dengan kemampuan kompresor maka akan menambah beban dari kompresor itu sendiri. Ketika beban dan kinerja kompresor yang berlebihan dalam memompa freon akan menyebabkan kerusakan pada putaran kompresor atau kumparan terbakar.

AC bekerja dengan optimal apabila tegangan dan suplai arus listrik sesuai dengan kebutuhan. Suplai listrik yang tidak berimbang antara kebutuhan dengan suplai yang ada, bisa mengakibatkan masalah dalam fungsi AC. Bagian yang paling terdampak adalah kumparan pada motor kompresor AC.

Baca Juga: Fungsi dan 3 Jenis Kaca Spion Mobil yang Penting Untuk Diketahui

Penyebab Kerusakan Kompresor AC Mobil
Penyebab Kerusakan Kompresor AC Mobil (Sumber Gambar: Google)

Penyebab Kerusakan Kompresor AC Mobil: Kekurangan Oli

Kekurangan oli merupakan salah satu penyebab rusaknya kompresor AC mobil. Meskipun kekrangan oli merupakan tungkatan terendah penyebab kerusakan pada kompresor AC, kita tetap saja tidak dapat menyepelekan hal ini. Oli kompresor berfungsi sebagai pelumas piston. Oli yang kurang atau bahkan habis, akan menimbulkan kebocoran pada pipa, kondensor, atau evaporator. Kebocoran pada bisa berakibat buruk pada kompresor. Hal ini karena kompresor menjadi mudah panas yang bisa menyebabkan kumparan motor terbakar hingga rusak.

Baca Juga: Dampak Pengharum Mobil Pada AC: Perhatikan Sebelum Memilih!

Tidak hanya kekurangan oli yang menjadi peneybab rusaknya kompresor, ternyata pengisian oli yang salah juga dapat menimbulkan kerusakan. Pengisian oli yang salah dapat menyebabkan kerusakan dikarenakan pengisian bahan tersebut haruslah sesuai dengan standar dari pabrik. Kesalahan pengisian oli akan menyebabkan komponen pada kompresor rusak karena tidak cocok dengan bahan yang digunakan. Oleh karena itu, selalu lakukan pengisian oli untuk kompresor dan gunakan oli yang standarnya sesuai dengan pabrik. Pada saat pengisian oli pun harus diperhatikan sesuai standar oli yang ditetapkan pabrik.

Penyebab Kerusakan Kompresor AC Mobil: Usia Kompresor

Sama seperti komponene kendaraan mobil yang laian, usia kompresor juga menjadi salah satu penyebab rusaknya komponen yang satu ini. Sebab, usia kompresor AC mobil yang lama biasanya akan muncul karat. Adanya karat pada kompresor jelas akan mengurangi fungsi kerjanya. Karat pada kompresor AC akan menimbulkan kebocoran yang berakibat pada rusaknya AC.

Selain itu, kompresor AC akan mengalami penurunan fungsi ketika sudah berusia antara 5-10 tahun. Kompresor AC yang sudah lama dipakai akan mengalami aus pada bagian piston. Hal ini bisa diketahui dari bagian evaporator yang sudah tidak dingin, arus yang kecil, dan tekanan freon yang berkurang. Adanya karat dan terjadinya us sangat berpengaruh pada kinerja kompresor. Dimana kinerja kompresor menjadi tidak maksimal.

Penyebab Kerusakan Kompresor AC Mobil: Sirkulasi Terhambat

Sirkulasi freon yang terhambat juga menjadi salah satu penyebab rusaknya kompresor AC mobil. Adanya hambatan pada sirkulasi ini diakibatkan oleh kotoran yang terdapat pada pipa terkadang oli yang naik ke sistem sirkulasi. Dimana sumbatan tersebut akan memperberat kinerja kompresor. Perlambatan kinerja disebabkan oleh sumbatan yang membuat sistem pompa pada kompresor menjadi semakin berat dan tidak efektif.

Beban berat ini terjadi karena sumbatan kotoran menjadikan aliran yang dipompa kompresor menjadi tidak berimbang. Sehingga kompresor dipaksa untuk menambah beban tekanan supaya aliran bisa sesuai.
Sumbatan pada kompresor dapat ditangani dengan melakukan flushing. Yang dimaksud dengan flushing adalah pengaliran suatu cairan nitrogen ke dalam AC atau saluran yang tersumbat. Tindakan ini akan sangat efektif untuk mengeluarkan kotoran dari aliran. Apabila hal ini tidak efektif, ada kemungkinan diperlukan penggantian pada bagian yang mengalami sumbatan.

Baca Juga: AC Mobil Rusak: Hal Yang Dapat Menyebabkan AC Mobil Rusak

Penyebab Kerusakan Kompresor AC Mobil: Adanya Tekanan

Penyebab terakhir yang mengakibatkan kerusakan pada kompresor AC mobil adalah adanya kelebihan tekanan. Pada dasarnya sudah ada standar tekanan yang bisa ditangani oleh kompresor AC untuk setiap AC dari tipe yang berbeda. Namun, kesalahan dalam jumlah tekanan AC yang tidak seimbang dengan kemampuan kompresor akan menambah beban kompresor. Beban dan kinerja kompresor yang berlebihan dalam memompa freon akan menyebabkan kerusakan pada putaran kompresor atau kumparan terbakar.Kebanyakan memiliki standar tekanan dibawah 3 phase yaitu 80 Psi. Jika terjadi kelebihan tekanan dari kapasitas yang seharusnya akan menyebabkan kompresor tidak mampu memompa dan akibat buruknya kumparan akan terbakar otomatis kompresor AC rusak.

Itulah lima hal yang sering menjadi penyebab kerusakan kompresor AC mobil. Masih ada faktor lain yang menjadi penyebab kerusakan kompresor AC mobil. Seperti pulley dan pressure plate mengalami kerusakan, komponen seal bocor, fan atau kipas AC mati/lemah.

Kompresor AC harus terus dalam kondisi yang baik untuk bisa membuat nyaman pemilik mobil. Sebab, Sistem pendingin kabin mobil bergantung pada kompresor AC mobil. Jadi, segera lakukan perbaikan jika mengetahui hal sekecil apapun yang menjadi penyebab kerusakan pada kompresor. Sehingga,kenyamanan kabin mobil Anda akan tetap terjaga.

Baca Juga: AC Mobil : 5 Komponen AC Yang Memerlukan Servis Rutin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *