Saat ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, pentingnya safety driving saat Anda berkendara harus diutamakan. Safety driving lebih menekankan pada kemampuan pengemudi dalam menguasai teknis mobil yang digunakan untuk berkendara. Dimana pengemudi safety driving cenderung memiliki cara-cara berkendara yang aman, selamat, dan benar, ditambah dengan mental positif dan kewaspadaan secara terus menerus. Namun bukan berarti safety driving akan memberikan keamanan dalam berlalu lintas.

Tidak hanya produsen kendaraan yang membekali produk kendaraan mereka dengan safety driving, namun sebagai pengemudi kita juga dapat melakukan hal- hal yang menambah atau menciptakan keselamatan saat berkendara. Berikut adalah hal- hal yang dapat dilakukan oleh pengendara.

Pentingnya Safety Driving

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pengenarademi keselematan saat berkendara. Untuk itu, artikel kali ini kali ini kita akan membahas tentang pentingnya safety driving berupa tips Safety Driving agar kalian bisa berkendara di jalan dengan aman dan bisa bertemu dengan keluarga tercinta di rumah.

Memastikan Kendaraan Dalam Kondisi Layak

Saking pentingnya safety driving, Anda harus memastikan bahwa kendaraan Anda layak untuk digunakan. Ya, inilah tips safety driving yang pertama yaitu selalu memastikan bahwa mobil layak untuk digunakan. Pastikan bahwa kondisi mobil Anda dalam keadaan prima. lakukan pengecekan oli apakah masih banyak atau tidak. Selain itu, cek pula air radiator apakah sudah habis atau perlu ditambahkan. Pastikan Anda juga membawa cadangan air radiator di dalam mobil untuk jaga- jaga apabila dibutuhkan.

Safety Driving
Safety Driving (Sumber Gambar: Google)

Perhatikan pula ban mobil, apakah masih dalam keadaan yang bagus atau perlu ditambahkan lagi angin / hidrogen. Selain itu, usahakan untuk membawa cadangan ban di dalam mobil. Selain itu, coba cek bagian pengereman. Pastikan bahwa pengereman berfungsi dengan baik. Lakukan perawatan dan servis secara rutin, agar kinerja kendaraan tetap prima dan komponennya berfungsi dengan baik.

Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

Mematuhi peraturan lalu lintas adalah tips safety driving selanjutnya. Dikarenakan pentingnya safety driving maka begitu banyak peraturan lalu lintas yang telah dibuat untuk kepentingan bersama. Lampu lalu lintas, jalan marka, dan juga rambu- rumbu diciptakan untuk menciptakan ketretiban dalam berlalu lintas. Tujuannya untuk agar para pengendara merasa aman dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Namun sayangnya, justru masyarakat masih banyak yang melanggar peraturan yang dibuat. Apalagi jika tidak ada CCTV POLANTAS dan Polisi itu sendiri. Padahal melanggaran peraturan lalu lintas tidak hanya membahayakan keselamatn diri sendiri namun juga pengendara lain. Anda tidak hanya perlu mengetahui peraturan lalu lintas, namun juga harus menjalankannya, ya.

Selain itu, perhatikan jika Anda ingin menyalip. Jangan sampai malah melanggar lalu litas atau bahkan menimbulkan kecelakaan. Untuk bisa mendahului atau overtaking dengan baik, ada beberapa langkah yang bisa Anda perhatikan supaya sukses. Pertama Anda harus menjaga jarak aman. Selanjutnya jangan lupa menyalakan lampu sign. Selanjutnya meminimalisir blindspot dan menggunakan gigi rendah. Pastikan kondisi sekitar, seperti tidak ada kendaraan dari lain arah misalnya. Lalu, Anda dapat memulai untuk mendahului mobil setelah memastikan bahwa kondisi sekitar memungkinkan.

Dengan melakukan seluruh langkah tersebut, maka Anda bisa melakukan mendahului dengan lebih aman dan tidak membahayakan orang lain, seperti pengemudi mobil lainnya dan juga mobil dari arah berlawanan.

Baca Juga: Safety Riding Motor Matik: Aman Berkendara Bagi Pemula

Sikap Saat Mengemudi

Tetap tenang saat mengemudi juga merupakan tips safety driving. Sebab, tidak semua orang dapat mengemudikan mobilnya dengan tenang. Apalagi jika sedang dalam kondisi buru- buru, kondisi hujan, atau kondisi macet. Terkadang pengendara mobil juga menambah kecepatan secara tiba – tiba di jalan, padahal hal ini tidak di perbolehkan karena bisa membahayakan pengendara yang lainnya, apalagi jika semisal melakukan rem mendadak juga tidak diperbolehkan dikarenakan akan menyebabkan tindakan berbahaya bagi pengemudi dibelakang.

Usahakan dalam kondisi apapun tetap tenang dan juga selalu patuhi peraturan lalu lintas, jangan lupa selalu lihat spion kiri, kanan atau belakang agar mengetahui posisi aman kita dengan pengendara lainnya, lebih bagusnya lagi selalu jaga jarak antara pengendara mobil satu dengan pengendara lainnya. Dalam mengemudikan mobil, Anda harus selalu mengutamakan ketenangan.

Pertama, cobalah untuk menekan pedal gas dengan lembut dan lakukan perpindahan gigi secara ideal. Selain itu jangan mementingkan emosi dalam mengemudi karena bisa membawa marabahaya. Anda juga sebaiknya mampu mengontrol kecepatan mobil agar bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sikap mengemudi yang benar tidak hanya akan menguntungkan diri Anda sendiri, tetapi juga orang lain.

Baca Juga: Standar Safety Riding: Wajib Untuk Dipatuhi Saat Berkendara!

Kenyamana Dalam Posisi Duduk

Tips safety driving adalah menciptakan kenyamanan saat duduk. Meskipun mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya bahwa posisi duduk yang nyaman juga harus diutamakan. Posisi duduk yang nyaman diharapkan dapat mengantisipasi dan menghindari potensi bahaya yang muncul selama berkendara.

Kenyamanan yang baik yaitu harus bisa duduk tanpa lelah selama 2-4 jam dan tidak membuat bagian tubuh cedera. Posisi duduk harus dapat mengkontrol posisi kaki harus pas, posisi tangan yang memegang setir mobil harus di bawah jantung, dan seluruh punggung harus rapat dengan sandaran bangku agar tidak mudah lelah. Selain itu posisi duduk yang baik yaitu masih membuat kita mampu menggunakan instrumen di dashboard dan mampu melihat blindspot yang bisa tercipta.

Fokus Saat Mengemudi

Tips untuk safety driving selanjutnya adalah selalu fokus saat berkendara. Jangan menggunakan handphone, misalnya. Sebab hal ini akan mengganggu fokus mengemudi Anda. Selain itu jangan mengemudi dibawah pengaruh alkohol. Ini sangat berbahaya. Tidak hanya untuk Anda namun untuk pengendara lainnya di jalan. Jadi utamakan fokus ketika Anda mengemudi.

Baca Juga: Eco Driving: Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar!

Pentingnya safety driving maka setiap pengendara harus mengetahuinya dan mengaplikasikannya saat berkendara. Sehingga, akan tercipta ketertiban dan kemanan berkendara. Jadi, yang masih suka mugal- ugalan dalam mengemudi mungkin bisa dihilangkan mulai sekarang. Ya, tidak hanya Anda yang ingin sampai dengan selamat, namun ada pengendra lain yang juga ingin sampai dengan selamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *