Ketika tinggal mengurus pengambilan BPKB Motor sebagian orang sudah sangat lega. BPKB adalah dokumen yang penting. Informasi mengenai kepemilikan motor, membayar pajak, bahkan menjual montor kembali harus ada BPKB. Karena BPKB merupakan dokumen yang penting, banyak pula oramg yang menjadikan BPKB sebagi jaminan.

Namun, taukah Anda jika BPKB tidak langsung bisa Anda langsung bawa pulang?. Ketika Anda menerima motor dan membawa motor pulang kerumah, BPKB belum Anda dapatkan. Proses serah terima BPKB membutuhkan waktu tertentu.

Selain itu, ketika mengurus BPKB motor cash dan kredit juga berbeda. Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai pengambilan BPKB untuk motor cash dan motor kredit. Sehingga, informasi ini dapat dijadikan sebagi gambaran ketika Anda akan mengambil BPKB.

Sebelum membahas mengenai cara mengambil BPKB, kita akan membahas fungsi atau pentingnya BPKB. Berikut adalah fungsi dari BPKB kendaraan.

Fungsi BPKB Kendaraan

Salah satu fungsi dari BPKB sudah di sebutkan pada pembukaan artikel ini. Namun, masih banyak fungsi BPKB kendaraan. Menurut laman Kepolisian Republik Indonesia BPKB mempunyai banyak fungsi penting. Sehingga, pemilik BPKB harus berhati – hati dalam menggunakan dokumen ini.

Fungsi BPKB yang pertama adalah sebagai tanda pengenal kendaraan bermotor. Semua jenis kendaraan bermotor harus memiliki STNK dan BPKB. Kedua dokumen ini menjadi tanda kelegalitasan sebuah kendaraan. Kelegalitasan ini ditujukan untuk kesahan pemilik dalam memiliki kendaraan dan kelegalan untuk kendaraan tersebut memang telah terdaftar.

Sehingga, akan mudah terdeteksi bila kendaraan tersebut merupakan hasil curian. Untuk itu, simpanlah STNK dan BPKB di tempat yang aman. Karena ini adalah bukti sah kepemilikan kendaraan bermotor. BKPB merupakan Certificate of Ownership yang disempurnakan dan merupakan dokumen penting yang harus disimpan baik-baik oleh yang bersangkutan.

Selanjutnya adalah mengenai fungsi BPKB sebagai dokumen administrasi. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa BPKB juga di butuhkan sebagai dokumen untuk membayar pajak kendaraan. Sehingga, BPKB dapat digunakan sebagai cara pengawasan terhadap pemasukan keuangan negara.

Fungsi BPKB yang sering disalah gunakan oleh masyarakat adalah fungsinya sebagai dokumen berharga. Karena BPKB mempunyai nilai rupiah, masyarakat biasanya juga menggunakannya sebagai jaminan. Hal ini tidak masalah jika peminjaman dilakuakn dengan cara yang tepat dan terselesaikn dengan baik.

Namun, kurangnya edukasi pada masyarakat mengenai pentingnya BPKB Kendaraan, menjadikan dokumen ini sangat mudah pindah tangan. Padahal mungkin akan menimbulkan risiko yang lebih besar. Untuk itu, jangan mudah untuk menjadikan BPKB sebagai jaminan.

Sehingga keberadaanya harus dijaga dengan baik untuk mempermudah proses administrasi yang harus dilakukan selama memiliki kendaraan tersebut.

Syarat Pengambilan BPKB Motor

Syarat pengambilan BPKB motor tidak banyak perbedaan antara pembeli cash maupun kredit. Namun, kami akan membahas satu – persatu mengenai syarat pengambilan BPKB. Berikut adalah syarat pengambilan BPKB.

Pengambilan BPKB Motor: Syarat dan Lama Waktu untuk Mengambil BPKB 1
Syarat pengambilan BPKB Motor via Moladin.com

Syarat Pengambilan BPKB Motor Cash

Cara pengambilan BPKB dapat dilakukan dengan tiga cara. Pertama adalah dengan pemilik datang sendiri. Cara ke dua adalah diwakilkan oleh orang lain. Cara yang terakhir adalah jika pemilik merantau. BPKB bagi pemebli motor secara cash dapat diambil di diler tempat mereka membeli kendaraan tersebut.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi apabila BPKB diambil sendiri oleh pemilik kendaraan. Syarat pertama adalah menunjukkan nota lunas. Simpanlah nota pembelian motor dengan baik. Nota ini juga bisa digunakan untuk mengklaim garansi kendaraan.

KTP asli dan STNK asli menjadi syarat selanjutnya yang harus ada. Dokumen ini digunakan untuk menyamakan informasi. Selain itu, KTP digunakan untuk memastikan bahwa pemilik kendaraanlah yang mengambil sendiri.

Selanjutnya adalah jika pengambilan BPKB melalui perwakilan. Perlu mendapatkan perhatian, bahwa perwakilan untuk mengambil BPKB haruslah orang yang satu keluarga. Artinya namanya tercantum dalam satu kartu keluarga. Jadi, jangan samapai salah dalam mengirim perwakilan untuk megambil BPKB.

Baca Juga: Wajib Tahu! Begini Cara Cek Pajak Motor Lengkap dan Mudah

Syarat selanjutnya jika melalui perwakilan adalah nota lunas dan STNK asli. Selain itu sertakan pula KTP asli pemilik kendaraan dan KTP asli orang yang mewakili. Selain KTP asli orang yang mewakili, diperlukan pula surat kuasa. Surat kuasa yang diserahkan harus bermaterai 6000 dan ditanda tangani oleh pemilik kendaraan dan perwakilan.

Selanjutnya, syarat apabila pemilik merantau atau meninggal dunia. Berbeda dari kedua syarat sebelumnya yang membutuhkan KTP asli pemilik, namun untuk syarat kali ini tidak diperlukan. Namun, harus ada surat keterangan dari desa sebagai pengganti KTP asli pemilik. Selanjutnya KTP asli dan fotokopi penggambil BPKBP.

Syarat selanjutnya adalah KK asli dan fotokopi dari pengambil. Syarat selanjutnya bukti pembayaran lunas dan STNK asli. Pengambil harus satu KK dengan pemilik asli kendaraan. Apabila syarat-syarat di atas belum lengkap atau tidak sesuai, maka BPKP terpaksa tidak dapat diserahkan ke konsumen. mengingat BPKB juga merupakan dokumentasi penting dalam kepemilikan kendaraan bermotor.

Syarat Pengambilan BPKB Motor Kredit

Jika mengambil BPKB motor cash di diler pembelian, maka untuk pengambilan BPKB motor kredit dapat diambil pada lembaga leasing. Sama seperti cara pengambilan BPKB motor cash, pengambilan BPKB motor kreditpun menggunakan tiga cara. Yaitu pemohon kredit mengambil sendiri, pengembalian diwakilkan, dan pengambilan diwakilkan karena pemiik merantau atau meninggl.

Syarat pengambilan BPKB oleh pemohon kredit yaitu KTP asli pemohon kredit. Selanjutnya adalah Bukti pembayaran terakhir yang menunjukan bahwa pemohon kredit telah melunasi semua kewajiban pembayaran. Dua syarat ini adalah syarat umum yang diminta oleh lembaga leasing. Namun, banyaknya lembaga leasing maka akan banyak peraturan yang berlaku. Namun, secara umum dua syarat tersebut pasti ada.

Selanjutnya syarat jika melalui perwakilan. KTP asli dari pemohon kredit dan orang yang mewakilkan. Selanjutnya bukti pembayaran terakhir yang menunjukan bahwa pemohon kredit telah melunasi semua kewajiban pembayaran. Syarat yang tidak kalah penting adalah surat bermaterai dengan tanda tangan pemohon kredit dan perwakilan yang ditujuk.

Baca Juga: Oli Motor Matic: Memilih Oli yang Tepat untuk Merawat Mesin

Syarat selanjutnya untuk cara yang ketiga apabila pengambilan BPKB diwakilkan karena pemohon kredit merantau atau meninggal. Syarat yang pertama adalah bukti kwitansi pelunasan atau kwitansi pembayaran asli yang terakhir. KTP dan KK asli perwakilan. Selain itu bawa juga fotokopi KK dan KTP perwakilan yang akan mengambil BPKB.

Bawa pula surat keterangan dari tempat tinggal. Selain itu, surat pernyataan pengambilan BPKB bermaterai asli. Pengambil BPKB motor harus ahli waris yang dilengkapi dengan bukti pertalian resmi hubungan kekerabatan antara pengambil BPKB dan pemohon kredit.

Syarat Pengambilan BPKB Motor Perusahaan

Pengambilan BPKB motor atas nama perusahaan atau lembaga tenu mempunyai syarat yang berbeda pula. Pengambilan BPKB motor untuk perusahaan juga membutuhkan beberapa dokumen perusahaan. Dokumen tersebut adalah fotokopi SIUP dan TDP yang masih berlaku dan KTP asli pemilik perusahaan atau direktur.

Jika pengambilan diwakilkan oleh pegawai makan harus ada tambahan KTP asli dari penerima kuasa atau orang yang di berikan tanggung jawab untuk mengambil BPKB. Selain itu, sertakan surat kuasa bermaterai asli.

Syarat Pengambilan BPKB Motor Balik Nama

Syarat pengambilan BPKB Motor
Syarat pengambilan BPKB Motor yang sekalgus Balik Nama via lifepal.co.id

Pengambilan BPKB balik nama dapat dilakukan di Polda. Anda harus melakukan pembayaran dan mengantre di kantor Polda. Setelah melakukan prosedur awal, Anda akan mndapatkan tanggal untuk menggambil BPKB. Saat mengambil BPKB ada dokumen yang ahrus anda bawa seperti saaat Anda mengajukan balik nama.

Dokumen tersebut adalah Resi pengambilan BPKB yang kamu terima saat proses BBNKB, Fotocopy STNK baru, Fotocopy KTP pemilik baru, Surat kuasa + KTP asli pemilik baru, apabila pengambilan BPKB diwakilkan.

Surat Kuasa untuk Mengambil BPKB

Surat kuasa sangan penting apabila menggambbil BPKB dengan cara diwakilkan. Ada beberapa point yang harus diperhatikan ketika menulis surat kuasa untuk pengambilan BPKB. Apabila suarat kuasa dianggap kurang atau tidak memenuhi syarat, maka BPKB tidak dapat diberikan.
Hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat suarat kuasa adalah informasi pemberi kuasa. Informasi pemberi kuasa meliputi nama, Nomor Induk Kependudukan, dan alamat yang bersangkutan.

Selanjutnya adalah informasi penerima kuasa. Informasi penerima kuasa meliputi nama, Nomor Induk Kependudukan, dan alamat. Yang terakhir informasi yang harus tertera pada surat kuasa adalah Informasi kendaraan. Informasi kendaraan di sini dapat meliputi jenis kendaraan, nomor kendaraan, warna kendaraan dan nomor mesin.

Jangan lupa pemberi kuasa dan penerima kuasa harus membubuhkan tanda tangan di atas materai. Hal ini sebagai tanda keaslian surat kuasa agar bisa berlaku dengan baik.

Pengambilan BPKB motor untuk cash biasannya dapat di lakukan setelah 2 sampai 3 bulan setelah pembelian. Namun, jika kredit BPKB dapat diambil setelah motor lunas. Waktu pengambilan BPKB dapat lebih lama apabila motor di rakit dari luar negeri. Hal ini karena perlu adanya keterangan impor barang dan lainnya. Jadi, harapak dimaklumi apabila pengambilan BPKB sedikit lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *