Pencurian Sepeda Motor: Tips Agar Terhindar

Pencurian sepeda motor pasti pernah terjadi disekitar kita. Atau bahkan kalian malah pernah menjadi salah satu korbannya. Dikarenakan maraknya pencurian, maka banyak orang memberikan pengaman ekstra pada sepeda motor.

Hal ini dilakukan agar tehindar dari pencurian sepeda motor. Sepeda motor hilang tentu akan merugikan kita. Bukan hanya rugi secara materil namun juga kegiatan kita yang biasanya mudah dengan adanya sepeda motor menjadi terhambat.

Untuk itu selalu memastikan kemanan motor saat ditinggal parkir adalah hal yang harus dilakukan. Meskipun saat ini para produsen juga semakin menigkatkan kemanan dengan teknologi, namun tetap saja ada celah untuk mencurinya.

Ya, para pencuripun tidak kalah pintar untuk membobol kemanan tersebut. Alhasil motor dapat dibobol dalam waktu relatif singkat oleh pencuri lalu motorpun berhasil dibawa kabur.

Menghindari Terjadinya Pencurian Sepeda Motor

Penting sekali untuk sellau menambahkan pengamanan ekstra pada sepeda motor Anda. Terutama jika lingkungan Anda rawan pencurian. Artikel kali ini akan membahas menegnai tips untuk menghindari pencurian sepeda motor. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Kunci Stang ke Arah Kanan

Untuk mencegah terjadinya pencurian motor, maka jangan lupa untuk selalu mengunci stang motor. Meskipun Anda tiggal atau parkirkan hanya sebentar. Selain itu, usahakan untuk mengunci motor dan mnghadapkan stang ke arah kanan.

Dengan mengunci stang ke arah kanan maka akan lebih aman. Jika Kita arahkan penguncian stang ke arah kanan dapat mempersulit pelaku pencurian melakukan aksinya, karena ruang gerak untuk memutar kunci T akan terasa sempit.

Pencurian Sepeda Motor
Pencurian Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Sehingga pencuri membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibanding arah ke kiri. Tentu ini akan menjadi hal yang merepotkan, sebab kebanyakan terbiasa mengunci ke arah kiri. Mungkin Anda dapat mulai membiasakannya mulai saat ini.

Sebab, mengunci kesebelah kiri akan menciptakan ruang yang lapang di bagian kanan. Kunci T dengan gagang yang panjang tentu mudah diputar dan sepeda motor pun lebih cepat dibobol maling. Namun demikian, cara ini tidak berlaku untuk sepeda motor dengan posisi kunci kontak di tengah.

Pasang Pengaman Tambahan

Selain mengunci ke arah kanan, agar menghindari pencurian motor juga sebaiknya memasang pengaman tambahan. Hal ini untuk berjaga- jaga dari hal yang tidak diinginkan. Pengaman tambahan yang dapat Anda pilih adalah gembok cakram.

Gembok ini efektif untuk mencegah pencurian sepeda motor. Sebab, pencuri membutuhkan waktu lebih untuk membuka gembok ini. Gembok cakram ini pada lubang pringan cakram yang ada di ban motor bagian depan.

Tambahan keamanan yang satu ini dapat Anda dapatkan mudah di toko suku cadang. Selain itu, gembok ini tersedia dalm beragam bentuk. Sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan selera Anda.

Selain menggunakan gembok cakram, Anda juga dapat menggunakan rantai yang dikombinasikan dengan kunci gembok. Tentu pengaman yang satu ini terdengar lebih ekstrim bukan? Selain itu juga terdengar lebih ribet. Sebab, Anda harus melilitkan rantai pada arm dan pelek roda belakang, hingga ke shockbreaker kemudian digembok.

Rantai yang mengikat pastinya butuh proses yang rumit saat membongkarnya dan membuat pencuri enggan membuang waktu lama untuk melakukan hal tersebut. Risiko kehilangan motor dari para maling motor akan sedikit berkurang. Jadi, jika Anda ingin kemanan yang lebih Anda dapat menggunakan cara yang satu ini. Terlebih jika daerah Anda rawan pencurian saat malam hari.

Pencurian Sepeda Motor
Pencurian Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Ciptakan Kunci Rahasia

Menciptakan kunci rahasia juga erupakan upaca menghindari pencurian sepeda motor. Ada trik dari yang paling mudah hingga yang cukup merepotkan untuk menciptakan kunci rahasia. Hal termudah yang bisa Anda lakukan saat akan meninggalkan sepeda motor yaitu mencabut cangklong busi.

Komponen ini berfungsi menyalurkan kelistrikan dari koil menuju busi untuk pembakaran. Anda juga dapat menggunakan cara lain, yaitu dengan mencabut sekring. Hal ini akan membuat motor tidak menyala. Namun, jangan lupa untuk memasangnya lagi ketika Anda akan menggunakannya, ya.

Terakhir Anda dapat Anda dapat menggunakan cara memutus aliran listrik dari kabel CDI atau pengapian. Namun, pemasangan kunci rahasia ini butuh tenaga profesional dari mekanik demi menghindari konsleting dan kerusakan lainnya.

Jadi, dari ketika kunci rahasia diatas mana yang paling ingin Anda coba?

Pasang Alarm

Agara terhindar dari pencurian sepeda motor, maka Anda dapt juga memasang alarm peringatan, loh. Ya, saat ini alarm peringatan pencurian tidak hanya dipasang pada mobil ataupun motor kelas menegah ketas saja.

Namun, sekarang alarm ini sudah umum dipasang di sepeda motor berapapun harganya. Untuk memasang alarm Anda butuh bantuan dari mekanik, hal ini karena berhubungan dengan kelistrikan sepeda motor.

Jadi, serahkanlah kepada ahlinya untuk memasang, ya guys. Perlu diingat bahwa alarm ini sifatnya hanya berupa pelengkap dan peringatan dini saat motor akan dibobol. Peringatan suara yang berbunyi kadang tidak dipedulikan orang lain. Oleh karena itu, prioritas terpenting dalam keamanan sepeda motor yakni tetap menyediakan kunci tambahan atau kunci rahasia.

Pencurian Sepeda Motor: Tips Agar Terhindar 1
Pencurian Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Memasang Sistem Keyless Ignition System

Teknologi selanjutnya untuk menghindari pencurian sepeda motor adalah sistem keyless ignition. Jika alarm akan berbunyi ketika motor Anda dibuka paksa, maka sistem ini berbeda. Dimana sisitem ini menggunakan remot.

Jadi, sistem ini akan mendeteksi kunci remote dalam radius 1 m. Jika terdeteksi itu artinya pemilik motor sudah bisa menyalakan mesin. Ketika kunci remote berada di luar radius, maka secara otomatis mesin motor mati dan akan langsung terkunci.

Hal ini sudah pasti akan membuat motor menjadi lebih aman karena lebih sulit untuk dicuri. Beberapa motor keluaran terbaru, seperti Suzuki GSX-R 150 sudah dilengkapi sistem yang satu ini.

Itulah cara untuk menghindari pencurian sepeda motor. Apabila daerah Andarawan pencurian, maka ada baiknya Anda waspada. Ya minimal selalu bawa pengaman tambahan dan biasakan mengunci stang ke arah kanan.

Hal ini akan memperlambat pencurian, sehingga mmebuat pencuri panik dan pencurian berhasil dicegah. Namun, ada baiknya jika kita sebagai pemilik kendaraan yang lebih waspada dan melakukan pencegahn pencurian. Pastikan bahwa motor terparkir di tempat yang aman, ya.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.