Skip to content

Pelek Jari Jari Sepeda Motor: Kelebihan dan Kekurangan

Mungkin saat ini banyak sepeda motor yang tidak menggunakan pelek jari jari. Namun, walau bagaimanapun pelek jari jari dianggap tidak aan pernah punah. Sebab, pelek jari jari memliki banyak kelebihan yang menguntungkan pemilik kendaraan.

Pelek jari jari sepeda motor merupakan jenis pelek yang lebih awal muncul dibanding pelek racing yang merajai aspal jalanan. Memang terlihat kuno, tapi nyatanya beberapa motor modern seperti kawasaki W 175, KLX, dan BMW GS masih mempertahankan pelek jaring-jaring tersebut.

Ya, Meskipun di era modern sudah banyak yang menggunakan pelek palang, namun pelek jari jari masih tetap digunakan, loh. Namun, hanya saja peruntukannya mengerucut di beberapa jenis motor. Contohnya adalah motor yang telah disebutkan diatas.

Baca Juga: Kerusakan Pada Karburator & Cara Memperbaikinya

Mari kita bahas menegnai kelebihan dan kekeurangan pelek jari jari sepeda motor. Sebab, perlu diketahui bahwa pelek bukan hanya sebagai aksesoris, ada tujuan tertentu dalam menentukan jenis pelek apa yang ingin kita gunakan.

Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. Selamat membaca!

Kelebihan Pelek Jari Jari Sepeda Motor

Ada beberapa kelebihan yang membuat pelek jari jari sepeda motor tetap digunakan. Mungkin, saat ini banyak motor yang tidak menggunakan pelek jari jari. Namun, bagi Anda yang menyukai modifikasi pasti akan melirik berbagai macam jenis pelek agar motornya keren.

Pelek jari jari Sepeda Motor
Pelek jari jari Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Nah, salah satu yang sering dilirik saat akan melakukan modifikasi motor adalah pelek jari jari. Yups, mengingat pelek ini banayk juga loh tersedia dalam berbagai varian warna. Sehingga, sangat cocok bagi yang menyukai modifikasi motor.

Namun, selain itu kelebihan pelek jari jari juga menjadikan para modifikator memilih jenis ini. Yuk, kita bahas kelebihan pelek jari jari. Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Unggul dari Segi Ketahanan

Kelebihan yang paling menonjol dari pelek jari jari sepeda motor adalah ketahanannya yang lebih kokoh apabila dibandingkan dengan pelek yang lain, seperti pelek racing. Kenapa pelek jari jari lebih kokoh?

Hal ini dikarenakan kontruksi pelek jari-jari merupakan gabungan dari banyak tangkai besi, yang dipasang saling menyilang. Kunciannya terpisah pada masing-masing lubang, tidak dalam satu kesatuan.

Sehingga ketika terentak benda keras, pelek lebih dulu meredam sebelum sampai ke shock breaker. Nah, karakter lentur itu, juga meminimalisir risiko pelek patah atau rusak. Ya, kelenturan inilah yang membuat pelek jari jari lebih unggul dari segi ketahanan.

Oh, ya perlu diketahui juga bahwa jika dibandingkan dengan pelek racing, pelek jari jari lebih lentur. Oleh karena itu dikarenakan pelek jari jari lebih unggul dari segi ketahanan maka pelek ini menjadi pilihan utama motor trail.

Mengingat montor jenis ini sering melintas di jalanan off road atau dual purpose yang mayoritas melalui jalan berupa tanah, bukan aspal. Sehingga, membutuhkan pelek yang kuat dan pelek jari jarilah yang menjadi pilihannya.

Harganya Yang Terjangkau

Keunggulan pelek jari jari sepeda motor yang selanjutnya adalah harganya yang terjangkau. Ya, bagi Anda yang ingin melakukan modifikasi maupun yang peleknya mengalmi kerusakan tentu hal ini sangat menguntungkan.

Jadi, apabila pelek jari jari mengalami penyok ataupun rusak maka Anda tidak perlu khawatir, sebab bukan hanya biaya erbaikan yang murah namun cara meperbaikinya juga mudah. Jadi, cukup datang ke bengkel servis pelek mana saja dengan keluhan tersebut, Anda tidak perlu khawatir akan biaya perbaikan.

Tidak perlu di bengkel resmi, karena banyak bengkel pinggir jalan yang dapat melakukannya. Anda hanya tinggal melakukan setel pelek di bengkel terdekat. Jangan khawatir untuk harga, sebab setel pelek terbilang sangat terjangkau yaitu kisaran Rp 30 ribuan.

Karena harga perbaikannya juga murah, sehingga ramah di kantong. Lalu bagaimana jika pelek sudah tidak bisa diperbaiki? Ya, ketika pelek jari-jari rusak parah dan tidak bisa disetel lagi, kamu tidak perlu menggantinya secara keseluruhan.

Cukup ganti komponen yang rusak, misal jeruji atau lingkar peleknya. Soal harga, pelek jari-jari pun relatif lebih murah dibanting pelek racing. Dan tentunya dengan model seperti ini, biaya penggantian bakal lebih terjangaku.

Pelek jari jari Sepeda Motor
Pelek jari jari Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Kekurangan Pelek jari jari

Dibalik kelebihan dari pelek jari jari sepeda motor, tentu saja ada kekeurangan yang mengikutinya. Sehingga, hal ini juga harus menjadi catatan tersendiri ketika kendaraan Anda menggunakan pelek jari jari.

Apa saja kekurangan dari pelek yang satu ini? Berikut adalah beberapa kekeurangan pelek jari jari yang perlu Anda ketahui.

Sulit Dibersihkan & Rawan Berkarat

Kekurangan yang pertama dari pelek yang satu ini adalah pelek yang sulit dibersihkan dan rawan berkarat. Jadi, pelek jari-jari punya komponen jeruji yang banyak dan melintang. Hal tersebut tentunya membuat sulit ketika Anda mencuci atau membersihkan pelek, karena harus detail sampai ke sudut-sudut terkecil.

Padahal jika jarangan dibersihkan atau pelek kotor malah sangat rentan untuk berkarat. Jadi, kekeurangan lain dari pelek jari-jari berbahan besi adalah lebih rentan terserang karat, jika tidak dibersihkan setelah terkena air hujan. Untuk itu, jika terkena air hujan ada baiknya langsung dicuci, sehingga mengurangi risiko berkarat.

Pelek jari jari Sepeda Motor
Pelek jari jari Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Tidak Terlalu Stabil

Kekurangan selanjutnya dari pelek jari jari adalah tidak terlalu stabil apalagi jika dibandingkan dengan pelek racing. Jadi dikarenakan konstruksinya yang elastis, jadi etika kamu memakainya di jalanan aspal maka area kaki-kaki kurang rigid dan tidak meminimalkan chassis roll. Efeknya pelek jenis ini menjadi tidak terlalu stabil saat diajak melesat dalam kecepatan tinggi.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa untuk pelek jari-jari juga tidak support dengan jenis ban tubeless. Sebenarnya bisa diakali sih dengan cara menambahkan lem pada bagian kepala jeruji untuk menambal celah sempit yang memungkinkan udara keluar. Namun, hal ini tidak disarankan untuk kemanan.

Baca Juga: Jok Mobil Berjamur: Gimana Cara Membersihkannya?

Ya itulah kelebihan dan ekekurangan pelek jari jari. Ada beberapa motor yang harus menggunakan pelek jari jari dikarenakan untuk digunakan aktifitas di medan yang membutuhkan ketangguhan pelek.

Ya, jelas apapun jenis peleknya jangan lupa untuk dirawat. Dimana perawatan paling mudah adalah dengan memebrsihkannya.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *