Parkir Paralel Mobil : Gimana Sih Cara Yang Benar?

Parkir mungkin menjadi hal yang amat merepotkan bagi sebagian orang, terutama para pemula. Apalagi parkir paralel mobil, wah mungkin menjadi hal yang kalau bisa tidak dilakukan para pengendara mobil mungkin tidak akan melakukannya.

Bahkan ketika belajar mengendarai mobil, part belajar parkir memiliki kesulitan yang lebih dibanding dengan yang lain. Ketika akan parkir paralel mobil ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Misalnya cara memegang setir harus benar. Sebab, cara parkir pararel yang benar memang cukup sulit bagi para pengemudi pemula, namun tentu hal ini tetap bisa Anda lakukan. Faktanya tidak semua pengemudi mobil bisa menguasai teknik ini meskipun sudah andal mengemudikan kendaraan.

Untuk mobil keluaran terbaru, mungkin sudah dilengkapi dengan teknologi sensor parkir. Ya, mengandalkan sensor ataupun kamera parkir memang tidak ada salahnya. Namun, tetap saja melakukan mobil paralel tetap saja merupakan persoalan parkir mobil yang berhubungan dengan kebiasaan.

Oleh karena itu, setiap pengemudi baik haru mem pelajari teknik parkir paralel paling mudah dan cepat. Walupun, belajar beberapa kali belum tentu akan membuat Anda ahli. Artinya, semakin terbiasa maka akan semakin ahli juga.

Parkir Paralel Mobil

Mengendarai mobil tidak sekadar menggerakkannya maju dan mundur. Tidak hanya tentang memindahkan transmisi juga. Namun, untuk urusan parkirpun Anda harus belajar. Walaupun dengan terbiasa atau praktik pasti lama- lama Anda akan mahir.

Hal ini sama dengan parkir paralel mobil. Dari tadi kita membahas mengnai parkir paralel mobil, alu apakah pengertian dari parkir paralel itu sendiri? Jadi pada dasarnya parkir paralel adalah di mana Anda harus parkir dengan posisi berjajar memanjang. Posisinya sama seperti ketika hendak mengantri masuk ke gerbang tol.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil Bekas Yang Paling Dicari!

Wah, pantas saja ya susah untuk sebagian orang. Yang menjadikan parkir ini susah adalah ketika Karena posisi akan menjadi sulit jika jarak mobil di depan dan di belakang cukup berdekatan.

Dimana kemungkinan untuk bisa tergores lebih tinggi, sehingga Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Tidak mudah memang memasukkan mobil di antara dua mobil yang sudah terparkir.

Apabila sering dipraktikan dan memerhatikan tips parkir paralel mobil, pasti Anda akan bisa memarkirkan mobil dengan baik. Untuk itu, kali ini kami akan membahas cara parkir paralel mobil. Ya, berikut adalah pembahasa cara parkir paralel mobil secara lengkap.

Parkir Paralel Mobil
Parkir Paralel Mobil (Sumber Gambar: Google)

Mesejajarkan Mobil

Dalam melakukan parkir paralel mobil yang pertama adalah dengan mensejajarkan mobil Ana terlebih dahulu dengan kendaraan lain yang sudah terparkir. Pastikan mobil Annda lurus dan telah sejajar. Posisi mobil sejajar dengan jarak sekitar setengah meter. Setelah itu, pindahkan persneling ke posisi mundur, lalu putar kemudi ke arah kanan hingga mentok.

Mundurkan Mobil

Cara parkir parlel mobil yang harus dilakukan adalah dengan memundurkan mobil pada sudut 45 derajat. Mundurkanlah mobil pada sudut 45 derajat secara perlahan. Gunakalnah spion sebelah kiri untuk melakukan hal ini. Apabila di kaca spion sudah terlihat bagian tengah hingga belakang mobil, maka bisa dikatakan Anda sudah membentuk sudut 45 derajat.

Selain menggunakan metode pengecekan melalui kaca spion, Anda juga bisa mengetahui posisi mobil apakah sudah membentuk sudut 45 derajat dengan memanfaatkan kamera belakang.

Parkir Paralel Mobil
Parkir Paralel Mobil (Sumber Gambar: Google)

Mengendalikan Stir Mobil

Setelah memastikan posisi mobil memungkinkan untuk melakukan parkir paralel, maka cara parkir paralel mobil yang selanjutnya adalah memperhatikan pengendalian terhadap stir. Jadi, apabila mobil sudah pada posisinya maka Anda harus memutar stir dan memundurkannya perlahan.

Saat melakukan hal ini, perhatikan bagian depan mobil juga. Bagian depan dan belakang mobil ketika posisinya sudah Anda mundurkan lurus ke belakang dengan sudut 45 derajat. Dalam tahap ini, Anda dapat menghentikan mobil apabila posisi bagian depan kendaraan sudah sejajar dengan bagian belakang mobil yang berada di depannya.

Langkah selanjutnya apabila posisi ujung mobil teah sejajar dengan bagian belakang mobil yang terparkir di depan mobil Anda. Ma Anda harus memutar setir ke arah kiri hingga mentok dan penuh.

Jika sudah, mundurkan kendaraan secara perlahan hingga seluruh bodi masuk ke area parkir. Meskipun sudah masuk terparkir, Anda harus tetap fokus dan mengecek keadaan lewat kaca spion.

Mengatur Roda Depan Mobil

Parkir paralel mobil yang selanjutnya adalah dengan mecoba memposisikan roda depan mobil. Atur posisi stir agar roda kembali lurus. Pastikan dulu jika bagian kendaraan sudah sejaj dengan kendaraan yang parkir di depan. Baru setelah itu, Anda atur posisi ban.

Lalu bagimana jika posisinya belum sejajajr? Apabila posisinya belum sejajar, maka Anda dapat kembali memutar setir ke arah kanan. Lakukan secukupnya, Lalu majukan mobil dan mundurkan dengan memutar setir ke arah kiri.

Setelah itu, mundurkan perlahan hingga posisinya sudah sejajar dan lurus. Lakukan sampai bodi mobil sejajar dengan mobil di depannya.

Parkir Paralel Mobil
Parkir Paralel Mobil (Sumber Gambar: Google)

Kendalikan Rem Saat Parkir

Sebenarnya pada parkir paralel mobil, Anda juga harus mampu mengendalikan rem saat parkir. Jadi, baik rem dan gas harus dikendalikan dengan hati-hati mengingat area parkir yang cukup sempit. Jika menginjak gas terlalu kencang bisa berbahaya untuk kendaraan di depan dan di belakang mobil.

Itulah cara parkir paralel mobil yang perlu diperhatikan. Hal ini terjadi karena lahan parkir yang terbatas. Memang parkir paralel memiliki tingak kesulitan. Apalagi untuk para pemula.

Baca Juga: Yuk, Kenali Jenis Rem Kendaraan, Baik Motor Maupun Mobil!

Sebab cara parkir paralel memang membutuhkan kehati-hatian agar tidak menabrak atau menyenggol mobil lainnya. Anda perlu membiasakan diri agar bisa mengendalikan rem serta pedal gas secara seimbang.

Tidak terlalu dalam saat menginjak pedal gas namun mobil tetap bisa dikendalikan dengan tepat. Saat parkir model paralel ini kaki harus tetap aktif dalam menginjak rem dan juga gas.

Satu hal yang perlu diingat selama mengikuti cara parkir paralel adalah ketepatan, kecepatan dan efisiensi. Anda perlu mencari patokan yang tepat pada saat hendak melakukan parkir. Jadi, apakah Anda sudah bisa melakukan parkir paralel mobil jenis ini?

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.