Parkir Mobil Di Tempat Sempit: Emang Bisa?

Parkir mobil di tempat sempit memang menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara. Salah injak gas ataupun salah mengarahkan setir mobil dapat menyebabkan bodi mobil tergores bahkan terbentur benda di sekelilingnya.

Bahkan para pengemudi yang sudah memiliki pengalaman banyak belum tentu dapat parkir mobil di tempat sempit. Eitz, namun jangan panik dulu! Sebab ada cara yang dapat Anda gunakan agar dapat parkir mobil di tempat sempit.

Wah, apa saja sih cara parkir mobil di tempat sempit? Artikel kali ini akan memberika Anda tips mengenai cara parkir mobil di tempat sempit. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Parkir Mobil Di Tempat Sempit

Ketika akan memarkirkan mobil, pasti kita akan mencari tempat yang luas. Jika kita mengetahui tempatnya sempit, pasti kita akan menghindarinya. Ya, hal ini dilakukan untuk menghindari risiko bodi mobil kenapa- napa.

Namun, terkadang ada saja keadaan mendesak yang mengharuskan kita untuk parkir di tempat yang sempit. Untuk itu kami akan membahasnya pada artikel kali ini.

Mematikan Audio dan Membuka Jendela

Cara parkir mobil di tempat sempit yang pertama adalah mematikan audio jika audio mobil kalian sedang menyala dan membuka jendela. Mematikan audio berfungsi untuk memfokuskan Anda pada saat parkir.

Sebab, parkir butuh konsentrasi penuh dan bisa terganggu audio yang masih berisik. Dengan mematikan konsentrasi menjadi lebih meningkat. Saat ini, Berbagai mobil sudah punya sistem otomatis yang mengecilkan atau mematikan audio ketika masuk gigi mundur, namun jika mobil yang dipakai belum tersedia bisa dilakukan manual.

Selain mematikan audio, Anda juga harus membuka jendela mobil. Kaca jendela yang dibuka juga berguna untuk melihat keadaan sekitar. Sehingga proses parkir menjadi lebih aman lagi.

Baca Juga: Cara Merawat Baterai Mobil Listrik: Tips Agar Awet & Performanya Tetap Terjaga!

Memanfaatkan Kaca Spion

Cara parkir di tempat sempit selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kaca spion. Nah, inilah moment dimana Anda harus memanfaatkan spion dengan baik. Ada banyak spion yang terpasang pada mobil.

Namun, saat akan memarkirkan mobil Anda dapat memanfaatkan 3 jenis spion, yaitu spion kanan dan spion kiri serta spion bagian tengah. Dengan menggunakan ketiga spion, kondisi bagian samping kiri kanan serta belakang mobil menjadi lebih jelas.

Parkir Mobil Di Tempat Sempit
Parkir Mobil Di Tempat Sempit (Sumber Gambar: Google)

Anda dapat memperkirakan kondisi dan jarak mobil dengan objek-objek yang ada di luar menggunakan spion, khususnya yang ada di dekat lahan parkir mobil. Termasuk mobil lain juga. Jadi, perhatikan kaca spion dengan baik.

Menentukan Patokan

Cara parkir di tempat sempit yang selanjutnya adalah dengan menentukan patokan. Tidak semua parkiran punya pembatas untuk ban. Apabila menemukan yang seperti ini Anda disarankan membuat patokan sendiri.

Pembuatan patokan atau target ini lebih relevan untuk dilakukan jika memang tidak ada pembatas ban di bagian akhir lahan parkir tersebut. Gunakan barang- barang disekitar Anda. Misalnya menggunakan objek tertentu seperti batu, tanda di aspal, tanaman, atau lainnya.

Patokan ini juga berguna buat memastikan mobil berada di jalur yang tepat ketika mundur. Selain itu, fungsi patokan ini juga untuk memastikan mobil berada di jalur yang tepat ketika mundur. Posisi mobil menjadi tidak miring dan sudah lurus sesuai posisi parkir.

Parkirkan Mobil dengan Cermat

Cara parkir mobil di tempat sempit yang selanjutnya adalah parkir mobil dengan cermat. Jadi, parkir di tempat yang sempit akan cukup memakan waktu dan juga tenaga. Tipsnya untuk parkir di tempat sempit adalah tarik mobil sepenuhnya ke lahan parkir dan perhatikan sekeliling dengan cermat.

Parkir Mobil Di Tempat Sempit
Parkir Mobil Di Tempat Sempit (Sumber Gambar: Google)

Mungkin Anda sesekali harus memutar roda sedikit dan mundur, lalu mengulanginya beberapa kali agar dapat memasuki lahan parkir yang sempit. Jika Anda masih kesulitan dengan tiga spion maka Anda dapat menggunakan bantuan manusia. Ya, minta seseorang untuk membantu mengarahkan Anda.

Selama proses, Anda harus sering melihat sekeliling untuk memastikan tidak menabrak mobil, orang, atau benda lain. Setelah berhasil parkir, matikan mesin dan keluar dari kendaraan dengan nyaman.

Memastikan Pintu Masih Dapat Diakses

Cara parkir mobil di tempat sempit yang selanjutnya adalah memastikan bahwa pintu untuk masuk dan keluar dari mobil masih dapat dibuka. Terutama pintu pada bagian supir. angan sampai Anda berhasil memarkirkan mobil di lahan yang sempit, namaun Anda malah tidak ada ruang cukup untuk keluar.

Jadi, pastikan jika akses untuk membuka pintu aman dibuka tutup, ya. Jangan sampai terlalu dekat dengan tembok, pohon, atau mobil lain sehingga Anda tidak dapat membuka dan menutup pntu dengan baik.

Parkir Mobil Di Tempat Sempit
Parkir Mobil Di Tempat Sempit (Sumber Gambar: Google)

Manfaatkan Sensor dan Kamera Parkir

Cara parkir mobil di tempat yang sempit yang terakhir adalah dengan memanfaatkan fitur mobil. Ya, manfaatkan fitur seperti sensor dan kamera parkir. Kemajuan teknologi di dalam industri otomotif membawa dampak baik bagi para pengendara.

Semakin banyak mobil yang memiliki kamera belakang untuk membantu dalam proses parkir mundur. Namun, memang belum semua mobil sudah tersedia kamera parkir, namun bila sudah ada bisa sangat membantu apalagi yang sudah dilengkapi sensor parkir.

Tidak hanya kamera belakang saja yang bisa Anda manfaatkan. Biasanya mobil dengan kamera belakang untuk parkir juga dilengkapi program khusus agar posisi mobil saat mundur lebih tepat.

Baca Juga: 5 Kelebihan Dan 3 Kekurangan Motor Listrik: Yuk! Ketahui Sebelum Membelinya

Bantuan dalam bentuk virtual ini semakin memudahkan Anda untuk memahami apakah arah dan posisi mobil mundur sudah tepat atau tidak dalam proses parkir. Kamera parkir biasanya langsung aktif ketika tuas transmisi masuk ke posisi gigi mundur.

Kamera parkir umumnya terdapat di belakang, tampilannya akan muncul di layar monitor di tengah dasbor. Sementara sensor parkir membantu dengan bantuan suara, misalnya ‘bip’, yang bila semakin dekat objek maka interval bunyinya akan semakin cepat.

Itulah tips mengenai cara parkir di tempat yang sempit. Memang tidak semua pengemudi ahli dalam hal ini. Yang paling penting ketika akan memarkirkan mobil yang jangan sampai Anda panik dulu. Ya, ini berlakukan untuk seberapapun luasnya lahan yang akan digunakan untuk parkir mobil Anda.
Semakin sering Anda memarkirkan mobil, pasti akan semakin ahli. Begitu pula ketika parkir di lahan yang sempit.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.