Skip to content

4 Pilihan Oli Transmisi Mobil Matic Terbaik

Oli Transmisi Mobil Matic – Seperti yang kita ketahui bahwa selain oli mesin, pada sebuah mobil juga dibutuhkan oli untuk transmisi. Maka, sama dengan oli mesin, oli transmisi juga perlu diperhatikan. Sebab oli transmisi ini tentu akan mempengaruhi fungsi transmisi itu sendiri.

Apa sih fungsi oli transmisi sebenarnya? Jadi, Fungsi oli transmisi adalah agar dapat mempermudah pergantian gigi, serta merawat komponen-komponen di dalam sistem transmisi sehingga tidak mudah aus.

Dikarenakan fungsi yang penting maka sebaiknya oli transmisi diganti setiap jarak pemakaian sudah mencapai 10.000- 20.000 km. Hal ini berlaku untuk Mobil manual dan mobil matik. Sebab, kedua mobil ini membutuhkan oli transmisi agar fungsinya maksimal.

Untuk itu, kita harus menggunakan oli transmisi mobil terbaik agar transmisi berfungsi secara maksimal. Artikel kali ini akan membahas menegnai oli transmisi mobil matic terbaik. Jadi, mari kita bahas mengenai oli transmisi mobil matic terbaik.

Rekomendasi Oli Transmisi Mobil Matic Terbaik

Oli transmisi mobil matic terbaik idelanya mampu melindungi serta menjaga komponen-komponen di dalam sistem transmisi agar tidak mudah aus dan proses pergantian gigi berjalan dengan baik.

Ada beberapa dampak buruk jika Anda terlambat mengganti oli transmisi mobil. Dampak buruk tersebut misalnya perseling tiba- tiba pindah ke posisi netral, lalumMunculnya bunyi saat memindahkan gigi, tuas parseling sulit digerakan dan akibat yang terakhir adalah perpindahan gigi tersendat.

Baca Juga: Jok Mobil Berjamur: Gimana Cara Membersihkannya?

Maka jangan sampai oli transmisi habis. Selalu cek air transmisi mobil matic Anda. Caranya dengan menarik dipstick pada tangki oli mobil mobil. Jadi mari langsung saja, kita bahas mengenai rekomendasi oli transmisi mobil matic terbaik. Mari simak artikel ini sampai habis, ya. Selamat membaca!

Top 1 Lifetime ATF Dexron-III

Rekomendasi oli transmisi mobil matic salah satunya adalah Top 1 Lifetime ATF Dexron-III. Oli yang dibandrol dengan harga Rp 70 ribuan ini dapat Anda jadikan pilihan untuk transmisi mobil kesayangan. Oli ini dirancang menggunakan teknologi base oil semi synthetic.

Oli Transmisi Mobil Matic
Oli Transmisi Mobil Matic (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, Oli ini bisa digunakan di kendaraan bertransmisi otomatis model planetary gear dengan spesifikasi ATF DEXRON-III ke bawah. Top 1 Lifetime ATF Dexron-III mampu memberikan perlindungan terbaik dan memperalus perpindahan gigi pada sistem transmisi mobil.

Shell SPIRAX S5 ATF X

Rekomendasi oli transmis mobil matic yang selanjutnya adalah Shell SPIRAX S5 ATF X. Sama dengan rekomendasi sebelumnya, oli transmisi yang satu ini juga diracik menggunakan basis oli sintetik.

Dengan begitu, kebutuhan pelumasan hingga ke bagian gear ratio bisa terpenuhi secara maksimal. Shell SPIRAX S5 ATF X juga merupakan oli transmisi sintetik yang handal dan efektif untuk digunakan pada mobil matic.

Oli Transmisi Mobil Matic
Oli Transmisi Mobil Matic (Sumber Gambar: Google)

Oli transmisi ini memberikan perlindungan pada sistem transmisi kamu agar tetap awet. Namun, oli ini tidak dirancang untuk perlindungan terhadap belt. Artinya, oli ini bukan untuk mobil bertransmisi CVT.

Shell SPIRAX S5 ATF X juga dibandrol dengan harga yang cukup ekonomis. Apalagi jika dibandingkan dengan pelumas lainnya di Indonesia. Harga dari oli Shell SPIRAX S5 ATF X adalah sekitar Rp 80 ribu.

Top 1 MV Fully Synthetic ATF

Rekomendasi oli transmisi mobil matic yang selanjutnya adalah Top 1 MV Fully Synthetic ATF. Top 1 MV Fully Synthetic ATF merupakan oli transmisi buatan Amerika Serikat yang berfungsi untuk melindungi sistem transmisi mobil matic.

Selain itu oli ini merupakan pelumas transmisi mobil otomatis yang dirancang menggunakan base oil 100% fully synthetic. Jadi lebih tepatnya oli ini berbahan dasar Fully-Synthetic dengan tipe High-Viscosity.

Dimana bahan tersebut mampu memenuhi segala kebutuhan kamu untuk merawat transmisi mobil. Oli ini bisa digunakan di seluruh kendaraan bertransmisi otomatis model planetary gear.

Oli Transmisi Mobil Matic
Oli Transmisi Mobil Matic (Sumber Gambar: Google)

Top 1 MV Fully Synthetic ATF punya viskositas rendah yang cocok untuk kendaraan-kendaraan terbaru untuk memberikan pengalaman perpindahan gigi yang lebih halus, serta perlindungan maksimal terhadap komponen transmisi.

Dimana, teknologi aditif Friction-Modifying yang digunakan bisa memberikan perpindahan transmisi matic yang lebih halus. Lalu bagimana dengan harga oli yang satu ini? Top 1 MV Fully Synthetic ATF sendiri dipasaran memiliki harga sekitar Rp 100 ribu.

TOP 1 CVT Fluid

Rekomendasi oli transmisi mobil matic yang selanjutnya adalah TOP 1 CVT Fluid. TOP 1 CVT Fluid adalah pelumas transmisi diformulasikan khusus untuk transmisi mobil otomatis model CVT.

Oli Transmisi Mobil Matic
Oli Transmisi Mobil Matic (Sumber Gambar: Google)

TOP 1 CVT Fluid memiliki kombinasi aditif khusus untuk memberikan stabilitas oksidasi, perlindungan dari aus dan korosi, untuk kinerja transmisi yang lancar dan efisien.

Total Fluidmatic MV LV

Rekomendasi oli transmisi mobil matic yang selanjutnya adalah Total Fluidmatic MV LV. Jika dibandingkan dari harga, oli yang satu ini memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan rekomendasi sebelumnya.

Dimana, Total Fluidmatic MV LV dibandrol dengan harga sekitar Rp150 ribu. Lalu bagimana dengan kualitasnya? Ya, Total Fluidmatic MV LV merupakan salah satu oli transmisi terbaik yang bisa digunakan untuk merawat sistem transmisi mobil matic kamu.

Oli Transmisi Mobil Matic
Oli Transmisi Mobil Matic (Sumber Gambar: Google)

Dibekali dengan teknologi Fluidmatic MV LV, oli transmisi ini siap untuk meredam setiap getaran perpindahan transmisi, melindungi dari suhu tinggi dan putaran yang berat akibat kondisi jalanan.

Itulah rekomendasi oli transmisi mobil matic. Dimana oli tersebut memang dirancang khusus untuk transmisi mobil matic Anda. Pastikan untuk selalu menggunakan oli transmisi mobil terbaik untuk sistem transmisi mobil kesayangan Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil Untuk Wanita Bertubuh Pendek

Lebih direkomendasikan jika kamu menggunakan oli transmisi dengan jenis full sintetis, meski harganya sedikit lebih mahal, tapi jelas lebih baik dibandingkan pelumas transmisi biasa.

Selain itu pastikan juga bahwa oli transmisi yang dipilih, sesuai dengan spesifikasi kebutuhan mobil kamu. Jadi, ada baiknya jika Anda tetap mengganti oli transmisi di bengkel resmi.

Sehingga, Anda akan mendapatkan rekomendasi terbaik dan sesuai dengan ketentuan pabrik. Nah, yang terpenting adalah jangan sampai telat mengganti oli transmisi mobil, ya.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *