Oli Motor Matik : 5 Rekomendasi Terbaik Untuk Anda

Oli mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kendaraan. Tepatnya oli akan membantu melumasi komponen dan setiap partikelnya dalam mesin. Kinerja tiap komponen dalam mesin perlu dibuat lebih enteng agar langkah kerja yang dihasilkan lebih maksimal.

Dalam penggunaannya, Anda juga tidak dapat sembarangan. Dimana Anda harus memilih oli yang tepat untuk kendaraan Anda. Termasuk oli motor matik. Ya, para produsen oli telah memproduksi oli khusus untuk motor matic.

Saat ini banyak sekali oli motor matik yang berada dipasaran. Sehingga, Anda dapat memilih oli tersebut untuk motor matik kesayangan Anda. Artikel kali ini akan membahas mengenai rekomendasi oli motor matik terbaik yang dapat Anda pilih.

Rekomendasi Oli Motor Matik

Oli motor yang sesuai dengan motor dapat mencegah berbagai kerusakan. Dengan oli yang bagus dapat mencegah mesin mengalami kepanasan serta membersihkan komponen mesin sehingga berdampak positif pada performa mesin motor yang optimal.

Selain itu, oli yang berkualitas juga akan memperpanjang umur mesin. Jadi, bagi Anda pemilik motor matik alangkah baiknya juga menggunakan oli motor matik, sehingga dapat memberikan fungsi yang maksimal.

Berikut adalah rekomendasi oli motor matik terbaik untuk Anda.

Top 1 Action Matic

Rekomendasi oli motor matik yang pertama adalah TOP 1 Action Matic. Wah, pasti kalian sudah tidak asing bukan dengan oli yang satu ini? Mengingat iklannya sering berseliweran di televisi.

Oli ini telah teruji kualitasnya sejak lama dan memiliki kualitas internasional. Selain itu, oli ini juga berbahan dasar sintetik ini sangat direkomendasikan untuk mesin dengan kopling kering seperti motor skuter matik.

Oli Motor Matik
Oli Motor Matik (Sumber Gambar: Google)

Top 1 Action Matic juga dibekali dengan teknologi smooth riding additive dan kadar sintetik yang tinggi. Sehingga mampu menghadirkan sesnasi berkendara yang halu dan nyaman.

Oli ini akan bagus untuk tipe motor matic keluaran Jepang, misal Yamaha NMAX, Yamaha Lexi, Yamaha Aerox, Yamaha Mio series, dan lainnya bisa memakai oli motor matic Top 1 tipe 10W-40. Sedangkan Honda Beat, Vario series, Scoopy, dan PCX bisa memakai 10W-30.

Top 1 Action Matic tersedia dengan kekentalan 10W-30 dan 10W-40. Ukurannya pun ada yang 1 liter dan 0,8 liter. Terkait harga, biasanya pelumas ini ditawarkan dengan banderol mulai Rp 45 ribuan.

Baca Juga: Yuk! Intip Daftar Motor Bekas Harga 2 Jutaan

Castrol Activ Matic

Castrol Activ Matic menjadi rekomendasi oli motor matik selanjutnya. Oli produksi British Petroleum, Inggris mmpunyai kualitas yang tinggi. Ya, oli ini memiliki standar API SN yang terbuat dari bahan dasar semi sintetik dengan kekentalan atau SAE oli motor matic 10W-3- dan 20W-40 dan kapasitas 1 liter.

Saat ini, pelumas ini tersedia dalam pilihan SAE 20W-40 dan 10W-30. Menyoal harga, pelumas ini ditawarkan dengan banderol mulai Rp 50 ribuan.

Oli Motor Matik
Oli Motor Matik (Sumber Gambar: Google)

Pelumas ini diklaim memiliki teknologi tinggi dengan gesekan yang rendah. Castrol Activ Matic didesain khusus untuk motor matik 4-tak modern seperti yang beredar saat ini dipasaran. Mesin motor matik biasanya harus bekerja ekstra menghadapi jalan perkotaan yang padat.

Selain itu oli ini juga memiliki ZipBoozters. Dimana ZipBoozters bertugas untuk melindungi dari keausan dan penumpukan deposit yang berbahaya pada suhu tinggi, sehingga mesin motor matik kalian tetap gesit. Castrol Activ Matic dengan ZipBoosters membuat mesin tetap terlindungi dan motor tetap gesit seperti baru.

Yamalube Super Matic

Rekomendasi oli motor matic yang selanjutnya adalah Yamalube Super Matic. Produk yang satu ini memiliki beberapa keunggulan yang dapat Anda pertimbangkan. Oli ini mampu membuat temperatur mesin tetap stabil alias dingin.

Oli ini juga mampu meredam suhu panas dari mesin motor dengan sangat baik sampai membuat performa motor lebih optimal. Sebab, oli ini memiliki berstandar JASO MB, oli ini cocok digunakan pada semua motor matic dari Yamaha.

Oli Motor Matik
Oli Motor Matik (Sumber Gambar: Google)

Oli motor matic ini dibuat dengan viscosity 10W-40 serta API SL, dengan ukuran 1 liter. Motor matik yang biasanya menggunakan oli ini adalah Yamaha, contohnya Yamaha Mio, Yamaha Xeon, Mio Soul GT, Yamaha New GT 125 Eagle Eye, Mio 125 M3, dan Yamaha X Ride. Urusan harga, Yamalube Super Matic cenderung masih terjangkau, dengan banderol Rp 50 ribuan.

Federal Matic Ecomaxx 30

Rekomendasi selanjutnya untuk oli motor matik adalah Federal Matic Ecomaxx 30. Pelumas ini menggunakan formula Synthetic special, yang membuat motor matik kalian tetap awet. Federal Matic 30 diklaim mampu meningkatkan akselerasi serta ketahanan mesin.

Oli Motor Matik
Oli Motor Matik (Sumber Gambar: Google)

Adanya active coly membuat oli ini dapat melindungi gesekan antar komponen mesin. Oli ini dibuat dengan standar JASO MB, API SI dengan viskositas 10W-30 ukuran 800 ml. Umumnya oli matic ini digunakan untuk Honda Vario. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau yaitu Rp35 ribu saja.

Shell Advance AX7 Matic

Rekomendasi trakhir adalah Shell Advance AX7 Matic. Royal Dutch Shell dari Belanda menghadirkan oli motor yang dikhususukan untuk motor matic dengan formula terbaik berbahan dasar semi sintetik.

Oli Motor Matik
Oli Motor Matik (Sumber Gambar: Google)

Dengan standar API-SM, Shell Advance hadir dengan pilihan kapasitas 0,8 liter dan 1 liter. Selain itu oli ini memiliki teknologi R.C.E, oli ini juga diklaim mampu mengurangi getaran pada mesin, memperhalus akselerasi, dan menghilangkan endapan pada mesin. Shell Advance AX7 Matic juga menjanjikan perfoma yang lebih tahan lama.

Oli ini sangat cocok untuk skuter matic yang biasa digunakan untuk aktivitas harian dan sering menemui kondisi stop-n-go. Harga yang ditawarkan berada di kisaran Rp55 ribu.

Baca Juga: Hal- Hal Yang Membuat Harga Jual Motor Tidak Anjlok

Itulah rekomendasi oli motor matik untuk Anda. Bagi Anda yang memiliki motor matik, lakukan penggantian oli di deler resmi. Sebab, biasanya setiap motor telah direkomendasikan oli yang sudah disesuaikan oleh pabrik. Dan yang paling penting adalah jangan sampai terlambat mengganti oli.

Sebab, oli yang jarang tidak diganti akan banyak menyebabkan banyak kerusakan. Sebab oli sangat berguna untuk melumasi kerja mesin agar kinerjanya lancar dan tidak bergesekan langsung. Oli juga berfungsi membuat mesin tetap sejuk serta bersih dari kotoran.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.