Oli merupakan hal yang penting untuk mesin mobil. Untuk itu, jangan sampai oli mobil bocor. Sebab hal ini akan menimbulkan masalah lain bagi Anda. Sehingga, perawatan secra rutin diusahakan jangan sampai terlewat.

Sebab, melalui perawatan rutin ini, Dapat membantu Anda untuk megidentifikasi apakah kendaraan mengalami kebocoran atau tidak. Ketika, melaukan perawatan rutin maka bagian uap engine akan dibersihkan. Dari hal ini, jika ada kebocoran maka akan dapat segera teratasi tanpa berdampak pada mesin bocor.

Ya, apabila oli bocor hingga kapasitas oli berkurang drastis atau habis dapatmendatangkan berbagai hal buruk. Tidak hanya mesin bocor atau rusak namun juga dapat membahayakan keselamatan para penumpang dan orang lain.

Jadi sebenarnya bahaya atau tidaknya oli bocor itu tergantung pada banyak oli yang bocor. Apabila hanya sedikit oli yang bocor tentu itu bukan masalah yang besar. Beda cerita jika oli didalam mesin sampai habis karena bocor, maka perlu waspada sebab akan berdampak pada komponen mesin.

Jadi dapat dikatakan bocor oli itu adalah masalah utamanya sementara kalau masalah utama tersebut dibiarkan maka oli didalam mesin bisa habis yang mengakibatkan bahaya pada mesin muncul.

Salah satu cara untuk memeriksa kebocoran minyak olie adalah dengan melihat tongkat celup minyak Anda secara teratur. Jika oli Anda turun seiring waktu, kemungkinan Anda mengalami kebocoran oli. Setelah Anda melihat oli rendah, tambahkan oli ke mesin Anda dan hubungi mekanik, sehingga mereka dapat menentukan penyebab kebocoran oli. Jangan hanya menambahkan minyak dan lupakan kebocorannya, karena ini berpotensi bahaya kebakaran.

Baca Juga: FUEL PUMP MOBIL RUSAK: 3 CIRI DAN CARA MENGATASINYA

Bahaya Dari Oli Mobil Bocor

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas untuk komponen-komponen mesin yang saling bergesekan. Namun apa jadinya kalau oli yang harusnya stay didalam mesin itu bocor keluar, apa bahaya oli mobil bocor terhadap kinerja mesin ? atau hal tersebut justru merusak komponen mesin ?

Bahaya Dari Oli Mobil Bocor
Bahaya Dari Oli Mobil Bocor (Sumber Gambar: Google)

Merusak Komponen Mesin

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa bahaya dari oli mesin bocor salah satunya adalah mesin rusak. Bahkan jika tidak ketahuan maka hal ini tidak hanya membuat mesin aus namun juga mengalami turun mesin.

Seperti yang dikatakan diawal pembahasan, oli ini akan menyekat dua komponen yang bergesekan sehingga dua komponen tersebut tidak secara langsung berinteraksi. Tapi kalau olinya tidak ada karena bocor, maka tidak ada lagi sekat sehingga komponen-komponen mesin bisa bergesekan secara langsung.

Hal tersebut bakal membuat komponen mesin aus lebih cepat dari waktu standarnya, atau bahkan bisa langsung merusak komponen seketika. Kerusakan lain yang akan ditimbulkan yaitu tenaga mesin ngempos, mesin overheating, dan mesin susah hidup dipagi hari.

Dan jika sudah begitu mesin menjadi tidak berfungsi dan harus mendapatkan penanganan pihak bengkel agar kembali normal.

Suara Mesin Kasar

Bahaya oli mesin mobil bocor juga berdampak pada suara mesin, loh. Dimana suara mesin menjadi kasar. Hal ini disebabkan karena tidak adanya pelumas dan menyebabkan mesin terkunci. Hal ini disebabkan karena mesin juga menjadi lebih panas. Sehingga hal ini akan mengganggu kenyamanan saat Anda berkendara.

Bahaya Dari Oli Mobil Bocor
Bahaya Dari Oli Mobil Bocor (Sumber Gambar: Google)

Jadi, lakukan pengecekan pada bagian indikator oli, apabila menyala kemugkinan suara kasar memang disebabkan oleh oli yang berkurang. Jika sudah seperti ini, maka anda harus segera menghentikan kendaraan dan mengecek kondisi oli mesin mobil.

Pasalnya kalau tetap dipaksakan maka mesin bisa terkunci. kondisi ini muncul karena suhu mesin terlalu panas yang membuat piston memuai sehingga terkunci didalam silinder. Ditambah tidak adanya pelumas sehingga gerakan piston juga menjadi lebih berat. Yang lebih parah, kalau piston sudah terkunci maka mobil tidak bisa dihidupkan lagi dan perlu penanganan bengkel.

Menyebabkan Kopling Selip

Bahaya oli mobil bocor yang lain adalah dapat mengakibatkan kopling selip.Sebba, ketika oli bocor maka akan terjadi perapatan poros engkel. Dimana, oli akan merembes ke bagian lain seperti kampas kopling.
Dampaknya adalah kopling akan sulit digunakan karena selip.

Dikarenakan kampas kopling mobil yang bersifat kering menjadi basah licin. Sehingga, apabila olinya bocor dari seal crankshaft belakang maka oli dapat mengarah ke kampas kopling.

Sementara itu kampas kopling mobil itu bersifat kering, jadi kalau terkena oli maka akan menyebabkan kopling selip. Sehingga mobil akan terasa lebih sulit digunakan.

Membahayakan Pengguna Jalan Lain

Bahaya Dari Oli Mobil Bocor
Bahaya Dari Oli Mobil Bocor (Sumber Gambar: Google)

Bahaya oli mobil bocor yang terakhir adalah oli dapat membahayakan pengguna jalan yang lain. Sebab, oli tersebut akan tumpah keluar. Kebocoran membuat oli menetes tumpah keluar. Jika itu terjadi di jalan raya dapat membahayakan orang lain.

Banyak kejadian pengendara sepeda motor tergelincir karena setelah gagal mengontrol kendaraannya karena menginjak tumpahan oli di jalan. Sebab oli bersifat licin, jadi dikhawatirkan oli yang licin ini bocor dijalan maka itu berpotensi membahayakan pengguna jalan lain.

Contohnya untuk kendaraan sekelas bus atau truk yang memiliki muatan berat. Kalau melintas di jalan yang ada ceceran olinya, maka roda truk tersebut bisa selip saat melakukan pengereman. Dan kalau kendaraan ini selip, juga bisa membahayakan pengguna jalan lainya lagi.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Ban Cadangan Untuk Anda Ketahui!

Jadi jangan sepelekan bocor oli ini. Apabila anda merasa ada yang aneh pada suara mesin, ditambah ada indikator yang menyala didashboard maka jangan ragu untuk menepi dan mengecek kondisi mesin.
Itulah akibat oli mobil bocor. Beberapa akibatnya akan berdampak pada mobil Anda. Namun, ada juga bahaya yang dapat membahayakan pengguna lain. Sehingga, jangan sampai oli mobil bocor dan menimbulkan masalh lain, ya.

Ketika mesin mobil Anda terus bocor olinya, maka Anda mungkin menemukan bahwa komponen interior mesin Anda lebih cepat rusak seiring waktu berjalan. Karena oli bocor di seluruh engine Anda, hal itu dapat menurunkan kualitas dan kondisi seal, selang, dan bagian-bagian mesin lainnya.

Untuk memastikan bahwa mesin mobil Anda tetap dalam kondisi baik seiring dengan umur kendaraan Anda, Anda perlu segera memperbaiki kebocoran oli. Untuk kondisi seperti ini penggantian oli rutin wajib dilakukan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *