Naik Motor Saat Hujan: 4 Tips Melakukan Pengereman Agar Aman

Naik motor saat hujan tentu lebih menigkatkan risiko terjadinya sebuah kecelakaan. Untuk itu, naik motor saat hujan dituntut kewaspadaan dan kehati- hatian yang lebih. Jangan sampai terjadi hal- hal yang tidak diinginkan, sehingga merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika naik motor saat hujan, salah satunya adalah pengereman. Yups, naik motor saat hujan tidak dapat sembarangan melakukan pengereman. Tentu hal ini berkaitan dengan keamanan.

Saat hujan turn, jalan cenderung licin dan ada genangan air. Maka, kalian tidak dapat mengerem motor seperti saat cuacanya terik dan aspal kering. Sebba, jika salah melakukan pengereman dapat menyebabkan motor tergelincir.

Naik Motor Saat Hujan

Melakukan teknik pengereman yang benar bisa memperbesar risiko kecelakaan. Salah satu yang cukup sering ditemui adalah ban selip dan menyebabkan pengendara terjatuh. Alhasil keelakaan biasanya tidak dapat dihindari.

Untuk itu, penggunaan rem harus Anda perhatikan dengan hati-hati. Mengingat penggunaan rem ini akan cukup sering ketika melintasi jalanan yang tergenang air. Maka dari itu, teknik pengereman ini perlu diketahui saat jalanan basah dan kering tentu ada perbedaan.

Hal ini penting untuk dipahami demi memberikan kenyamanan dan keselamatan selama berkendara. Hal ini untuk menjaga agar pengendara tetap aman saat melintasi jalanan yang basah dan tergenang air.

Terdapat teknik pengereman yang akan dibahas berikut ini agar pengendara tidak mudah terjatuh dalam terpeleset di jalan. Yuk, langsung saja kita bahas mengenai teknik tersebut.

Baca Juga: Tips Memilih Parfum Mobil: Jangan Asal Pilih Yang Wangi!

Menggunakan 4 Jari

Tips yang pertama dalam naik motor saat hujan untuk pengereman adalah dengan melakukan pengereman menggunakan 4 jari. Gunakan ke- empat jari kanan Anda untuk melakukan pengereman ban depan.

Naik Motor Saat Hujan
Naik Motor Saat Hujan (Sumber Gambar: Google)

Dengan menggunakan empat jari hal ini bisa membantu mengurangi kecepatan sepeda motor lebih maksimal. Terlebih ketika melewati jalanan yang licin. Apabila rem motor Anda tidak bekerja secara maksimal, teknik pengereman dengan 4 jari ini dapat digunakan agar Anda terhindar dari risiko kecelakaan atau terpeleset.

Namun perlu diingat, usahakan menarik tuas rem depan dan belakang. Tetapi tetap saja hindari mengerem secara keras atau mendadak karena bisa menyebabkan ban selip.

Melepaskan Handle Gas Motor

Tips selanjutnya ketika naik motor saat hujan dan akan mengerem, harap untuk melepaskan handle gas motor. Apalagi jika kondisi jalanan sudah sangat basah dan licin akibat hujan deras. Tujuannya adalah agar kendaraan dapat berhenti dengan cepat.

Karena jika Anda melakukan pengereman namun tetap menarik gas motor akan percuma jika proses pengereman pun tidak akan terjadi secara optimal. Maka Anda dapat melepaskan handle gas motor untuk menghindari hal- hal yang tidak dinginkan. Nah, untuk yang satu ini penting sekelai bagi pengguna motor matic.

Sebab motor matic tidak memiliki engine brake seperti motor manual. Apabila saat melakukan pengereman namun putaran mesin masih tinggi, maka proses deselerasi tidak berlangsung secara optimal.

Jadi sebelum mengerem pastikan Anda telah mengurangi kecepatan sepeda motor dengan melepas handle gas motor. Anda bisa melakukan pengereman secara bertahap dengan melepaskan handle motor. Jangan lupa, untuk memperhatikan terlebih dahulu kondisi jalanan sekitar.

Jika jalanan sepi, maka Anda bisa lebih leluasa untuk melakukan pengereman secara bertahap ini. Namun, jika jalanan sedang ramai dan macet, Anda bisa menurunkan kecepatan dan berkendara lebih pelan. Nah, hal ini dapat menghindari terjadinya ban selip.

Pegang Stang Motor Dengan Erat dan Kuat

Tips naik motor saat hujan dalm melakukan pengereman yang selanjutnya adalah pastikan untuk memegang stang motor dengan erat dan kuat. Jadi, saat berkendara motor kala hujan, usahakan tangan Anda memegang kuat setang motor. Cara ini dilakukan untuk menjaga stabilitas motor saat di jalan.

Selain itu cara ini juga untuk menghindari terjadinya ban motor selip. Anda juga bisa refleks dan menopang motor tersebut dengan kaki dan tubuh.

Naik Motor Saat Hujan
Naik Motor Saat Hujan (Sumber Gambar: Google)

Hindari Menggunakan Satu Rem Saja

Untuk tips selanjutnya ketika naik motor saat hujan dalam hal pengereman adalah dengan menghindari menggunakan satu rem saja. Jadi saat musim hujan, sebisa mungkin untuk menggunakan rem depan dan rem belakang.

Sebab jika Anda menggunakan satu rem, semisal rem belakang saja, hal ini dapat membuat ban belakang terjadi selip dan dapat menyebabkan roda tergelincir. Nah, hal ini penting sekali untuk diperhatikan.

Jadi, hindari juga penggunaan rem belakang saat cuaca tengah hujan justru akan sangat berbahaya bagi keselamatan. Karena risiko terjadinya sliding akan jauh lebih besar. Akibatnya saat melewati tikungan Anda bisa tergelincir atau terjatuh di jalan.

Terlebih jika Anda ingin melewati tikungan, usahakan untuk menarik tuas rem secara perlahan dan mengurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan. Hindari pengereman mendadak apalagi ketika sudah berada di tikungan, risikonya sangat besar untuk kamu terjatuh.

Naik Motor Saat Hujan
Naik Motor Saat Hujan (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, pastikan juga peranti rem motor Anda bekerja dengan baik dan cek juga kondisi ban apakah masih bagus atau sudah botak. Jika kedua komponen di atas sudah menunjukan adanya kerusakan, sebaiknya Anda segera mengganti dengan yang baru di bengkel resmi terdekat.

Itulah 4 tips dalam melakukan pengereman ketika naik motor saat musim hujan. Perlu dingat bahwa hujan dan banjir yang terjadi juga sering menjadi salah satu faktor meningkatnya kasus kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga: Perawatan Area Roda Mobil: Apa Saja Yang Harus Dilakukan?

Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya kesadaran pengendara terhadap motor yang di kendarai. Selain itu, cara berkendara yang kurang tepat juga menjadi salah satu faktornya. Salh satu hal yang kurang tepat ketika naik motor saat hujan adalah pengereman.

Nah, dengan memperhatikan beberapa hal penting di atas, Anda bisa berkendara lebih nyaman dan aman dalam berkendara. Agar lebiha aman jangan lupa untuk melakukan cek pada kondisi kendaraan setelah berkendara di musim hujan.

Jangan lupa untuk membersihkan motor setelah terkena genangan air hujan untuk menjaga mesin motor tetap dalam kondisi baik dan tidak kotor.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.