Mau Mudik Dengan Motor? Berikut 7 Strategi Hindari Macet Di Jalan!

Mudik dengan motor
mudik dengan motor

Mudik dengan motor menjadi alternatif untuk transportasi menuju kampung halaman menjelang lebaran Idul Fitri 1440 H.

Salah satu tradisi masyarakat Indonesia dalam menyambut lebaran adalah pulang kampung. Kembali ke daerah asal untuk merayakan momen Idul Fitri bersama kerap disebut mudik.

Murahnya biaya menjadi faktor beberapa orang mudik dengan motor selain menggunakan mobil atau tidak mendapatkan tiket transportasi umum.

Strategi Hindari Macet Ketika Mudik Dengan Motor

Hari hari mendekati lebaran, banyak orang berbondong-bondong dari tempat mereka merantau melakukan perjalanan mudik menuju kampung halaman. Kemacetan pun tak terelakkan terjadi.

Deretan kendaraan bermotor memadati ruas jalan hingga mengular. Sementara pergerakan transportasi berjalan begitu lamban. Keadaan ini membuat kesabaran teruji.

Ketika mendapati kondisi tersebut, anda pasti nggak sabaran ingin segera tiba di kampung halaman. Perjuangan menuju rumah begitu lama dan menguras emosi lantaran terjebak di kemacetan yang panjang.

Ternyata bukan hanya perang yang butuh strategi, mudik naik motor pun memiliki hal tersebut. Sebagai pemudik, anda harus cerdik dan bisa menyiasati kemungkinan kemacetan yang terjadi.

Nah, berikut ini kami suguhkan beberapa strategi mudik naik motor yang bisa hindarkan anda dari kemacetan panjang yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Tentukan rute atau jalan jauh-jauh hari untuk prediksi.

Perjalanan mudik dengan jalur darat memang butuh waktu dan jarak yang lebih panjang. Apalagi para pemudik memiliki waktu libur dan cuti yang sama. Sudah pasti apabila deretan kendaraan bermotor tumpah ruah di jalanan dan pastinya macet.

Supaya anda terhindar dari kemacetan yang panjang, anda bisa memilih waktu mudik lebih cepat atau setelah lebaran.

Hal tersebut dapat menjadi salah satu cara agar terhindar dari kemacetan. Selain kondisi jalan masih sepi, anda juga bisa melawan arus mudik berangkat atau arus balik dengan pemudik pada umumnya.

Tentukan juga rute mudik mana yang akan anda lalui nantinya. Hal tersebut pun akan membantu kelancaran mudik anda.

Untuk mendapatkan info tersebut anda bisa mencari tahu lewat teman atau kerabat terkait pengalaman mudik sebelumnya. Belajar memprediksi kondisi jalanan bisa membuat anda lebih siap dan lancar dalam mudik.

2. Merencanakan waktu yang tepat mudik.

Tujuan utama anda mudik adalah kampung halaman. Pastikan anda tahu betul berapa jarak dan waktu tempuh dari tempat asal ke kampung halaman.

Dengan mengetahui waktu tempuh, anda bisa memastikan kapan berangkat dan kapan tiba. Jangan lupa pula pastikan waktu istirahat dan hal-hal tak terduga ketika akan mudik dengan motor.

Dengan memilih jalur utama atau alternatif tentu memiliki waktu tempuh yang berbeda. Nah, di sini anda harus tahu betul. Anda nggak mau kan pas hari H masih di jalanan?

3. Jangan abaikan hal kecil tapi penting.

Perjalanan mudik dengan motor selalu identik dengan waktu yang lebih panjang dari biasanya. Mengetahui hal tersebut, sebaiknya anda jangan melupakan hal vital seperti peralatan terkait alat perawatan kendaraan dan kotak P3K.

Ada satu lagi yang sering diabaikan oleh para pemudik dalam melakukan perjalanan jauh, di antaranya makanan, minuman, dan perawatan tubuh seperti pencuci muka, sikat gigi, dan pasta gigi.

Anda yang akan melakukan perjalanan mudik dengan motor , sebaiknya jangan mengabaikan benda-benda kecil di atas.

Karena, polusi dan keadaan tubuh selama berkendara mampu membuat tubuh menjadi lepek dan lengket. Supaya tubuh tetap fresh selama mudik, anda bisa mempersiapkan semuanya.

4. Jangan menunda mengisi bahan bakar.

Kemacetan yang mengular sering kali mengharuskan kendaraan anda untuk tetap nyala. Padahal hanya berdiam diri dan menunggu adanya pergerakan jalan.

Kendaraan yang tetap nyala saat macet sama halnya dengan bahan bakar terus berkurang. Jangan sampai kendaraan anda mogok yang dapat memicu munculnya kemacetan baru.

Pastikan bahan bakar kendaraan anda selalu terisi dan perkirakan kapan akan habis. Jangan tunda mengisi bahan bakar saat di perjalanan.

Ketika melihat stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), jangan tunda dengan alasan nanti masih ada SPBU selanjutnya. Lebih baik mencegah hal-hal yang tidak diinginkan daripada menyesal belakangan.

5. Menyiapkan uang pas.

Bagi anda yang mudik lewat jalur tol pastikan menyiapkan uang yang pas ketika akan memasuki jalan bebas hambatan.

Hal tersebut menjadi penting karena uang yang berlebih akan membutuhkan waktu pelayanan lebih lama.

Dengan uang pas, anda sudah mengurangi kemacetan karena terlalu lama antre bayar tol.

Selain itu, jika anda menggunakan kartu elektronik untuk bayar tol. Sebaiknya pastikan saldo mencukupi untuk perjalanan mudik anda.

6. Cek kondisi motor sebelum dipakai mudik.

Kondisi jalan macet terjadi bukan karena kepadatan kendaraan yang di jalan.

Ada satu hal yang kerap menjadi sumber kemacetan saat mudik. Sumber kemacetan ini berasal dari si pengendara, apalagi kalau bukan kendaraan mogok.

Kendaraan yang berhenti berjalan memang tak memandang tempat. Kadang kendaraan mogok di titik-titik lalu lintas padat.

Maka tak mengherankan apabila ada kendaraan mogok di tengah jalan mampu menghambat kelancaran mudik.

Oleh sebab itu, jangan sampai anda ikut menyumbang kemacetan. Kalau kendaraan anda macet, waktu yang seharusnyanya anda habiskan bersama keluarga harus tertunda.

Sebelum melakukan mudik pastikan motor tersebut dalam kondisi prima dan mampu untuk perjalanan mudik. Cek kondisi kendaraan ke bengkel sebelum perjalanan jauh jadi hal yang wajib dilakukan.

7. Manfaatkan jalur alternatif.

Tak hanya waktu mudik yang harus diperhatikan. Anda juga bisa memanfaatkan jalur-jalur alternatif yang tersedia.

Prediksi kemacetan saat mudik lebaran yang pasti terjadi memicu pemerintah bersama jajaran terkait untuk mencarikan solusinya salah satunya yakni membuka jalur alternatif.

Di buka nya jalur alternatif ini sebagai salah satu solusi memecah kemacetan. Anda pun bisa terhindar dari titik kemacetan di jalur utama ketika mudik dengan motor.

Meski dinilai beresiko kecelakaan mudik dengan motor tetap jadi alternatif terbaik dan tidak menyurutkan animo masyarakat.

Berdasarkan prediksi Kementerian Perhubungan mudik dengan motor pada tahun 2019 mencapai 6,85 juta pemudik. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2018 hanya 6,19 juta pemudik.

Kemacetan selama mudik lebaran memang selalu ada, anda hanya bisa menghindarinya bukan berarti menghilangkan kemacetan. Karena pada dasarnya, kemacetan adalah bumbu perjalanan mudik dengan motor.

Ok, Demikian tadi ulasan tentang strategi menghindari kemacetan ketika anda mudik dengan motor.

Baca Juga : “Cara Merawat Shockbreaker Upside Down Agar Tetap Stabil

Semoga informasi tersebut dapat dijadikan solusi bagi anda yang akan mudik dengan motor ke kampung halaman.

Selamat mudik! Pastikan keselamatan menjadi hal utama, karena keluarga di rumah menanti kehadiran anda. Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.