Mau Mudik Dengan Mobil Pribadi? Cek Dulu Kondisi 11 Bagian Berikut!

Mudik dengan mobil pribadi
suasana mudik dengan mobil pribadi

Semakin banyak orang melakukan mudik dengan mobil pribadi, disamping lebih efisien biaya dan waktu, mudik dengan mobil pribadi bisa menjadi prestige tersendiri ketika tiba di kampung halaman.

Lebaran 2019 sudah semakin dekat, cek kondisi mobil sebelum mudik harus dipersiapkan secara matang agar perjalanan tidak terganggu akibat timbulnya masalah karena kurang teliti dalam memeriksa mobil.

Memeriksa kondisi mobil sebelum mudik sangat penting untuk anda lakukan. Hal ini tidak bisa dianggap sepele dan diabaikan begitu saja.

Persiapan Sebelum Mudik Dengan Mobil Pribadi

Kenyamanan mobil tentu menjadi hal utama dalam mengemudi. Mobil dengan performa mesin yang baik, akan memberikan kesiapan bagi si mobil untuk dikendarai kapan saja dan dimana saja.

Dapat dibayangkan betapa susahnya bila ditengah perjalanan tiba tiba mesin mobil mogok atau paling sederhana bannya bocor. Pastilah perjalanan yang mestinya menyenangkan menjadi menyebalkan.

Terdapat beberapa bagian dalam mobil yang penting untuk diperhatikan dan diperiksa terlebih dahulu sebelum hendak melakukan perjalanan jauh.

Ada 11 bagian pemeriksaan bagian bagian penting agar mudik dengan mobil pribadi aman dan nyaman selama perjalanan.

1. Perhatikan oli mesin, transmisi dan gardan

Usahakan oli pada mobil yang digunakan pada saat mudik selalu dalam kondisi baik. Oli mesin, transmisi, maupun gardan tidak bisa diabaikan dalam pengecekan.

Cara cek volume oli mesin dengan mengamati garis level pada stik oli. Cek dan amati batas oli yang menempel pada stik.

Posisi level oli yang baik semestinya berada di garis antara tanda “L” dan “F” dan sedikit dibawah garis level “F“ jika kurang tambahkan secukupnya.

Pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli anda masih cukup untuk jarak yang akan anda tempuh.

Melakukan pengecekan sampai dengan mengganti oli mobil sebelum melakukan perjalanan mudik adalah salah satu cara untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

2. Periksa kelistrikan dan air aki

Kemudian cek aki (Accu), Periksa kondisi baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel.

Periksa pula level air aki, jika kurang tambahkan dengan air aki murni, jangan menambah dengan air zuur (H2S04).

Hal ini sangat penting untuk dilakukan pengecekan sebelum melakukan perjalanan mudik. Jangan sampai terdapat kebocoran arus yang dapat membuat aki tidak dapat menyimpan listrik dalam waktu yang lama.

3. Bersihkan filter udara dan kipas Pendingin.

Filter udara penting untuk dibersihkan untuk mencegah tarikan mesin berkurang, bahan bakar lebih boros, suara mesin kasar, dan mesin ngadat.

Saringan Udara atau Air Filter perlu dibersihkan sebelum perjalanan jauh. Untuk pemakaian air filter berpatokan pada jarak tempuh yaitu sekitar 10.000 km.

Periksa putaran, Bila kipas diputar oleh belt, maka periksalah kondisi fisik belt. Bila belt telah retak-retak, maka layak untuk diganti.

Anda juga harus cek ketegangan tension belt agar putaran kipas dapat optimal. Bila kipas diputar motor listrik, kondisi motor listrik masih baik dan layak.

Cara mengecek pedinginan mesin mobil oleh kipas mesin berjalan normal adalah dengan memperhatikan jarum pointer penunjuk temperature.

Jika melebihi garis tengah berarti mesin cukup panas namun masih aman, kalau lebih dari setengah sebaiknya anda berhenti, tunggu sampai mesin mobil dingin. Selanjutnya periksa kondisi air pendingin dan kipas.

4. Tambah tekanan angin ban

Menambahkan angin dapat mencegah ban pecah secara tiba-tiba di tengah perjalanan mudik dengan mobil pribadi

Tekanan ban yang di rekomendasikan sekitar 30 — 34 psi. Periksa juga tapak ban apakah ada yang terparut dan periksa juga tekanan angin ban.

Dengan tekanan angin yang sesuai dapat membuat jarak pengereman lebih baik ketika mengemudi pada kecepatan tinggi dan tikungan. Serta daya tahan ban yang lebih baik, dan juga lebih menghemat bahan bakar.

5. Periksa air radiator, reservoir, dan selang BBM

Peran air radiator sangat penting pada sistem pendinginan mesin untuk menjaga komponen radiator agar tidak kekurangan air. Yang bertujuan untuk mencegah mesin panas atau overheating.

Sedangkan air reservoir sampai batas level atau tidak perlu terlalu penuh. Kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir juga harus anda periksa.

Bila anda menemukan selang yang menggelembung atau retak, sebaiknya diganti. Ini untuk menghindari selang pecah ditengah jalan.

Ada baiknya pastikan juga sambungan selang ke mesin dan radiator cukup kencang dan tidak bocor.

Pastikan bahwa selang bahan bakar tidak mengalami keretakan atau kebocoran. Selain itu pastikan juga filter bensin tidak tersumbat.

Bagi anda yang rutin melakukan servis berkala kendaraan, biasanya filter bensin dalam kondisi bersih.

6. Periksa kondisi wiper blade

Wiper butuh pengecekan rutin melihat fungsinya yang sangat penting untuk membersihkan kaca mobil.

Fungsi wiper untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kaca agar tidak menganggu pengemudi ketika melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi.

7. Perhatikan shock absorber

Shock absorber merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk meredam guncangan yang terjadi saat kendaraan melewati jalan yang tidak rata atau berlubang.

Terlebih lagi di jalanan yang tidak bisa diduga pada perjalanan mudik dengan mobil pribadi. Maka, perlu dilakukan pengecekan agar pengemudi selalu merasa nyaman dan terhindar dari bahaya.

8. Periksa minyak rem dan minyak kopling

Rem merupakan hal yang vital selama berkendara, perlu dilakukan pengecekan terutama pada minyak rem.

Kondisi minyak rem yang kotor dapat menurunkan fungsi kerja rem. Selain itu, minyak kopling jangan diabaikan.

Jika kondisi minyak kopling bocor, maka mobil tidak akan memiliki tekanan yang cukup untuk menggerakkan sistem kopling dan memindahkan gigi transmisi.

Periksa level minyak rem di reservoir. Jika berkurang dari batas level minimal, maka perlu dicurigai kemungkinan adanya kebocoran.

Periksa sistem pengereman mobil anda apakah terlihat ada kebocoran pada selang, master rem.

Jangan lupa periksa juga apakah ada basah dibagian dalam velg sebagai tanda kebocoran silinder roda. Pastikan sistem rem mobil dapat berfungsi dengan baik.

9. Periksa filter oli dan AC

Filter oli berfungsi untuk menyaring kotoran, lakukan pengecekan sebelum melakukan perjalanan mudik. Agar fungsi perlindungan oli pada mesin mobil anda dapat maksimal dan membuat mesin terawat.

Kemudian, filter AC juga wajib diperiksa agar dapat menyaring udara kotor yang dapat mengakibatkan penyakit dalam jangka panjang.

10. Perhatikan sistem penerangan dan lampu

Cek kondisi semua lampu mobil anda apakah masih baik untuk digunakan atau tidak. Meski terlihat sepele, headlamp maupun lampu sein memiliki arti penting di perjalanan.

Cek dan teliti kembali sistem kelistrikannya, terutama pada sambungan kabel, kondisi kabel, dan lampunya.

11. Semir ban

Dengan anda menyemir ban mobil secara rutin, akan mempermudah anda untuk membersihkan ban dari kotoran yang membandel.

Membuat ban tampak seperti baru sesuai warna karet ban asli, dan tentu saja dapat memberikan perawatan agar ban tetap terjaga kelenturannya.

Sehingga perjalanan mudik dengan mobil pribadi akan terasa lebih nyaman dengan ban yang terawat.

Tambahan dan ini juga penting, kelengkapan alat untuk saat-saat emergency, seperti P3K.

Agar mudik dengan mobil pribadi berjalan lancar dan menjadi momen membahagiakan bersama orang tersayang saat lebaran.

Jika anda sudah melakukan 11 poin pemeriksaan tersebut dan kondisi mobil sudah baik. Jangan melupakan hal penting lainnya seperti surat-surat penting yang dibutuhkan ketika berkendara.

Bila merasa ragu dengan cara pemeriksaan cek persiapan sebelum mudik dengan mobil pribadi, maka sebaiknya bawalah mobil ke bengkel resmi.

Atau bisa juga ke bengkel otomotif yang terpercaya. Perlu untuk diketahui, dalam kesemua rangkaian pemeriksaan mobil ini, yang terpenting adalah melakukan servis rutin berkala mobil anda.

Penting juga untuk anda baca : “10 Tips Mudik Dengan Mobil Pribadi

Demikian tadi 11 bagian yang harus anda cek sebelum mudik dengan mobil pribadi yang dapat dipaparkan untuk anda.

Semoga tips tersebut dapat bermanfaat dan perjalanan mudik anda ke kampung halaman lancar tanpa kendala. Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.