Motor vespa matic adalah versi modern dari motor vespa klasik. Vespa matic dilengkapi dengan teknologi canggih dan kekinian. Modelnya yang terkaang menggabungkan desain klasik dan modern menjadi daya tarik sendiri. Sehingga, belakangan ini vespa mulai mendapatkan peminatnya kembali.

Saat ini vespa matic banyak sekali jenisnya. Meskipun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui vespa matic ini. Selain itu, anggapan bahwa harga motor vespa lebih mahal dibandingkan motor konvensional menjadikan momok tersendiri bagi masyarakat.

Jenis Vespa matic semakin memberikan banyak varian, mulai dari harga paling murah hingga yang mahal. Jika kamu sedang mencari kendaraan roda dua yang memiliki desain dan kualitas elegan serta mesin dengan performa prima, Vespa bisa jadi pilihan utama.

Memang faktanya, vespa matic dijual dengan harga yang tinggi di pasaran. Bahkan harganya melebihi harga motor konvensional. Di sisi lain, dengan harga yang mahal ini tentu vespa matic menawarkan berbagai keunggulannya. Bahkan keungulan dapat kota temukan dari desain motor tersebut.

Vespa memang membidik pasara mengah ke atas dan juga pecinta vespa. Sehingga, harga yang tinggi tidak menjadi masalah. Apalagi motor buatan Italy ini sangat iconik dari zaman dahulu.

Berikut akan kami informasikan mengenai vespa matic. Jenis vespa matic yang populet, cara merawat vespa matic bahkan biaya perawatan vespa modern ini. Berikut ulasannya untuk Anda.

Motor Vespa Matic yang Populer

motor vespa matic

Dari banyaknya vespa matic di pasaran, beberpa jenisnya sangan populer. Khususnya di pasar motor Indonesia. Vespa ini menjadi populer karena desain atau juga karena performanya. Sehingga, pencinta vespa tidak segan untuk merogoh kocek lebih untuk memiliki kendaraan yang satu ini.
Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis vespa matic yang populer di masyarakat. Vespa tersebut adalah:

Vespa Sprint

Vespa sprint ini adalah versi motor vespa matic yang sebelumnya juga merupakan vespa jadul. Vespa ini sudah populer sejak dulu. Maklum saja apabila di versi terbarunya vespa ini juga tidak kalah populer. Selain itu, nama yang diambil dari nama jadulnya menambah iconik vespa matic ini.

Vespa sprint di jual dengan harga Rp. 45.500.000,00 (harga dapat berubah) di pasaran. Motor ini delengkspi dengan mesin ukuran yang sama yaitu 150 cc. Vespa Sprint baru membawa desain yang tentu saja retro modern.

Vespa LX

Vespa LX menjadi vespa matic populer selanjutnya. Vespa ini juga merupakan pembaharuan dari vespa jadul. Sehingga, jenis vespa ini menjadi populer di kalangan masyarakat. Apalagi Desain yang mengambil inspirasi dari Vespa LX jadul pun semakin memancarkan kesan retro dari Vespa 2019 LX ini.

Jenis Vespa matic ini harganya lebih murah daripada Vespa Sprint. Harga Vespa 2019 LX berada pada kisaran Rp 32.500.000. Vespa LX juga membawa mesin dengan kapasitas 150 cc yang menjadi standar bagi motor-motor Vespa kebanyakan.

Vespa 946

Jika ke dua vespa yang kta bahas sebelumnya harganya masih di bawah Rp 50.000.000,00. Vespa kali ini mempunyai harga yang lebih fantastis. Bahkan ini adalah salah satu vespa yang termahal di Indonesia. Vespa ini di sebut Vespa 946.

Vepa 946 dilengkapi dengan mesin, desain, dan fitur yang jauh di atas Vespa yang lain. Desain Vespa 946 juga berbeda. Dimana body Vespa ini kental akan khas retro. Sehingga, akan sangat terlihat berbeda dari jenis Vespa yang lain.

Vespa 946 merupakan keluaran edidi spesial dari Vespa. Harga yang dibandrol untuk motor ini mencapai Rp 119.000.000,00. Hal ini sepadan karena Vespa yang satu ini dibuat spesial.

Cara Merawat Motor Vespa Matic

Supaya vespa matic ini berumur panjang, alangkah lebih baik jika perawatan di lakukan secara rutin. Pada dasarnya perawatan motor vespa matic hampir sama dengan motor konvensional. Tidak ada hala yang terlalu berbeda dalam merawat motor ini.

Perawatan motor ini yang paling penting untuk diperhatikan adalah pengantian oli. Oli harus di ganti secara rutin. Yang terpenting gunkanlah oli yang dianjurkan produsen. Jika tidak, gunakan oli yang sudah teruji baik dan cocok untuk Vespa matic.

Menurut ketentuannya proses penggantian oli dapat dilakukan per 3000 KM sekali. Akan tetapi untuk menjaga sistem vespa agar tetap terjaga Anda dapat melakukan penggantian per 1000 KM saja.

Oli yang biasanya digunakan dan dianjurkan untuk vespa matic adalah oli 5W40. Namun, ada beberapa juga yang emnggunakan oli 10W40. Jika Anda bingung, Anda dapat menanyakn pada teknisi di tempat Anda melakukan servis.

Selain penggunaan oli, perhatikan pula penggunaan penggunaan engine cleaner serta injector cleaner juga cukup berpengaruh bagi umur piston. Hal ini berfungsi merontokkan kerak yang mengendap pada seher dan mesin. Sehingga, lakukan servis rutin pada bagian ini juga.

Bagian injektor vespa juga tidak boleh luput dari perhatin. Bersihkan bagian injektor per 10.000 KM. Patikan proses pembersihan dilakukan di bengkel dan oleh ahlinya.

Selanjutnya lakukan pemerikasaan rutin pula pada arus pada kabel koil dan elektroda pada busi motor. Untuk komponen kelistrikan yang harus diperiksa adalah soket penyambung antar kabel dan juga sistem penerangan kendaraan.

Bagian lain yang harus diperhatikan dan mendapatkan perawatan ekstra adalah bagian karburator, jangan sampai Anda telat dalam membersihkan bagian ini. Apabila Anda terlambat maka kotoran akan semakin menumpuk dan membuat jalannya vespa Anda menjadi macet.

Biaya Merawat Motor Vespa Matic

Mesin Motor Vespa Metic
Mesin Motor Vespa Metic
(Sumber Gambar: Google)

Walaupun vespa matic di bandrol dengan harga yang tinggi, namun hal itu tidak berlaku untuk biaya servis. Apalgi jika servis dilakukan dengan rutin. Maka, kerusakan akan semakin diminimalisir. Sehingga, biaya yang akan Anda keluarkan tidak banyak.

Biaya servis besarnya tergantung dengan kebutuhan masing – masing. Namun, ada beberapa servis yang pasti akan Anda keluarkan. Sehingga biaya ini dapat menjadi patokan untuk Anda.

Baca Juga: Oli Motor Matic: Memilih Oli yang Tepat untuk Merawat Mesin

Biaya tersebut adalah baiaya oli mesin sebesar Rp 79.500. Selain oli mesin perlu juga mengganti oli gear. Harga Oli gear biasanya sebesar Rp 19.000. Sevis rutin selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah servis filter udara, oil filter, shoe Driving Pulley, dan busi. Masing – masing komponen tersebut secara berurutan di bandrol dengan harga Rp 54.890, Rp 24.255, Rp 24.255, dan Rp 93.500.

Servis dasar selanjutnya adalah Kampas rem depan sebsar Rp 173.250. Kampas rem belakang Rp 115.500. Untuk kampas rem depan dan kampas rem belakang mempunyai harga yang berbeda – beda. Hal ini tergantung dengan jenis vespa matic yang di servis. Namun, harganya tidak akan terlalu jauh berbeda.

Biaya selanjutnya adalah Roller sebesar Rp 138.600 dan biaya V-belt atau Drive belt Rp 433.400. Semua biaya tersebut adalah gambaran dalam perawatan motor vespa matic. Biaya dapat berubah sesuai keadaan ataupun keperluan.

Baca Juga: Mobil Listrik Tesla: Harga Selangit dan 4 Keunggulannya

Itulah informasi mengenai motor vespa matic. Masih banyak jenis Vespa matic yang ada dipasaran. Harganya pun sangat bervarian. Meskipun motor vespa matic mempunyaiharga yang tinggi, namun untuk biaya perawatannya sangat terjangkau. Jadi, apakah Anda tertarikuntuk memiliki motor Vespa matic?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *