Motor trail mini saat ini menjadi salah satu jenis motor yang cukup memiliki banyak penggemar. Motor trail mini merupakan versi mini dari motor trail pada umumnya. Trail mini ini diperuntukan untuk anak – anak atau orang dewasa berukuran mini.

Sama dengan motor trail ukuran biasa, motor trail dengan ukuran mini digunakan untuk mereka yang hobi terabas. Saat ini motor ini tersedia dalam berbagai kategori kelas. Kategori dimulai dari 50cc, 70cc, 100cc, hingga ada yang memiliki kapasitas mesin 250cc.

Selain itu, motor mini juga hadir dengan komponen canggih. Sehingga tetap memberikan kenyamanan saat melewati berbagai medan jalan yang ekstrim. Harga motor trail jenis mini dibandrol dengan harga yang berbeda – beda. Selain itu, saat ini motor trail dengan berukuran mini juga tersedia dalam berbagai merek.

Meskipun orang membelinya untuk menunjang hoby, namun ada beberapa hal yang perlu di ketahui mengenai motor trail dengan ukuran mini. Bagi pemula tidak hanya harga ataupun merek motor trail dengan ukuran mini yang perlu diketahui. Namun, juga beberapa fakta tentang motor ini.

Berikut ulasan mengenai motor yang diperuntukkan untuk anak – anak ini.

Motor Trail Mini

Bagi pemula, mungkin membeli motor trail baik untuk ukuran mini maupun ukuran pada umumnya akan membutuhkan banyak pertimbangan. Namun, sebelum mempertimbangkan hal – hal mengenai motor trail dengan ukuran mini, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa fakta tentang motor trail. Sehingga motor trail dapat digunakan dengan semestinya.

Hal yang pertama adalah bahan bakar motor trail berukuran mini. Pertanyaan mengenai bahan bakaryang digunakan untuk motor trail mini ini sangat sering diajukan. Khususnya untuk para orang tua yang baru pertama kali membeli motor ini untuk buah hatinya.

Sama dengan motor lainnya, motor Trail dengan ukuran mini ini juga menggunakan bahan bakar bensin. Bensin dapat menggunakan berbagai macam jenis. Tidak ada aturan atau anjuran khusus untuk menggunakan bensin jenis tertentu. Jenis bensin Premium maupun Pertamax dapat digunakan.

Lalu bagaimana dengan oli?. Apakah motor trail mini ini menggunakan oli?. Ya, tentu saja mobil ini menggunakan oli. Namun, hanya sebagai sampingan. Jadi, saat isi bensin satu liter, campurkan oli dua tak dengan takaran tiga tutup botol penuh.

Hal Selanjutnya yang perlu menjadi perhatian adalah motor ini tidak untuk digunakan di jalan raya. Motor trail berukuran mini dibuat untuk dikendarai anak – anak. Selain itu, sama seperti motor trail dengan ukuran biasa, motor ini di desain untuk medan alam yang ekstrim.

Selain itu, motor trail berukuran mini tidak dilengkapi dengan STNK. Hal ini karena motor trail dengan ukuran mini masih tergolong dalam kategori mainan. Jadi, jangan nekat untuk menggunakannya dijalan raya. Apalagi motor ini memiliki ukran yang kecil jika dibandingkan dengan kendaraan lain.

Motor mini ini dibuat khusus untuk balap dan pemakaian jarak dekat, sangat dilarang untuk mengendarainya ke jalan umum, karena akan membahayakan dari segala sisi berkendara.

Rekomendasi Motor Trail Mini

Banyaknya kompetisi riding untuk anak – anak, maka berdampak pada bervariasinya merk motor trail berukuran mini di pasaran. Ada tiga jenis model yang tersedia yakni model MotoGP, trail dan ATV. Awalnya motor ini ditawrakan dengan harga yang ditawarkan mulai dari Rp 2,5 juta sampai Rp 4,7 juta. Namun, sekarang banyak sekali motor yang di bandrol dengan harga tinggi. Hal ini tentu di imbangi dengan spesifikisasi yang bagus.

Bagi Anda para orang tua yang ingin mendukung hoby riding anak – anak Anda, namun bingung dengan pilihan yang ada di pasaran, berikut beberapa rekomendasi motor trail berukuran mini untuk Anda.
Kawasaki

motor trail mini

Jika Anda mempuyai anggaran lebi untuk membelikan perlengkapan hobi anak, Kawasaki dapat menjadi pilihan Anda. Kawasaki memiliki banyak jenis motor trail dengan ukuran mini. Misalanya Kawasaki KX 85, Kawasaki KX 65, Kawasaki KSR Pro, dan masih banyak lagi.

Jangan kaget melihat harga dari motor trail dengan ukuran mini dari Kawasaki. Motor ini dibandrol dengan harga 33 juta sampai 50 jutaan.

Tentu ini menjadi hal yang lumayan mahal untuk menunjang hoby anak.
Dengan harga yang mahal Kawasaki membekali motor mereka dengan double disk sebagai sistem pengeremannya. Selain itu, Kawasaki juga melengkapi mesinnya dengan sistem pendingin cairan.

Baca Juga: Mobil Morgan, Mobil dari Inggris yang Melegenda

Viar Cross

Rekoemendasi selanjutnya adala Viar Cross. Dibandingkan dengan Kawasaki motor Trail dengan ukuran mini yang satu ini mempunyai harga yang lebih terjangkau. Harga Viar Cross dimulai dari 8 juta an. Sehingga, motor ini jauh lebih murah dibandingkan dengan Kawasaki.

Meskipun begitu, motor ini tetap dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni. Motor Viar Cross yang satu ini juga datang dengan membawa sistem pembakaran berupa karburator. Merek ini menyediakan dalam berbagai dalam berbagai kategori mesin. Selain itu, banyak sekali jenis yang dikeluarkan.

Misalanya Viar Cross X 70, Viar Cross X 100, dan Viar Cross X 150. Ketiga motor tersebut adalah yang paling banyak dicari.

KTM

Rekomendasi selanjutnya adalah KTM. Merk ini juga mempunyai banyak pilihan tipe. Tiga pilihan yang paling populer adalah KTM 50 SX, KTM 65 SX, dan KTM 85 SX. Harga dari KTM tidak kalah dengan Kawasaki. Bahkan harganya dapat melebihi Kawasaki. Salah satu motor trail mini dari KTM dibandrol dengan harga 65 jutaan. Tentu ini menjadi harga yang lumayan menguras kantong.

Yamaha

Yamaha juga memproduksi motor trail versi mini. Tipe yang paling terkenal adalh Yamaha PW50. Dilengkapi denganmesin berkapasitas 49cc dengan tipe pendingin air-cooled. Selain itu fitur motor ini juga tidak kalah menarik.

Fitur seperti adanya Fuel Delivery VM12 carburator dan juga Ignition CDI. Sementara untuk suspensinya menggunakan tipe telescopic fork berukuran 26mm dibagian depan dan dibagian belakang berjenis unit swingarm dengan travel hingga 2 inci. Kemudian pada bagian depan juga terdapat ban 2.50-10-4PR dan dibagian belakang berukuran 2.50-10-4PR.

Motor ini dibandrol dengan harga 22 jutaan. Hal ini tentu seimbang dengan fitur yang dimilikinya.

Baca Juga: Motor Mogok: Jangan Panik! Begini Cara Mengatasinya

Cara Merawat Motor Trail Mini

Meskipun masuk masuk kategori mainan, motor trail mini tetap saja mempunyai cara perawatan tersendiri. Perawatan terhadap motor trail berukuran mini penting untuk dilakukan. Sehingga performanya tetap terjaga. Apalagi jika motor digunakan untuk berkompetisi.

Motor Trail Mini yang Cocok untuk Pemula, Ada 4 Rekomendasi!!! 1

Cara merawat motor ini yang pertama adalah hindari mesin terkena air. Hal ini dapat memeperpendek usia mesin. Selain itu, usahakan saringan hawa pada karburator tidak terkena basah berlebih dan bila ingin membersihkan, buka dengan menggunakan obeng minus dan direndam pada bensin.

Empat, tekanan angin ban jangan terlalu keras. Setiap selesai pemakaian dapat diisi angin kembali pada ban dan disarankan menggunakan pompa tangan. Jika ingin membersihakn motor, gunakanlah kain lap basah berbahan fiber.

Simpan dalam ruang yang tidak terkena panas matahari secara langsung. Jika ada komponen yang rusak, segeralah ganti dengan yang baru agar tidak menyebar ke bagian lainnya.

Motor trail mini banyak digunakan dalam kompetisi motor cross untuk anak – anak. Semakin banyknya kompetisi ini, maka popularitas motor ini juga semakin meningkat. Sehingga, tidak heran produksi motor trail ukuran mini dari pabrik lokal dan luar negeri terus bertambah. Selain itu, tipenyapun semakin banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *