Saat memulai hari di pagi hari dan bersiap melakukan aktifitas, namun sepeda motor susah hidup tentu menjadi hal yang menyebalkan bukan? Ada banyak penyebab mengapa sepeda motor sulit untuk dihidupkan. Mungkin aslasan yang paling umum adalah kondisi busi. Namun, masih banyak hal yang menjadi penyebab mengapa sepeda motor susah dihidupkan. Artikel kali ini akan mebahas sebab tersebut. Jadi, berikut ulasannya untuk Anda.

Motor Susah Hidup

Mengingat fungsinya yang sangat penting dalm membantu melakukan aktiitas keseharian, maka jangan sampai Anda luput untuk merawat moor Anda. Karena salah satu akibat apabila motor jarang diservis adalah motor susah hidup. Apa saja yang menjadi penyebabnya? Berikut ulasannya untuk Anda.

Aki Lemah

Apabila motor Anda susah hidup mungkin Anda dapat mengecek aki kendaraan Anda. Sebab, aki yang lemah merupakan salah satu penyebab motor susah hidup. Hal ini berlaku untuk motor jenis apapun baik itu sekutik maupun bebek. Aki merupakan sumber utama sistem listrik motor. Untuk kendaraan roda dua dengan starter listrik pasti bergantung pada fungsi aki. Aki motor yang sudah terlalu lama dipakai dan lemah biasanya tidak mampu menopang lagj kinerja motor.

Baca Juga: Ganti Ban Mobil: 5 Ciri- Ciri Ban Mobil Harus Segera Diganti

Aki motor umumnya memiliki tegangan 12 Volt. Apabila tegangan aki kurang dari 12 volt, maka akan muncul gejala aki soak, kinerja perangkat elektronik akan menurun, termasuk sistem starter mesin. Beberapa tanda aki yang lemah atau rusak juga bisa dideteksi dari gejala lain seperti sistem penerangan menurun, lampu jadi lebih redup, lampu sein berkedip cepat atau bunyi klakson sember.

Solusinya adalah dengan menggunakan kick starter dan biarkan mesin menyala beberapa menit agar terjadi pengisian aki. Apabila cara ini tak mengatasi masalah, cek sistem pengisian listrik ke aki. Jika di bagian ini ada kerusakan, tegangan aki akan selalu drop karena tidak mendapat suplai listrik yang stabil. Jika aki memang sudah lemah sebaiknya siap-siap mengganti dengan yang baru. Sebab berarti kemampuannya menyimpan listrik sudah menurun.

Busi Bermasalah

Motor Susah Hidup
Motor Susah Hidup (Sumber Gambar: Google)

Busi yang sudah harus diganti atau mengalami aus merupakan slah satu penyebab jika motor Anda susah untuk dihidupkan. Sepertinya busi yang bermasalah juga menjadi banyak hal yang orang ketahui apabila motor susah hidup. Masalah pada busi akan menyebabkan percikan api yang dikeluarkan terlalu kecil bahkan mati. Karena merupakan komponen penting dalam sistem pengapian. Apabila busi bermasalah seluruh kerja sistem bisa terganggu. Periksa apakah busi masih dalam kondisi baik, bersihkan jika kotor atau berkerak.

Selain itu, busi yang sudah aus dan menghitam adalah penyebab motor sulit dinyalakan yang paling sering ditemui. Kamu tidak perlu menjadi mekanik untuk mengatasi masalah ini. Cukup cabut busi, ganti yang baru, dan coba lagi nyalakan motor.

Baca Juga: Dampak Pengharum Mobil Pada AC: Perhatikan Sebelum Memilih!

Starter Korslet dan Rusak

Terjadinya kors;et araupun rusak pada starter juga dapat mempengaruhi susahnya motor untuk dihidupkan. Biasanya hal ini menunjukkan adanya hubungan pendek dalm sistem kelistrikan sehingga menimbulkan masalah. Hal ini biasanya terjadi karena komponen starter yang berdekatan dengan komponen logam yang terhubung dengan arus negatif dari aki.

Biasanya di area yang terjadi korslet ada bekas terbakar atau hitam. Hubungan pendek akan menyebabkan motor starter tidak berfungsi sekringnya putus. Mengatasinya, ganti sekring, bersihkan area yang terbakar dari kerak, kemudian pasang kembali. Pastikan pemasangannya tidak berisiko menimbulkan hubungan pendek.

Selain starter mengalami korlest, starter yang rusak juga dapat menjadi penyebab sepeda motor sulit untuk dihidupkan. Untuk infromasi bahwa dalm dunia otomotif ada istilah relay untuk motor. Apa relay itu? Jadi, relay adalah sebagai pengalir arus utama dari aki ke motor starter. Saat relay rusak, motor starter tidak akan bisa hidup. Karena posisi relay ada di antara aki dengan motor starter, otomatis arus dari sumber listrik yaitu aki tidak akan tersalurkan sehingga motor tak dapat dihidupkan.

Rasio Kompresi

Apabila masalah motor susah hidup hanya pada saat tertentu, seperti saat mesin dingin atau di pagi hari, tapi mesin masih tetap bisa dihidupkan dengan kick starter atau engkol berkali-kali, maka kemungkinan ada masalah dengan rasio kompresi di silinder. Mesin memerlukan tekanan kompresi untuk membuat bahan bakar dapat terbakar. Bila rasio kompresi terlalu rendah, mesin akan sulit hidup khususnya di pagi hari saat mesin masih dingin.

Aliran Bahan Bakar Tersumbat

Penyebab selanjutnya adalah adanya sumbatan pada aliran bahan bakar. Ya, salah satu yang menjadi penyebab motor tidak dapat menyala adalah tersumbatnya aliran bahan bakar dari tangki menuju ruang pembakaran di mesin. Ketika aliran bahan bakar tersumbat, tangki akan menyuplai bensin dengan tekanan rendah, jadi motor sulit dinyalakan. Untuk mengatasi masalah ini biasanya sumbatan dibuka dengan kawat, jarum, atau meniup selang aliran bahan bakar.

Cara Mencegah Motor Yang Susah Hidup

Ada cara agar mencegah motor yang susuah dihidupkan tidak terjadi pada Anda. Caranya yang paling utama tentulah melakukan perawatan atau servis sepeda motor secara rutin. Jadi, jangan lupa untuk melakukan service secara ratin, yaitu sekitar kilometer mencapai 2000 – 2500km atau 2 – 3 bulan pemakaian. Saat melakukan servis rutin jangan lupa untuk melakukan penggantian terhadap oli yang baru, hal ini agar menjaga peforma mesin tetap prima, sirkulasi pelumasan mesin tetap baik.

Selanjutnya untuk mencegah motor menjadi susah dihidupkan selain melakukan servis rutin, kita juga dapat mencegahnya melalui penggunaan keseharian. Artinya perawatan dari diri sendiri juga perlu dilakukan. Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan sendiri dirumah adalah membersihkan motor dengan mencuci ketika kotor, mengecek seluruh komponen motor dan mengencangkan kembali jika ada baut-baut yang kendor, cek kondisi oli, cek kondisi bensin, cek kondisi kelistrikan jika ada kabel yang aneh (mengelupas) agar bisa cepat di atasi.

Baca Juga: 5 Perlengkapan Mobil Yang Harus Selalu Dibawa

Itulah lima hal yang mengakibatkan motor susuah hidup. Tanpa kita sadari banyak hal yang kecil atau remeh dapat merusak sepeda motor. Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa melakukan servis rutin, perawatan dalam penggunaan sehari – hari seperti membersihkan sepeda motor sangat penting. Jadi, jangan tunggu ada kerusakan baru setealh itu Anda melakukan servis kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *