Motor mogok adalah sesuatu hal yang tidak pernah diharapkan. Apalagi, jika motor mogok terjadi di saat – saat yang penting. Hal ini akan membuat hati terus mengumpat sepanjang hari. Sehingga, sebelum hal ini terjadi pada kita, alamgkah lebih baikya kita mencegahnya.

Mencegah motor agar terhindar dari mogok dapat kita lakukan dengan perawatan yang benra. Perawatan tidak hanya tentang rajin melakukan servis rutin. Namun, perawatan juga tentang penggunaan motor sehari – hari. Hal ini dapat menghindari motor Anda mogok mendadak di jalan.

Perawatan sehari – hari pun sangat mudah dilakukan. Seperti memanaskan motor sebelum dipakai berkendara. Hal sederhana ini sangat sering dilewatkan apalgi jika hari terasa sibuk. Padahal hal sederhana ini dapat membantu merawat mesin agar performanya terjaga.

Selain itu, sering menerjang banjir. Hal ini juga dapat merusak mesin motor. Apalagi jika setelah menerjang banjir motor tidak langsung dibersihkan. Padahal hal ini sangat penting.

Motor yang berdebu saja harus segera dibersihkan karena berpengaruh terhadap komponen motor. Apalgi jika menerjang banjir. Dimana air banjir yang tertinggal dapat berpengaruh pada komponen motor.

Namun, jika Anda harus mengalami kejadian motor yang mogok mendadak. Jangan khawatir dan panik. Berikut informasi mengenai hal yang dapat Anda lakukan ketika motor mendadak.

Penyebab Motor Mogok

Sebelum berbicara mengenai hal yang harus Anda lakukan ketika motor mengalami mogok. Ada baiknya Anda mengetahui hal – hal yang menyebabkan motor Anda mengalami mogok. Jadi, Anda dapat melakukan cek kondisi motor untuk mencegah motor mengalami mogok mendadak.

motor mogok
motor mogok

Penyebab motor mengalami mogok yang pertama karena terjadi kepanansan pada mesin. Mesin panas adalah hal umum ini banyak orang ketahui untuk menjadi penyebab mogok sebuah kendaraan. Kondisi ini menyebabkan mesin memiliki suhu yang naik secara drastis akibatnya piston dan liner boring menjadi macet.

Sehingga, jika hal ini terjadi maka Anda harus mendinginkan mesin motor terlebih dahulu. Jika masih mogok Anda perlu memeriksa bagian komponen motor yang lain. Komponen lain yang perlu Anda periksa adalah oli mesin.

Oli mesin juga dapat menjadi penyebab motor mengalami mogok. Selain mesin yang terlalu panas, oli pada mesin juga dapat menjadi penyebab mogoknya motor. Hal ini juga sering dialami oleh pemilik kendaraan.

Oli mesin yang sudah lama tidak diganti menjadi faktor motor megalami mogok. Sehingga Anda perlu melakukan ganti oli mesin secara rutin. Penggantian oli biasanya sudah diberi tahu pada buku panduan. Biasannya mengganti oli dilakukan satu bulan sekali. Namun, jika motor sering melakukan perjalanan jauh, maka Anda juga harus sering menggantinya.

Pentingnya mengganti oli secara rutin tidak hanya untuk menghindari mogok mendadak. Selain itu, oli mempunyai fungsi penting untuk mesin motor. Fungsinya yaitu membantu melepas setiap komponen, yang ada sehingga menjadi lebih mudah dalam menjalankannya.

Sehingga tidak hanya mengganti oli secara rutin, namun juga menggunakan oli yang telah direkomendasikan. Hal ini akan membantu performa mesin tetap terjaga dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Motor CRF Bekas: Periksa Mesin Sebelum Membeli

Hal selanjutnya yang dapat menyebabkan motor mengalami mogok adalah klep yang tidak tepat. Hal ini juga menjadi penyebab yang palin sering terjadi saat motor mengalami mogok. Klep yang tidak tepat ini biasanya terjadi pada kendaraan yang sering pergi ke bengkel tidak resmi.

Biasanya klep yang terlalu rapat atau justru tidak tepat menjadikan motor mengalami mogok dan mesin mati terus menerus. Sehingga mesin akan menjadi cepat panas. Lebih baik anda membawa ke bengkel agar posisi klep bisa dipasang dengan tepat dan tentu saja tidak akan menimbulkan masalah lain.

Maslah lain yang dapat menyebabkan motor mogok adalah ventilasi bensi tersumbat. Hal ini adalah hal kecil yang dapt menyebabkan motor mengalami mogok. Pada tutup tangki itu ada lubang kecil yang berfungsi sebagai ventilator. Jika, lubang kecilnya tertup, tidak ada sirkulasi udara dan akhirnya bensin tertahan sehingga nggak bisa ngalir menuju karburator.

Biasanya karena debu yang berasal dari luar atau ada uap air yang masuk ke dalam saluran ini. Jadi, pentingnya selalu membersihkan motor pada bagian ini. Tidak hanya fisik motor saja yang perlu dibersihkan dari debu.

Baca Juga: Mobil Mogok: Apakah Penyebabnya?

Masalah terakhir yang akan dibahas tentang penyebab motor mengalami mogok adalah filter motor . Biasanya terjadi akibat adanya filter udara yang cukup kotor perlu diketahui bahwa fungsi filter udara sangatlah besar. Seperti menyaring dan juga membantu agar kotoran dan debu tidak bercampur.

Adanya saringan filter ini jelas saja membantu motor, agar bisa berjalan dengan baik namun komponen ini tidak akan bisa berjalan. Jika anda malas untuk membersihkannya, hal tersebut justru akan membuat motor makin mogok dan mesin tidak dapat bekerja dengan baik. Tarikan gas juga akan lebih berat. sehingga ada baiknya anda mengganti atau membersihkan filter tersebut.

Hal yang Dapat dilakukan Ketika Motor Mogok

Setelah mengatahui hal – hal yang biasanya dapat menyebabkan motor mengalami mogok, selanjutnya hala pa yang dapat dilakukan ketika motor mengalami mogok. Apalgi bagi Anda yang asing dengan mesin kendaraan. Pasti Anda akan mengalami kebingungan.

motor mogok
motor mogok

Ketika motor mengalami mogok hal yang pertama adalah jangan panik. Ketika panik Anda tidak dapat berfikir jernih sehingga tidak dapat menentukan hal yang harus dilakukan. Selanjutnya, Anda dapat mengamankan motor. Bawa motor ketepi jalan jika mogok di tengah – tengah jalan.

Jika suadah diamankan, Anda dapat mulai mengecek komponen yang dapat menyebabkan motor Anda mogok. Anda dapat mencari sumber motor mengalami mogok.

Itu itu mengetahui hal – hal yang biasanya menyebabkan motor mogok sangat penting. Cek bagian mesin seperti setelan klep yang salah, oli mesin habis, sistem pengapian mati dan lainnya.

Jika Anda sama sekali mengerti, segera hubungi bengkel. Untuk itu penting menyimpan nomor bengkel. Selain itu, Anda juga perlu menyimpan peralatan dasar. Peralatan ini dapat membantu Anda ketika harus mengecek mesin motor.

Baca Juga: Mobil Terbaru Toyota: Spesifikasi Canggih Prius PHEV

Itulah hal yang dapat Anda lakukan ketika motor mengalami mogok. Jika Anda tidak mengerti sama sekali jagan sungkan untuk meminta bantuan pada orang sekitar. Segerlah bawa kebengkel terdekat. Hal yang paling sering menyebabkan motor mogok alangkah baiknya jika Amda mengetahui letak dan cara mengatasi komponen tersebut.

Motor mogok memang tidak diharapkan tidak dialami oleh pengendara. Sehingga, perawatan motor sangatlah penting. Rawatlah motor secara konsisten, sehingga dapat menghindari dari masalah mogok. Bahkan perawatan yang baik dan benar dapat meperpanjang usia mesin. Selai in itu performa mesin juga tetap terjaga. Jadi, luangkan waktu untuk merawat motor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *