Sebagai salah satu alat transportasi yang sangat penting, tentu kita tidak ingin ada hal yang menyebabkan aktifitas menjadi terganggu akibat sepeda motor mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi pada sepeda motor tidak hanya mengenai susuah dihidupkan. Tidak jarang pula motor mengalami brebet. Ya, ketika motor mengalami brebet juga menjadi salah satu hal yang tidak menyenangkan bukan? Tapi apakah kalian sudah tahu mengenai apa brebet?

Brebet biasanya juga disebut dengan kempos. Jadi, brebet merupakan kondisi kendaraan dimana ketika Anda melakukan tancap gas, kinerjanya tidak maksimal. Masalah tersebut sering dikaitkan dengan sistem bahan bakar yang mengalami masalah, namun sebenarnya terdapat beberapa penyebab lainnya. namun, umumnya karena proses pembakaran yang tidak sempurna, membuat motor Anda menjadi brebet.

Motor mengalami brebet tidak hanya pada saat mengendari motor dengan RPM rendah saja, tapi juga saat RPM tinggi. Bahkan bisa terjadi saat sedang berada ditanjakan. Apabila motor brebet terjadi, menyebabkan kendaraan jadi kurang nyaman ketika dipakai dan bisa membahayakan keselamatan.
Berikut adalah ulasan mengenai terjadinya brebet. Anda perlu mengetahuinya agar dapat mengantisipasi terjadinya hal tersebut.

Motor Mengalami Brebet

Saat motor mengalami kerusakan dan mengganggu mobilitas, pasti Anda akan merasa kesal buka? Salah satu masalah yang biasa terjadi pada sepeda motor salah satunya adalah motor mengalami brebet. Ada beberapa penyebab sebuah sepeda motor dapat mengalami brebet. Berikut ulasannya untuk Anda.

Filter Udara Yang Kotor

Adanya kotoran pada filter udara adalah salah satu penyebab terjadinya brebet pada motor. Adanya kotoran pada filter akibat motor sering digunakan, namun jarang dibersihakan. Apabila flter udara kotor, maka udara yang masuk akan tersedat. Padahal udara diperlukan untuk proses pembakaran mesin, sehinga ruang bakar bisa bekerja dengan baik.
Padahal filter sendiri mempunyai fungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar untuk mencegahnya terkontaminasi dengan berbagai debu dan kotoran serta pembakaran mesin berjalan dengan baik.

Dengan pemakaian yang sering, filter udara menjadi kotor karena menyaring debu dari udara yang masuk ke ruang bahan bakar. Kumpulan debu tersebut semakin banyak dan bila tidak dibersihkan akan mengakibatkan celah-celah filter udara jadi tersumbat. Hal ini mengakibatkan injektor atau karburator tidak mampu menghisap udara dengan baik sehingga salah satu risiko yang akan dialami adalah tarikan gas jadi lebih berat, sehingga motor brebet atau mesin mati tiba-tiba.

Baca Juga: Ganti Ban Mobil: 5 Ciri- Ciri Ban Mobil Harus Segera Diganti

Selain itu, ketika RPM sedang dalam keadaan tinggi, maka secara otomatis pston akan menyedot aliran bensin karena adanya kekosongan udara pada ruang bakar. Jika masalah ini terjadi pada mesin motor Anda, tidak perlu khawtair, Anda bisa dengan mudah mengatasinya dengan melakukan pembersihan secara rutin. Rajinlah membersihkan filter udara agar sistem pembakaran bekerja dengan baik dan membuat motor bisa dikendarai dengan nyaman.

Motor Mengalami Brebet
Motor Mengalami Brebet (Sumber Gambar: Google)

Tangki Bahan Bakar Kotor dan Tercampur Dengan Air

Penyebab selanjutnya yang menjadi penyebab motor mengalami brebet adalah tangki bahan bakar yang kotor dan bahan bakar tercampur dengan air. Artinya kwalitas bahan bakar yang kurang baik juga daat mempengaruhi motor Anda mengalami brebet. Jadi, pastikan bahawa bahan bakar tidak tercampur dengan air. Tutup dengan baik tangki bahan bakar Anda sehingga kwalitas bensin tidak menurun karena tercampur dengan benda lain. Selain itu, air yang tercampur dengan bahan bakar membuat bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran menjadi tidak sepenuhnya.

Baca Juga: Yuk, Kenali Jenis Ban Untuk Mobil Yang Sering Digunakan!

Selain menganggu proses pembakaran bahan bakar, air juga akan membuat mesin tidak bisa terbakar oleh percikan api busi. Hal tersebut bisa terjadi karena air akan membuat proses pembakaran tidak seimbang. Akibatnya pembakaran jadi terhambat. Apabila ada air di dalam tangki bahan bakar, maka kuras, bersihkan, atau bahkan mengganti filter bahan bakar yang sudah tercampur air. Apabila tidak segera dibersihkan maka dapat memicu sumbatan dan kerak pada tangki bahan bakar yang akan ditransfer ke injektor atau karburator.

Kondisi Busi Yang Melemah Atau Kotor

Lagi- lagi kondisi busi yang sudah rusak dan kotor menjadi penyebab rusaknya motor. Busi yang sudah rusak dan memiliki kondisi yang kotor juga dapat menyebabkan motor Anda mengalami brebet. Hal ini akan terjadi ketika busi motor Anda mulai berkerak dan mulai renggang. Adanya kerak, busi mulai renggang maupun kotoran dapat mengakibatkan percikan yang harusnya diterima oleh mesin motor menjadi kecil.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi maka selalu periksa kondisi busi. Jika banyak kotoran berwarna hitam, bersihkan busi secara menyeluruh, cek celah busi apakah ada kerenggangan lebih dari 1mm atau tidak. Busi yang renggang berdampak pada suhu pengapian busi yang akan membuat pembakaran bahan bakar dan udara pada mesin berjalan lancar. Jika semua sudah dilakukan, busi pasang kembali dan bila masih bermasalah, ganti dengan busi yang baru.

Baca Juga: Merawat Ban Mobil: Tips Mudah Melakukannya

Injektor Motor Kotor

Penyebab terakhir yang akan kita bahas adalah kondisi injektor yang kotor. Tidak hanya kotoran pada bahan bakar dan juga busi yang menyebabkan motor mengalami brebet. Ternyata, injektor yang kotor juga dapat menyebabkan motor mengalami brebet. Injektor yang kotor bisa disebabkan karena kualitas bahan bakar yang rendah dan kurang bermutu. Sehingga, kotoran menumpuk pada injektor dan penyemprot bahan bakar. Anda juga bisa membersihkan injektor jika keadannya sudah benar-benar kotor, namun dengan syarat jarak tempuh motor Anda telah diatas 1.000 kilometer.

Cara mengatasi motor brebet jika masalahnya ada dalam komponen injektor, adalah dengan mengisi bahan bakar dengan kandungan yang tinggi oktannya. Sebab, injektor yang kotor akan membuat penyaluran bahan bakar ke ruang bakar menjadi tidak lancar dan tersendat.
Empat diatas merupakan hal yang dapat menyebabkan brebet pada motor.

Ke-empat hal tersebut juga saling berhubungan dan umumnya disebabkan karena kotoran. Oleh sebab itu, semakin Anda sering menggunakan motor sebagai kendaraan maka seharusnya semakin sering Anda membersihkan motor yang Anda gunakan. Sebab, motor yang kotor akan banyak menimbulkan masalah. Jadi, rajinlah membersihkan sebelum motor Anda mengalami banyak kerusakan, salah satunya motor brebet.

Baca Juga: Ciri – Ciri Busi Motor Bermasalah Dan Harus Diganti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *