Ternyata Harley Davidson Punya Produk Motor Listrik LiveWire, Simak Yuk!

Motor Listrik LiveWire
Motor Listrik LiveWire

Gemuruh suara terdengar ketika rombongan moge Harley Davidson melintas di depan kita.

Selain kegambotan badan dan kapasitas mesin, Harley Davidson juga memiliki image sebagai moge yang memiliki tenaga buas.

Bukan hanya itu saja, HD, singkatan dari manufaktur motor asal Amerika ini, juga memiliki suara khasnya yang menggelegar.

Dari model Street 500 hingga Ultra saja, suaranya kami jamin dapat membuat anda terkaget jika yang memilikinya melakukan rev bomb di sebelah anda.

Motor Listrik LiveWire Harley Davidson

Tenaga besar, bodi bongsor, mesin v-twin, dan suara yang menggelegar memang tak dapat terpisahkan dari sebuah HD. Walaupun memang suaranya ‘sangat’ mengundang perhatian, tapi telinga tak dapat dibohongi.

HD lewat di jalanan, kepala anda akan langsung tertuju padanya dan telinga akan memasuki momen eargasm.

Tapi manufaktur moge yang menjadi muka dari wilayah barat ini terus melakukan inovasi agar motor yang mereka buat tidaklah membosankan.

Walaupun tetap memiliki ciri khas yang telah disebutkan tadi, HD terus berusaha untuk menciptakan sesuatu yang out of the box.

Lalu bagaimana ya jika suatu waktu gemuruh itu hilang? Karena motor listrik buatan Harley Davidson sudah mulai bisa di pesan di Mei 2019 ini.

Motor listrik ini memiliki ‘penyesuaian’ pada suara karena penggeraknya bukan lagi sebuah combustion engine konvensional, melainkan permanent magnet electric motor.

Yang namanya Harley Davidson walaupun tanpa mesin v-twin nya tetap saja gahar walaupun hanya di harga. Motor listrik LiveWire ini dijual dengan harga USD29.799 atau sekitar Rp421 juta.

Spesifikasi Motor Listrik LiveWire

Motor Listrik LiveWire
Motor Listrik LiveWire

Motor listrik pabrikan Amerika Serikat (AS) itu diklaim punya performa serupa dengan Supercar, yang melengkapi jajaran lini produk mereka. Baru-baru ini mereka pun membocorkan performa motor listrik ini.

Dilansir dari situs resmi Harley Davidson, mereka mengeluarkan data bahwa LiveWire memiliki catatan akselerasi 0 – 100 kilometer per jam hanya 3.0 detik saja. Kemudian berlanjut dari akselerasi 100 – 130 kilometer per jam hanya butuh 1,9 detik.

Perlu diingat bahwa performa ini murni dari sistem motor listrik dan baterai yang digunakan. Tidak melalui kombinasi kopling atau transmisi untuk bisa mencapai performa tersebut.

Kemudian melihat catatan performa mereka, tidak salah akselerasi ini mirip dengan performa yang ditawarkan oleh supercar. Sebagai contoh saja Ferrari F8 Tributo yang menggunakan mesin V8 memiliki akselerasi 0 – 100 kilometer per jam hanya 2,9 detik.

Berbicara soal daya jelajahnya, motor listrik ramah lingkungan ini mampu menempuh jarak hingga 140 mil atau sekitar 225 kilometer untuk area pemukiman, dan 88 mil atau sekitar 141 kilometer untuk arena yang penuh kemacetan atau jalan bebas hambatan.

Motor Listrik LiveWire
Motor Listrik LiveWire

Motor listrik LiveWire bisa mencapai performa tersebut karena didukung sejumlah komponen berkualitas.

Mulai dari rangka alumunium yang ringan dan kaku, suspensi Showa yang bisa diatur tingkat kekerasannya, rem Brembo, ABS, hingga ban Michelin Sport.

Tidak hanya itu, LiveWire juga dilengkapi dengan sistem Kontrol Sasis Elektronik ECC yang berguna untuk memberikan kontrol yang lebih besar pada pengendaranya di situasi yang kurang ideal.

LiveWire hadir dalam tiga varian warna yaitu Orange Fuse, Yellow Fuse dan Vivid Black.

V twin hilang tapi bagian bawah tangki yang biasanya di isi dengan blok mesin v-twin, kini beralih untuk meletakan baterai. Baterai lithium-ion ZF 14.4 yang digunakan mampu mengecas 95 persen cukup 1,5 jam, dan bisa menembus jarak hingga 260 kilometer cukup sekali pengecasan.

Tampilan yang kokoh dengan teknologi inovatif terbaru ditawarkan pada penggunanya. Motor Listrik tipe LiveWire ini juga bisa digunakan di berbagai medan.

Motor ini sangat cocok untuk penggunaan di kota, karena memiliki konsep elektrik berbobot ringan, serta memudahkan pengendaranya tanpa harus memindahkan kopling dan ganti gigi.

Kemudian, untuk mengisi daya yang lebih cepat, pengguna dapat mengunjungi stasiun DC Fast Charge Level 3 yang tersedia, yang mampu mengisi daya hingga 80 persen hanya dalam waktu 40 menit.

Powertrain H-D Revelation adalah sensasi baru yang ditawarkan pada motor listrik ini, yang mampu menghasilkan 100 persen torsi, faktor pendukung akselerasi motor listrik LiveWire yang luar biasa.

Rangkaiannya yang terbuat dari aluminium cor ringan memiliki sifat sangat kaku dan berkontribusi terhadap pengendalian yang akurat dan responsif, sehingga dapat mememberikan sensasi yang berbeda saat berkendara dengan motor listrik mewah ini.

Tidak hanya itu, suspensi yang dapat disesuaikan, Ban sport H-D kualitas premium dengan ukuran 180 mm, serta ada juga tambahan tampilan layar sentuh yang canggih, agar pengemudi dapat mengontrol baterai dengan mudah melalui layar tambahan.

LiveWire sendiri bukanlah sebuah motor baru yang mengagetkan publik. Kemunculan perdanannya saja sudah ada pada 2014 lalu. Terlebih jika anda mengingat film Avengers : Age of Ultron, motor ini menjadi kendaraan Black Widow saat mengejar Ultron di Korea Selatan.

Tapi jika melihat kembali motor project terdahulu dengan versi produksinya yang sekarang, hanya ada sedikit perbedaan saja pada desainnya.

Saat masih berstatus project, motor ini tidak terlihat memakai batok headlight sama sekali. Namun versi produksinya ini sudah bergaya seperti model HD Street Rod, retro street fighter.

Sistem Rechargeable Energy Storage System (RESS) yang ada di bagian bawah LiveWire memiliki ventilatedcover krum aluminium, dan hal tersebut membuat motor ini masih terlihat memiliki blok mesin yang besar. Pokoknya styling dan dimensi khas Harley, checked.

Oh iya mengenai suaranya, semakin anda menarik tuas gas atau throttle, suara ‘elektrik’ yang dikeluarkan juga akan semakin kencang, dengar saja pada tautan video di atas.

Memang bukan suara gemuruh lagi yang keluar seperti pada moge Harley Davidson pada umumnya, namun setidaknya mereka telah berusaha menggalakkan motor listrik ini.

Motor listrik berarti tenaga instan nih, tenaga besar checked, suara menggelegar? Pihak HD telah menyiapkan lini produksi ini agar bisa dibeli oleh khalayak umum pada tahun ini. Harley sendiri telah serius ingin menggeluti segmen motor zero emission ini.

Keseriusannya terlihat pada planning mereka yang akan menambahkan lini motor listriknya pada 2022 mendatang. Akan seperti apa ya Harley Davidson kedepannya?

Gimana? Menarik bukan? Mumpung IIMS masih berlangsung bagi yang penasaran melihat wujud asli dari motor listrik LiveWire ini bisa mengunjunginya di stand Harley Davidson.

Demikian tadi ulasan singkat tentang motor listrik LiveWire produksi terbaru dari Harley Davidson dan menurut kabar motor listrik livewire ini sudah bisa dipesan di ajang IIMS tersebut.

Baca Juga : “Harga Harley Davidson Terbaru Mahal? Coba 5 Tips Berikut Untuk Beli Harley Davidson Second

Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan anda tentang semakin semaraknya teknologi di dunia otomotif saat ini.

Jika Informasi motor listrik livewire tersebut dirasa bermanfaat bagi anda, kami harao anda jangan sungkan untuk share kembali artikel ini ke orang orang di sekitar anda. Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.