Motor Listrik Gesits Buatan Asli Anak Negeri, Simak 8 Fakta Kerennya!

motor listrik gesits
motor listrik gesits

Otomotif sedang di hebohkan dengan makin banyak nya produk motor listrik, dan yang menghebohkan adalah motor listrik gesits karya anak bangsa.

Jika sebelumnya Piaggio, Vespa dan Terra e-Bike sudah dirilis sebagai motor listrik garapan produsen luar negeri, Indonesia pun juga tak mau kalah saing dengan mereka.

Di tengah gempuran produk otomotif asing yang semakin kencang di pasar motor Indonesia, salah satu produk lokal yang seluruhnya asli buatan dalam negeri tersebut, mencoba mencuri perhatian penggemar otomotif Indonesia.

Motor yang diperkenalkan pada Mei 2016 lalu di Gedung Riset Mobil Listrik Surabaya ini, kabarnya sudah mulai dipesan tahun 2019 ini dan sudah melewati serangkaian proses pengembangan sejak tahun 2015.

Motor Listrik Gesits Asli Indonesia

motor listrik gesits
motor listrik gesits

Berdasarkan dari beberapa sumber, nama Gesits merupakan singkatan dari “Garansindo Electric Scooter ITS”.

Melihat geliat motor listrik ini, nampaknya memang kendaraan berbahan bakar listrik bakal menjadi tren kendaraan masa depan.

Bisa jadi, kemunculan motor listrik yang bisa dibilang garapan lokal pertama di Indonesia ini akan menjadi motor baru peradaban otomotif di Indonesia.

Di sisi lain, Skuter listrik lokal ini akan hadir dengan mengusung mesin bertenaga listrik dengan daya motor sebesar 5 KW.

Hal yang menarik, untuk sekali isi ulang pengisian baterai, pengguna bisa mengendarai motor ini sejauh 80-100 Km sehingga cukup efisien dan bisa dijadikan alternatif bagi pengguna selain motor matic bermesin bensin.

Tak sampai itu saja, Skuter listrik lokal ini juga akan dibekali baterai jenis Lithium Ion yang memiliki daya kapasitas hingga 5.000 WH dengan waktu pengisian antara 3 sampai 4 jam.

Sementara itu, untuk komponen lainnya akan mengandalkan hasil riset dan pengembangan yang dilakukan oleh pihak ITS.

Untuk masalah performa skuter listrik lokal inipun juga diklaim tak kalah dengan motor matic bermesin 125 cc sehingga mampu berakselerasi dengan kecepatan 100 Km/jam.

Tentunya dengan mesin listrik tersebut, motor ini tak akan mengeluarkan emisi gas buang karena mengandalkan teknologi mesin yang dikenal ramah lingkungan.

Lantas, apa saja fakta keren dari spesifikasi yang diusung Motor Listrik Gesits ini?

Jangan khawatir, kita akan mengulas secara detail mengenai spesifikasi dan harga Motor Listrik Gesits pada beberapa segmen di bawah ini. Yuk!

1. Gaya Desain Sporty Motor Listrik Gesits

Apabila kita melihat secara keseluruhan, konsep desain yang diusung
skuter listrik lokal ini tampaknya memang tak jauh berbeda dengan desain motor matic berbahan bakar bensin pada umumnya.

Akan tetapi, hal yang cukup unik yaitu kesan yang begitu sporty tampak terlihat jelas pada struktur bodinya yang begitu atraktif dan tak kalah elegan dibandingkan motor matic lainnya.

Bodynya sendiri mengusung konsep sporty dimana jika dilihat sekilas mirip dengan Honda Vario yang mengedepankan stabilitas dan aerodinamis.

Dimulai dari bagian depan skuter listrik lokal ini, tampak jelas desain meruncing dengan Head Lamp sipit yang dibawahnya disematkan Day Running Light (DRL) yang terpasang manis di bagian sisi kiri dan kanan.

Lampu tersebut terpasang di bodi depan yang memiliki fungsi sebagai lampu utama dan sekaligus lampu sein.

Lalu pada skuter listrik lokal ini, tampak dengan jelas pula lekukan garis tegas pada bodi samping yang memanjang hingga buritannya sehingga kesan sporty makin tampak kuat.

Bahkan, desain jok pun juga dikonsep menyesuaikan desain bodi samping. Jika dilihat, si gesits ini tampak ramping dibanding motor matic lainnya yang sudah keluar pasaran.

Pada bagian belakang skuter listrik lokal ini dibekali lampu Day Running Light (DRL) yang memang sama dengan lampu depannya yang memiliki fungsi sebagai stoplamp dan lampu sein.

2. Panel Speedometer Berbasis Android

motor listrik
Speedometer motor listrik gesits

Menginjak pada indikator, sektor panel dari skuter listrik lokal ini tampaknya akan berbeda dari skuter matic pada umumnya.

Teknologi yang disematkan pada Gesit merupakan sistem yang jauh lebih modern dibandingkan dengan motor bensin lainnya.

Seluruh manajemen kendaraan yang meliputi kecepatan motor, kondisi dan suhu mesin, sistem kelistrikan hingga baterai, ada pada aplikasi khusus yang terpasang di ponsel pintar.

Bisa dibilang, ponsel dengan sistem Android tersebut merupakan pengganti speedometer yang diletakan di atas stir motor.

Hal tersebut, tentunya spesial karena merupakan sebuah inovasi yang bisa menjadi nilai tambah dari skuter listrik lokal ini.

Panel indikator itu dibentuk oleh Monitor System yang dibekali oleh prosesor sebesar 1 GHz.

Selain itu, nantinya panel indikator Motor Listrik Gesits ini akan tampil pada smartphone dengan tampilan digital yang modern dan informatif.

Pada indikator tersebut akan menunjukkan informasi mengenai kecepatan, kapasitas baterai, dan rpm.

3. Dimensi Kokoh Mengusung Sasis Tubular

Skuter listrik lokal ini sendiri akan dibekali dengan rangka yang kokoh, yaitu mengusung sasis Tubular yang mampu mengangkut kapasitas hingga 150 Kg.

Selain itu, rangka Tubular skuter listrik lokal tersebut membentuk dimensi dengan ukuran panjang 1.910 mm, lebar 695 mm, dan tingginya 1.110 mm dengan bobot 120 Kg.

Menengok ukuran tersebut, wajar saja apabila ukuran dimensi tersebut akan membentuk gaya skuter listrik lokal tampak lebih slim.

Skuter listrik lokal tidak memiliki tangki bahan bakar tetapi memiliki sebuah tempat pada bagasinya yang digunakan untuk menaruh baterai yang didesain removable.

4. Dilengkapi Suspensi Dan Pengereman Yang Mumpuni

Untuk suspensi depan akan mengandalkan tipe suspensi Telescopic Shock. Sementara itu, untuk bagian belakang skuter listrik lokal akan menggunakan suspensi tipe Swing Arm with Mono Shock.

Kedua fitur suspensi tersebut tentunya akan memberikan kenyamanan kepada para pengendara maupun penumpangnya.

Dengan suspensi tersebut Gesits ini akan memiliki tingkat kestabilan yang tinggi meskipun dikendarai di jalanan yang kurang rata.

Untuk mengontrol laju kendaraan menggunakan sistem pengereman tromol dan cakram.

5. Baterainya Mudah Di Bongkar Pasang

motor listrik gesits
Baterai motor listrik gesits

Skuter listrik gesits akan mengusung baterai dari jenis Li-Ion (Lithium-Ion) dengan kapasitas 5.000 WH bisa di charge atau diisi ulang dalam kurun waktu antara 3-4 jam untuk sekali charge.

Selain itu juga sistem baterai Gesits di desain agar bisa ditukar (battery swapping) sehingga anda dengan mudah dapat mengganti baterai motor ini, ketika baterainya habis.

6. Mesin 5 KW & Top Speed 110 Km/ jam

Untuk mesin sendiri, motor listrik ini dibekali mesin dengan kekuatan sebesar 5 KW yang terpasang di atas rangka.

Dengan mesin yang bekerja pada tegangan 96 Volt DC tersebut,
skuter listrik lokal ini mampu melesat hingga kecepatan 110 Km/ jam pada putaran ke 3.000 rpm dan maksimum torsi mencapai 15 Nm.

Selain itu, dengan kemampuan daya baterai tersebut bisa bertahan hingga jarak tempuh 85 – 100 Km.

Skuter Listrik Gesits ini akan menggunakan sistem transmisi timing belt untuk memutar roda belakang yang diklaim unggul pada durabilitasnya.

Bahkan, penggerak motor listriknya dijamin tidak mudah terendam air atau terguncang saat melewati jalanan Indonesia yang sarat lubang dan genangan air di musim hujan.

7. Dilengkapi Fitur Berteknologi Canggih

Skuter Listrik Gesits ini akan mengandalkan fitur panel indikator smartphone yang berbasis Android yang akan memberikan tampilan modern dan informasi data status dari motor tersebut.

Selain itu, untuk teknologi penggerak motor listrik pada Skuter Listrik Gesits ini juga sudah memiliki regenerative brake.

Teknologi ini membuat saat deselerasi otomatis motor listrik akan diiringi dengan pengisian baterai.

Dengan mengandalkan mesin listrik, tentunya Skuter Listrik Gesits tidak akan membuang gas emisi sehingga motor lokal ini akan menjadi sebuah skuter listrik yang ramah lingkungan.

8. Harga Motor Listrik Gesits Terbaru

Secara umum, Skuter Listrik Gesits ini akan tampil dengan gaya desain yang lebih ramping dan sporty sehingga cukup menggoda perhatian calon konsumen.

Keberadaan teknologi listrik yang masih tergolong baru di Indonesia, tentunya membuat harga skuter Listrik Gesits akan ditempatkan pada tataran yang eksklusif.

Berdasarkan beberapa informasi harga motor listrik Gesits yaitu Rp 24.950.000,-. Harga yang sudah dirilis pihak PT GESITS Technologies Indo sendiri tersebut adalah Off The Road (OTR).

Artinya ketika anda membeli motor Gesits ini, masih ada biaya tambahan untuk siap anda gunakan untuk melaju di jalanan.

Harga Motor Listrik Gesits tersebut 1 paket dengan garansi yang akan diterima pembeli selama 3 tahun.

Jika kita perhatikan banderol harga Gesits tersebut, tampaknya dirasa sudah cukup sesuai dengan membandingkannya pada spesifikasi yang diusung Skuter Listrik Gesits ini.

Sebab, skuter listrik ini memang sebuah kendaraan roda dua yang mengusung desain, mesin dan berbagai macam fitur menarik serta modern.

Skuter Listrik Gesits ini juga tak menutup kemungkinan akan mengalahkan dominasi skuter matic di masa depan.

Dengan hadirnya motor listrik gesits sebagai motor listrik asli buatan dalam negeri, sudah sepantasnya jika produsen otomotif Indonesia, lebih percaya diri dan mempunyai semangat tinggi untuk bersaing dengan merek luar negeri.

Baca Juga : “Ternyata Harley Davidson Punya Produk Motor Listrik LiveWire, Simak Yuk!

Tak hanya bersaing secara sehat, keberadaan motor listrik gesits ini juga bisa digunakan sebagai identitas dan produk unggulan bangsa, yang membuktikan bahwa dunia otomotif Indonesia juga bisa mandiri dalam penggunaan teknologi modern. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.